Kelebihan dan Kekurangan Xiaomi 12S Pro, Mi Fans Wajib Tahu!

Telset.id– Xiaomi baru saja merilis seri Xiaomi 12S Pro di pasaran bersamaan dengan Xiaomi 12S dan Xiaomi 12S Ultra. Hadir sebagai smartphone flagship, apa saja kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi 12S Pro?

Xiaomi 12S, Xiaomi 12S Pro dan Xiaomi 12S Ultra sukses menjadi sorotan publik karena menggunakan sensor buatan Leica.

Leica bukan perusahaan sembarangan. Pabrikan lensa asal Jerman itu kerap kali menciptakan lensa premium dengan hasil gambar yang memukau. Tidak heran Xiaomi sampai mengklaim kalau Xiaomi 12S Series adalah era baru dari kamera smartphone.

Dari ketiga smartphone itu Xiaomi 12S Pro patut menjadi sorotan. Sebab, selain menggunakan kamera Leica, smartphone ini menggunakan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1. Chipset terbaru yang memiliki performa yang lebih tinggi ketimbang generasi sebelumnya.

Meski memiliki kamera Leica dan Snapdragon 8+ Gen 1, Xiaomi 12S Pro memiliki kelebihan dan kekurangan yang patut untuk disoroti. Terlebih kalau smartphone ini dirilis resmi ke Indonesia, maka kedua aspek ini bisa menjadi referensi sebelum membelinya.

Berikut ini kelebihan dan kekurangan dari Xiaomi 12S Pro yang sudah dirangkum tim Telset:

Kelebihan Xiaomi 12S Pro 

Xiaomi 12S Pro

Terdapat sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh Xiaomi 12S Pro. Kelebihan ini berkaitan dengan desain serta kualitas kamera dari HP terbaru dari Xiaomi ini.

1. Spesifikasi Kamera Mewah 

Xiaomi 12S Pro memiliki 3 kamera belakang yang mencakup sensor utama 50MP dengan bukaan lensa f/1.8 yang mendukung OIS, kamera ultrawide 50MP, dan kamera telephoto 50MP.

Sedangkan di depan ada kamera 32MP dengan lensa f/2.4 untuk selfie dan video call. Dalam pengembangan kamera Xiaomi 12S Pro, Xiaomi bekerja sama dengan Leica yang dikenal sering memproduksi lensa kamera premium.

BACA JUGA: 

Bukan cuma lensa saja, hardware dan software yang dibuat khusus oleh Leica. Untuk hardware, ketiga smartphone ini menggunakan lensa Leica Summicron yang ikonik.

Sedangkan untuk software, Leica menyematkan dua mode, yakni Leica Authentic Look dan Leica Vibrant Look. Selain itu, Leica juga menambahkan beberapa fitur, seperti Leica Vivid, Leica Natural, Leica BW Natural, serta Leica BW High Contrast.

Tidak heran kalau spesifikasi kamera Xiaomi 12S Pro tergolong mewah, dan menghasilkan gambar yang jernih dan natural.

2. Chipset Bertenaga Snapdragon 8+ Gen 1 

Kelebihan dari Xiaomi 12S Pro berikutnya adalah menggunakan Qualcomm Snapdragon 8+ Gen 1 yang merupakan chipset terbaru dari Qualcomm. Chipset HP terbaru Xiaomi ini dapat berjalan hingga 3,2 Ghz atau 200 Mhz lebih tinggi dibandingkan Snapdragon 9.

Kemudian CPU dan GPU 10% lebih cepat dan performa 20% lebih baik per watt berkat dukungan mesin AI di dalam prosesor. Itu belum termasuk CPU dan GPU yang 30% lebih hemat baterai, serta semua teknologi mutakhir yang dikemas dalam Snadragon 8 Gen 1.

Bisa dibayangkan dengan chipset yang seperti itu, Xiaomi 12S Pro pastinya menjadi smartphone dengan performa yang tangguh untuk menemani aktivitas sehari-hari.

3. Refresh Rate Layar 120Hz

Xiaomi 12S Pro memiliki layar AMOLED melengkung 2K (1.440×3.200 piksel) berukuran 6,73 inci dengan refresh rate hingga 120Hz, touch sampling rate hingga 240Hz, dan gamut warna DCI-P3.

Layarnya juga dilengkapi dengan dukungan Dolby Vision dan HDR10+ serta mendapatkan perlindungan maksimal dengan dilindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus. Tingginya refresh rate membuat layar mampu menghasilkan grafik gambar yang halus.

Selain itu adanya Corning Gorilla Glass Victus, dapat membuat layar lebih kokoh dan tidak mudah rusak.

4. Pengisian Baterai yang Cepat 

Xiaomi mengemas baterai Xiaomi 12S Pro menjadi berkapasitas 4.600mAh yang mendukung teknologi pengisian cepat 120W, nirkabel 50W, dan pengisian nirkabel terbalik 10W.

Xiaomi mengklaim kalau teknologi pengisian cepat membuat baterai smartphone dapat terisi dari 0% menjadi 100% dalam waktu 19 menit.

Fakta terkait kelebihan Xiaomi 12S Pro ini memperlihatkan kalau pengisian baterai ini sangat cepat, sehingga Anda tidak perlu menunggu berjam-jam supaya baterai cepat penuh.

Kekurangan Xiaomi 12S Pro 

Kelemahan Xiaomi 12S Pro

Meski memiliki berbagai kelebihan ala ponsel flagship, bukan berarti Xiaomi 12S Pro tanpa celah. Terdapat beberapa kekurangan yang ada di ponsel terbaru yang satu ini.

1. Kamera Ultrawide Tidak Memiliki Fokus Otomatis 

Kekurangan pertama dari aspek kamera. Ukuran lensa kamera Ultrawide smartphone ini memang cukup besar yaitu 50MP. Hanya saja di kamera Ultrawide tidak memiliki fitur fokus otomatis.

Hal ini cukup menyulitkan pengguna untuk dapat fokus mengambil objek gambar. Masih dalam aspek kamera, fitur zoom dalam kamera Telephoto juga tidak terlalu besar. Kapasitas maksimum zoom hanya 2x zoom saja dan kurang besar untuk ukuran smartphone flagship.

2. Tidak Memiliki Sertifikat Daya Tahan Smartphone

Daya tahan smartphone sangat penting untuk membuktikan, kalau smartphone ini tangguh apabila dipakai di luar ruangan. Hal ini menyebabkan kalau banyak smartphone yang telah mengantongi sertifikat IP67 atau IP68, yang membuktikan kalau smartphone tahan terhadap debu dan air.

BACA JUGA: 

Sayangnya menurut informasi yang kami kumpulkan, Xiaomi 12S Pro tidak mengantongi sertifikat apapun terkait ketahanan ponsel. Aspek ini menjadi kelemahan karena kita meragukan bagaimana ketahanan Xiaomi 12S Pro.

Well itu tadi informasi mengenai kelebihan dan kelemahan Xiaomi 12S Pro. Semoga informasi ini bermanfaat untuk mengetahui lebih dalam Xiaomi 12S Pro.

Spesifikasi Xiaomi 12S Pro

  • Rilis: Juni 2022
  • Network: GSM/ CDMA/ HSPA/ EVDO/ LTE/ 5G
  • OS: Android 12, MIUI 13
  • Layar: AMOLED 6,73 inci, resolusi 1440 x 3200 piksel, refresh rate 120Hz
  • Chipset: Qualcomm SM8450 Snapdragon 8+ Gen 1
  • CPU: Octa-core (1×3.19 GHz Cortex-X2 & 3×2.75 GHz Cortex-A710 & 4×1.80 GHz Cortex-A510)
  • GPU: Adreno 730
  • RAM: 8 GB/12 GB
  • Memori: 128 GB/ 256 GB
  • Dimensi: 163.6 x 74.6 x 8.2 mm, 203 g
  • Kamera Utama: 50 MP, f/1.9 OIS (wide), 50 MP, f/1.9 (telephoto), 50 MP, f/1.9 (ultrawide)
  • Kamera Depan: 32 MP, f/2.5 (wide)
  • Baterai: Li-Po 4.600 mAh, Fast charging 120W, Fast wireless charging 50W
  • NFC: Yes
  • Warna: Gray, White, Purple, Green
  • Harga: –

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0