Baru Rilis, Intip Kelebihan dan Kekurangan Poco F4 5G

Telset.id, Jakarta – Poco baru sama merilis Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G ke pasar Indonesia. Sebelum membeli smartphone terbaru Poco ini, alangkah baiknya jika kita mengetahui kelebihan dan kekurangan keduanya. Seperti apa?

Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G dirilis pada akhir Juni 2022 lalu. HP 5G Xiaomi ini membawa spesifikasi nan mewah, namun dengan harga yang kompetitif.

Selain itu, Poco F4 5G Series juga menyasar segmen konsumen yang suka bermain game ataupun daily driver yang banyak menggunakan HP untuk aktivitas sehari-hari.

BACA JUGA:

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk membeli smartphone ini, alangkah baiknya untuk mengetahui lebih dulu kelebihan dan kekurangan dari Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G. Berikut informasi selengkapnya

Kelebihan Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G

Ada beberapa kelebihan yang dibawa Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G berkaitan dengan spesifikasi, termasuk dalam hal fitur dan performa. Yuk cari tahu!

1. RGB LED dan Tombol Pop-up Trigger 

Kelebihan Poco F4 GT 5G

Kelebihan pertama yang wajib disorot dari kedua smartphone adalah adanya RGB LED dan tombol Pop-up Trigger. RGB LED adalah lampu yang akan hidup ketika ada notifikasi di smartphone. Dengan begitu, pengguna bisa lebih mengetahui jika ada pesan masuk atau notifikasi lainnya dari aplikasi tertentu.

Berikutnya, ada tombol Pop-up Trigger. Bentuk tombol ini seperti tombol L1 dan R1 yang ada di game konsol. Bedanya Pop-up Trigger adalah tombol yang membuat pengguna lebih praktis ketika mengakses aplikasi-aplikasi tertentu, contonya aplikasi kamera.

Jadi, kita tidak perlu membuka secara manual aplikasi kamera, cukup dengan menekan tombol Pop-up Trigger maka akan dibawa menuju fitur tersebut.

2. Pengisian Daya Super Cepat 120W 

Poco F4 5G

Pengisian Poco F4 5G Series khususnya seri Poco F4 GT 5G, menggunakan teknologi Smart Hypercharge 120W. Teknologi ini diklaim mampu melakukan pengisian daya baterai hingga 100% dalam waktu 17 menit.

Dengan kecepatan tersebut, kita tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengisi baterai Poco F4 GT 5G. Setelah mengisi baterai sebentar, smartphone bisa digunakan kembali untuk main game atau streaming film.

3. Menggunakan Speaker Stereo Dolby Atmos 

Poco F4 GT 5G

Kelebihan Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G berikutnya adalah speaker. Dimana keduanya telah dipersenjatai Dolby Atmos, yang memang mampu menghasilkan suara jernih meski disetel hingga maksimum.

Poco F4 mampu memberikan suara terbaik, sehingga kita tidak perlu menggunakan headset untuk mendengarkan suara lebih jelas.

4. Chipset Tangguh dari Qualcomm 

Chipset Poco F4 5G

Poco F4 5G ditopang kekuatan Snapdragon 870, sementara Poco F4 GT 5G memiliki Snapdragon 8 Gen 1 di badannya. Kedua chipset tangguh ini kerap dipakai oleh smartphone flagship.

Snapdragon 870 dan Snapdragon 8 Gen 1 mampu memberikan performa yang maksimal pada ponsel. HP tidak mengalami lag atau error saat digunakan untuk mengakses aplikasi atau bermain game berat.

5. Layar Jumbo Berkualitas 

Layar Poco F4 5G

Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G sama-sama menggunakan layar AMOLED berukuran 6,67 inci. Ukuran ini cukup lebar dan cocok untuk diajak bermain game. Bukan cuma itu, resolusi layar sudah Full HD+ dengan refresh rate hingga 120Hz.

Layar Poco F4 5G juga kokoh karena terlindungi oleh Corning Gorilla Glass Victus, sehingga layar lebih awet.

Kekurangan Poco F4 dan Poco F4 GT 5G 

Dibalik kelebihan yang ada, Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G juga menyimpan sejumlah kekurangan. Mulai dari segi kapasitas memori dan kualitas kamera.  Kira-kira seperti apa?

1. Tidak Ada Slot MicroSD 

Poco F4 5G dan Poco F4 GT 5G menawarkan varian RAM 6 GB, 8 GB dan 12 GB. Sementara kapasitas memori internal atau ROM adalah 128 GB dan 256 GB. Sayangnya, Poco F4 5G tidak menyediakan slot MicroSD.

Artinya, kita tidak bisa meningkatkan kapasitas memori menggunakan memori eksternal. Meski begitu, Poco menyediakan fitur Expandable RAM sehingga kapasitas RAM bisa ditambah.

2. Tidak Ada Lensa Telephoto 

Kedua seri terbaru dari Poco ini dibekali kamera utama 64 MP, kamera ultrawide 8 MP dan kamera macro 2 MP. Di bagian depan terdapat satu kamera dengan lensa 20 MP.

Sayang, karena tidak ada lensa telephoto di Poco F4 5G Series. Padahal fungsi lensa telephoto untuk membantu agar hasil gambar bisa maksimal meski minim cahaya.

3. Baterai Boros 

Meski Poco F4 5G Series memiliki kemampuan pengisian daya yang cepat, daya tahan baterainya justru berbanding terbalik. Berdasarkan hasil review Poco F4 GT 5G, daya tahan baterai hanya 6 jam lebih 22 menit saja.

BACA JUGA:

Pengujian ini menggunakan aplikasi PC Mark, dan data ini menunjukkan kalau baterai smartphone cukup boros.

Harga dan Ketersediaan 

Hadir dengan beberapa varian warna termasuk Night Black, Moonlight Silver dan Nebula Green, Poco F4 5G dibanderol dengan harga Rp 5.199.000 untuk RAM 6 GB dan memori 128 GB; dan Rp 5.699.000 untuk model RAM 8 GB dan memori 256 GB.

Sementara itu Poco F4 GT 5G yang datang dengan pilihan warna Knight Silver, Stealth Black dan Cyber Yellow diberi label harga Rp 8.999.000. Rencananya Poco akan melakukan penjualan perdana untuk kedua produknya mulai tanggal 7 Juli 2022 di e-commerce dan toko retail. [NM/IF]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0