Kelebihan dan Kekurangan vivo X80 Series, Wajib Tahu Sebelum Beli!

Telset.id – vivo X80 Series baru saja meluncur di Indonesia. Bagi Anda yang tertarik untuk memiliki smartphone ini, berikut kelebihan dan kekurangan vivo X80 Series yang wajib untuk diketahui.

vivo X80 Series terdiri dari vivo X80 dan  X80 Pro. Kedua smartphone ini membawa berbagai peningkatan dari seri sebelumnya, baik dari segi chipset, kamera hingga desain layar. Hal ini membuat vivo X80 memiliki sejumlah kelebihan yang tidak ada di seri sebelumnya.

Akan tetapi, bukan berarti vivo X80 Series tanpa celah. Smartphone ini bukan smartphone yang sempurna, sehingga memiliki beberapa kekurangan yang patut diperhatian.

BACA JUGA: 

Tim Telset akan memberikan informasi seputar kelebihan dan kelemahan vivo X80 Series. Penasaran kira-kira apa saja kelemahan dan kelebihannya? Simak selengkapnya!

Kelebihan vivo X80 Series 

Kelebihan vivo X80 Series

HP terbaru Vivo ini memiliki berbagai kelebihan khususnya dari segi kamera dan kapasitas RAM baterai. Pastinya semua kelebihan ini dapat memanjakan pengguna, sehingga HP nyaman dipakai untuk beragam aktivitas.

1. Lensa Kamera Menggunakan ZEISS 

Kelebihan vivo X80

vivo X80 Series menggunakan lensa kamera dari Carl ZEISS dari Jerman. Adapun ZEISS merupakan produsen lensa kamera premium asal Jerman, sehingga bisa dibayangkan bagaimana hasil foto dari kamera vivo X80 yang menggunakan lensa ZEISS.

Apalagi vivo X80 memiliki spesifikasi kamera utama 50 MP dengan teknologi OIS, kamera telephoto 12 MP dengan 2x optical zoom dan kamera ultrawide 12 MP. Lalu di bagian depan terdapat kamera selfie dengan sensor kamera 32 MP.

Sedangkan untuk vivo X80 Pro, disematkan kamera yang lebih banyak. Kamera utama adalah 50 MP dengan OIS, kamera periscope telephoto 8 MP dengan 5x optical zoom, kamera telephoto 12 MP dan kamera  ultrawide 48 MP. Untuk bagian depan terdapat kamera selfie 32 MP.

2. Teknologi Dual-Chipset 

Kelebihan vivo X80 Series berikutnya dari segi chipset. Vivo menggunakan teknologi dual-chipset untuk menopang performa vivo X80 Series.

Maksudnya di dalam satu smartphone, terdapat 2 chipset dengan performa tangguh. Chipset yang disematkan di vivo X80 dan vivo X80 Pro berbeda.

Pada vivo X80 dipasang chipset MediaTek Dimensity 9000 dan Vivo V1+ chip. Kedua chipset ini ditopang dengan CPU Octa-core dan GPU Mali-G710 MC10. Chipset yang lebih tinggi terpasang di vivo X80 Pro.

Smartphone ini menggunakan perpaduan chipset Qualcomm Snapdragon 8 Gen 1 dan Vivo V1+ chip. Khusus Snapdragon 8 Gen 1, chipset ini memberikan peningkatan 30% dalam kemampuan rendering grafis, serta 25% lebih hemat daya dibanding seri terdahulu.   Chipsetnya dipadukan dengan CPU Octa-Core dan GPU Adreno 730.

3. Kapasitas RAM Besar

Kapasitas RAM dan memori menjadi pertimbangan pengguna, ketika memilih smartphone. Sadar akan hal tersebut akhirnya vivo memberikan kapasitas RAM yang besar untuk vivo X80 Series.

Kedua smartphone tersebut memiliki kapasitas RAM 12 GB, yang bisa ditambah 4 GB lagi dengan fitur Extended RAM. Sedangkan kapasitas memorinya adalah 256 GB. Dengan kepasitas yang cukup besar, Anda tidak perlu khawatir untuk menyimpan banyak file, aplikasi dan game di dalam smartphone.

4. Layar Lebar 

layar vivo x80

Kelebihan vivo X80 Series yang patut diperhatikan yakni layar yang lebar. vivo X80 memiliki layar AMOLED berukuran 6,78 inci dengan fitur HDR dan refresh rate mencapai 120Hz. Resolusinya Full HD+ dengan rasio layar ke body sebesar 89,9%.

Berikutnya layar vivo X80 Pro ukurannya sama dengan versi biasa. Hanya saja, fitur layar X80 Pro adalah HDR10+ dan mampu menampilkan hingga 1 miliar warna. Spesifikasi layar yang mewah, karena layar mampu menghasilkan gambar yang memukau.

5. Pengisian Baterai Cepat 

Kapasitas baterai vivo X80 adalah 4.500 mAh, dan vivo X80 Pro adalah 4.700 mAh. Meski buka kapasitas yang besar, namun kedua smartphone ini ditopang oleh teknologi pengisian cepat 80W FlashCharge.

Teknologi ini diklaim mampu memberikan pengisian daya hingga 50% hanya dalam waktu 11 menit saja. Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengisi baterai, karena baterai dapat terisi dengan cepat.

6. Fitur Lebih Lengkap 

Vivo X80 Series mempunyai berbagai fitur yang ciamik. Salah satunya adalah fitur 3D Ultrasonic Large Fingerprint Sensor, dengan ukuran sensor yang lebih luas dan sistem pendaftaran sidik jari yang lebih sederhana.

Melalui fitur ini, proses membukanya kunci ponsel hanya membutuhkan waktu 0,2 detik saja. Fitur lainnya adalah Ultra Large Liquid Cooling Vapor Chamber.

Fitur ini mampu memberikan pendinginan maksimum dengan diameter 4285 mm persegi. Dengan begitu suhu smartphone tetap stabil, walaupun Anda  menjalankan berbagai aktivitas berperforma tinggi, seperti game dan perekaman video.

BACA JUGA: 

Kekurangan vivo X80 Series 

Walaupun memiliki banyak kelebihan, ternyata ada 2 kekurangan dari vivo X80 Series. Kedua kekurangan ini dapat menjadi pertimbangan Anda sebelum memutuskan untuk membeli smartphone ini.

1. Kapasitas Baterai Kurang Besar 

Saat ini banyak smartphone dengan spesifikasi tinggi yang sudah menggunakan baterai berkapasitas 5.000 mAh bahkan sampai 7.000 mAh. Namun, vivo X80 Series memiliki kekurangan karena kapasitas baterai hanya 4.500mAh, kurang dari 5.000 mAh.

Baterai pada vivo X80 adalah 4.500 mAh, dan vivo X80 Pro adalah 4.700 mAh. Cukup disayangkan padahal kedua smartphone ini adalah smartphone flagship dengan pangsa pasar kelas menengah atas.

2. Body Agak Licin 

Body vivo X80

Kekurangan vivo X80 Series berada pada aspek body. Smartphone ini menggunakan body kaca dengan frame dari alumunium. Dampaknya membuat body smartphone agak licin ketika dipegang, sehingga body kurang nyaman.

Bagi Anda yang kurang nyaman, memegang body smartphone disarankan untuk memasangkan softcase tambahan supaya HP tidak licin saat dipegang.

Terakhir untuk harga, vivo X80 dijual dengan harga Rp 11.999.000. Lalu untuk vivo X80 Pro harganya lebih tinggi yakni Rp 15.999.000. Pre-order produk ini dibuka sejak tanggal 26 Juli 2022 sampai dengan 29 Juli 2022. [NM/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0