Gizmo

Kepincut Sukses PS5, Konsol Game Bikinan Apple Siap Meluncur?

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Berbicara mengenai konsol game saat ini didominasi oleh Sony dengan PlayStation, Nintendo, dan Microsoft dengan perangkat Xbox. Rumor terbaru menyebutkan bahwa Apple pun akan mencoba peruntungan di industri konsol game dengan memperkenalkan produk terbaru.

Seperti dikutip Telset dari GizChina, Selasa (11/5/2021), sebuah laporan menyebutkan bahwa Apple berencana untuk terjun ke industri game dengan menghadirkan konsol game portabel.

Menurut WCCFTech, perusahaan yang berbasis di Cupertino tersebut sedang membuat konsol game portabel. Ini akan mirip dengan Nintendo Switch dan akan menggunakan chipset generasi baru.

{Baca Juga: Gawat! Apple AirTag Mudah Diretas dan Diprogram Ulang}

Ada kemungkinan bahwa tim R&D dari perusahaan sedang mengerjakan beberapa prototipe konsol dan game eksklusif untuk Apple Arcade.

Namun jangan terlalu harap berlebih. Pasalnya kabar ini masih sebatas rumor dan belum ada kepastian sama sekali dari mengenai konsol game dari pihak Apple. Begitu juga dengan wujud konsol yang dibuat perusahaan.

Apple Garap Konsol Game Karena “Tergoda” PS5?

PlayStation 5

Beberapa sumber menyebut, tingginya permintaan pada konsol game membuat Apple tertarik untuk ikut terjun ke industri satu ini. Seperti yang misalnya terjadi pada PlayStation 5 (PS5), yang sampai kehabisan stok karena saking tingginya permintaan.

Sejak diluncurkan pertama kali pada 12 November 2020, PlayStation 5 telah berhasil dijual hingga 7,8 juta unit di seluruh dunia. Saking larisnya, stok PS5 menipis karena tingginya permintaan hingga tahun 2022 mendatang.

Permintaan terhadap konsol game PS5 memang sangat tinggi. Sony bahkan menargetkan menjual 14,8 juta unit lagi selama 12 bulan ke depan.

{Baca Juga: Pengakuan Bos Sony Bikin Terkejut, Sebut PS5 Berpotensi “Gaib”}

Akan tetapi, kekurangan semikonduktor secara global menyulitkan peningkatan produksi. Imbasnya, sampai sekarang PS5 akan sulit ditemukan di toko-toko karena stoknya yang kian menipis.

Sony sebelumnya yakin bahwa pasokan konsol game terbaru mereka akan meningkat pada paruh kedua tahun ini. Namun seiring berjalannya waktu, keyakinan tersebut harus sirna.

{Baca juga: Daftar Harga dan Distributor Resmi PlayStation 5 di Indonesia}

Perusahaan hingga kini belum memberikan perkiraan resmi kapan pasokan Sony PlayStation 5 kembali normal.

“Menurut saya, permintaan tidak akan mereda di tahun ini dan bahkan jika kami mengamankan lebih banyak perangkat dan memproduksi lebih banyak unit PS5 di tahun depan. Pasokan kami tidak akan mampu mengejar permintaan,” jelas CFO Sony, Hiroki Totoki, seperti dikutip dari Bloomberg, Selasa (11/5/2021). (HR/MF)

Leave a Comment