Saingi Nintendo dkk, Tencent Siapkan Konsol Game Portabel Baru

Telset.id, Jakarta – Raksasa teknologi asal China, Tencent dikabarkan tengah bersiap meluncurkan konsol game buatan mereka sendiri. Konsol game garapan Tencent ini bahkan sudah muncul di situs resmi mereka.

Langkah Tencent untuk menghadirkan konsol game tentu akan membuat mereka bersaing dengan kompetitor yang telah lebih dulu eksis, seperti Sony dengan PlayStation dan Nintendo dengan konsol Switch-nya.

Seperti dilansir dari GizChina, Rabu (24/3/2021), pada 19 Maret yang lalu, Tencent telah menerima persetujuan untuk merilis sebuah perangkat dengan nama Game Console. Dokumen terkait telah diserahkan sejak Oktober tahun lalu.

{Baca Juga: PUBG Corp Cabut Hak Tencent atas PUBG Mobile di India}

Gambar pertama konsol game Tencent menunjukkan bahwa perangkat tersebut berjenis portabel.

Tanggal Konsol Game Tencent Belum Dipastikan

Konsol Game Tencent
Gambar Render Konsol Game Tencent (Foto: GizChina)

Berdasarkan sumber terkait, terdapat dua gambar perangkat yang berbeda. Ada kemungkinan pabrikan masih mempertimbangkan berbagai pilihan desain yang memungkinkan.

Maka dari itu, sampai saat ini belum ada konfirmasi dari pihak Tencent terkait tanggal rilis dari konsol gaming garapan mereka.

{Baca Juga: Nintendo dan Tencent Garap Game MOBA “Pokemon Unite”}

Kemungkinan besar konsol game Tencent ini akan berjalan dengan sistem operasi Windows. Sebab, terdapat logo Windows 10 yang terpampang jelas di salah satu tombol.

Tencent Holdings Limited adalah perusahaan yang didirikan pada tahun 1998, yang mengkhususkan diri dalam layanan internet dan seluler serta periklanan online. Kantor pusatnya berlokasi di Distrik Nanshan, Shenzhen Cina.

Mereka juga aktif terjun dalam industri game. Kebanyakan mereka fokus pada sejumlah judul game, seperti PUBG Mobila, Honor of Kings, dan lain sebagainya.

Baru-baru ini Tencent juga menjalin kerjasama dengan beberapa merek smartphone gaming, seperti Asus ROG, Nubia Red Magic, dan Black Shark.

Pada tahun 2018, Tencent adalah perusahaan teknologi Asia pertama yang melampaui kapitalisasi pasar USD 500 miliar. Perusahaan ini sekarang bernilai lebih dari USD 770 miliar dan merupakan salah satu perusahaan teknologi terbesar di dunia.

{Baca Juga: GameMatrix, Platform Game Cloud Buatan Huawei dan Tencent}

Tencent Games memiliki empat studio pengembangan game internal, antara lain TiMi Studios yang berkantor pusat di Shenzhen; Lightspeed & Quantum Studio di Shenzhen dan Los Angeles; Studio Aurora di Shanghai, Cina; dan Morefun Studio di Shenzhen.

Studio tersebut kebanyakan memproduksi game browser dan game mobile yang umumnya eksklusif untuk pasar China. (HR/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0