Laptop Layar Lipat Pertama Tiba di Indonesia, Lenovo ThinkPad X1 Fold

Laptop Layar Lipat Lenovo ThinkPad X1 Fold Indonesia
Lenovo ThinkPad X1 Fold

Telset.id, Jakarta – Bukan cuma smartphone saja yang sudah mengusung layar lipat, laptop pun sudah mengimplementasi layar fleksibel juga. Baru-baru ini, Lenovo memamerkan laptop layar lipat bernama Lenovo ThinkPad X1 Fold. Seperti apa wujudnya?

Laptop canggih ini dirancang dengan bodi berbahan dasar carbon fiber dan metal yang ringan, serta dibalut dengan cover kulit asli yang membuatnya terlihat sangat elegan.

“Memadukan fungsionalitas dari tablet dan laptop menjadi satu, X1 Fold selamanya akan mendefinisikan ulang cara Anda bekerja, bermain, berkreasi, dan terhubung,” tulis Lenovo.

Sekilas, laptop layar lipat dari Lenovo ini mirip seperti tablet berukuran besar. Namun, Lenovo ThinkPad X1 Fold sudah dilengkapi dengan spesifikasi mumpuni dan pastinya dibanderol dengan harga di atas rata-rata. Berikut ulasannya:

Spesifikasi Lenovo ThinkPad X1 Fold

Laptop Layar Lipat Lenovo ThinkPad X1 Fold Indonesia
Lenovo ThinkPad X1 Fold

Laptop ini mengusung layar 2K OLED dengan ukuran 13,3 inci saat dibentangkan. Sedangkan dalam posisi dilipat, ukurannya menjadi 9,6 inci saja.

Mekanisme layar lipatnya ini mirip dengan laptop convertible, memungkinkan Anda mengoperasikan laptop ini dengan berbagai posisi.

{Baca Juga: Ringkas dan Praktis, Lenovo Jual IdeaCentre Mini 5i di Indonesia}

Misalnya dalam posisi konvensional, layar bagian bawah yang secara otomatis akan berubah menjadi keyboard virtual. Sehingga Anda tetap bisa memperoleh fungsi keyboard seperti laptop pada umumnya.

Atau, Anda juga bisa menggunakan keyboard eksternal yang disambungkan melalui Bluetooth. Nantinya laptop akan diposisikan berdiri dengan bantuan kickstand yang diletakkan di bagian belakang.

Lenovo juga menyediakan sebuah stylus bernama Lenovo Mod Pen. Dengan aksesoris ini, Anda bisa menggunakan bagian bawah layar laptop yang dilipat untuk membuat catatan.

Jangan khawatir soal durabilitas, karena laptop layar lipat dari Lenovo tersebut sudah melalui proses uji coba dan mendapatkan seritifikasi kelas militer.

Lenovo mengklaim kalau engsel dari laptop layar lipatnya mampu bertahan hingga 30 ribu kali proses buka tutup. Selain itu, laptop ini pun telah lulus sertifikasi uji standar militer prosedur (MIL-STD 810H).

{Baca Juga: Review Lenovo Yoga Duet 7i: Laptop Ringkas, Kinerja ‘Ngegas’}

Dari sektor dapur pacu, laptop ini ditenagai  prosesor Intel Core generasi ke-11 dengan Intel Hybrid Technology. Kinerjanya turut ditopang dengan RAM 8 GB berjenis LPDDR4X dan penyimpanan SSD dengan kapasitas 1 TB.

Transmisi data mengandalkan dua port USB Type C gen 2, disertai juga dengan dukungan koneksi dari WiFI 6.

Harga dan Ketersediaan

Laptop Layar Lipat Lenovo ThinkPad X1 Fold Indonesia

Terkait harga, laptop Lenovo ThinkPad X1 Fold dengan teknologi layar lipat ini resmi dijual di Indonesia dengan banderol harga Rp 59.999.000. Perangkat tersebut dapat dipesan melalui situs resmi https://www.lenovo.com/id/in/thinkpad-x1-fold, dan akan tersedia di ritel pada bulan April 2021. (HR/MF)

Previous articleTokopedia Permudah Masyarakat Belanja Sembako Lewat TokoMart
Next article10 Situs Video Pesaing YouTube, Keren Wajib Dicoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here