Lagi Bikin Chip Sendiri, Apple Malah Kehilangan Ahli Prosesor 

Telset.id, Jakarta – Gerard Williams III, Senior Director Platform Architecture Apple mendadak mundur. Hengkangnya Gerard menjadi pukukan bagi Apple, karena mereka kehilangan teknisi prosesor andalannya saat sedang sibuk mengembangkan prosesor sendiri.

Menurut laporan MacRumors, Gerard meninggalkan Apple setelah bekerja untuk selama sembilan tahun. Selama itu, ia memang tidak dikenal oleh banyak orang di luar Apple.

Gerard memimpin pengembangan semua prosesor buatan Apple, mulai dari A7, prosesor 64-bit pertama untuk perangkat mobile, sampai A12X, chip yang digunakan pada iPad Pro terbaru.

Apple mengatakan, chip terbarunya ini membuat iPad menjadi lebih cepat dari 92 persen komputer di dunia.

{Baca juga: iPhone 2019 Punya Mode Underwater, Buat Apa?}

Beberapa tahun belakangan, tugas Gerard bertambah. Ia tidak hanya memimpin tim desain chip Apple, tapi juga bertanggung jawab atas peletakan dari berbagai elemen di sebuah system-on-chip atau SoC.

Kebanyakan desainer chip berusaha memasukkan semakin banyak fitur ke sebuah SoC. Mereka mencoba memasukkan CPU, yang merupakan “otak” perangkat, dan GPU untuk grafik, serta memori ke dalam satu chip. Tujuannya memperkecil ukuran chip dan membuat baterai ponsel bisa bertahan lebih lama.

Keputusan Gerard untuk pergi muncul di saat Apple berusaha untuk bisa membuat berbagai komponen ponsel sendiri. Apple sibuk merekrut pegawai baru, termasuk teknisi prosesor.

Apple telah mendesain chip mereka sendiri sejak awal kemunculan iPhone. Pada 2010, Apple memperkenalkan chip merek Apple pertama, A4, yang digunakan pada iPad.

Sejak saat itu, Apple selalu meluncurkan prosesor baru untuk perangkat mobile mereka. Apple bahkan diperkirakan akan dapat membuat chip sendiri untuk Mac mereka tahun depan.

Strategi Apple ini jauh berbeda dari kebanyakan perusahaan smartphone yang menggantungkan diri pada Qualcomm untuk menyuplai prosesor mobile.

{Baca Juga : Tak Cuma Face ID, iPad Terbaru Juga Punya Animoji}

Kepergian Gerard adalah kerugian untuk Apple. Kemungkinan, apa yang ia lakukan saat ini masih akan terlihat pada prosesor Apple di masa depan.

Ia merupakan pencipta dari 60 paten Apple. Sebagian dari paten itu berkaitan dengan manajemen daya, kompresi memori, dan teknologi prosesor multicore. [BA/HBS]

Sumber: Macrumors

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here