Buatan Indonesia, Jam Tangan Pintar Ini Bisa Deteksi Corona

Smartwatch Wish
Smartwatch Wish

Telset.id, Jakarta – Di tengah terus meningkatnya angka positif Covid-19 di Tanah Air, UMG IdeaLab menghadirkan sebuah jam tangan pintar bernama Wish.

Wish merupakan jam tangan pintar besutan Widya Imersif Teknologi yang mampu memantau kesehatan pribadi pengguna dan diklaim bisa mendeteksi Covid-19.

Widya Imersif merupakan startup asal Indonesia yang berbasis di Yogyakarta. Smartwatch Wish (Widya Smart and Health Watch) buatan mereka mengusung teknologi kecerdasan artifisial dan IoT yang memudahkan penggunanya memonitor kesehatan diri.

“Selain memiliki fitur dan fungsi kesehatan yang lengkap, smartwatch Wish kami targetkan dapat menjadi solusi teknologi yang dapat membantu penggunanya untuk mendeteksi dini dan meningkatkan kewaspadaan mereka terhadap pandemi Covid-19,” ujar Yudistira Saptoaji, COO Widya Imersif Teknologi.

Spesifikasi dan Fitur Smartwatch Wish

Smartwatch Wish
Spesifikasi dan Fitur Smartwatch Wish

Menggunakan material kerangka Zine Alloy, jam tangan pintar ini dibekali fitur yang mampu mengukur suhu tubuh, detak jantung, kadar oksigen darah, tekanan darah, kadar kolestrol dan gula darah, tingkat stress, geofencing, pemantauan jam tidur, hingga statistik aktivitas dan jumlah kalori terbakar.

Deteksi ini akan diterjemahkan melalui fitur analisis dan statistik laporan kesehatan pribadi pengguna yang tersimpan di fitur rekaman medis pribadi (personal health record).

{Baca Juga: Waduh! Apple Watch SE Overheat Sebabkan Luka Bakar}

Catatan medis pribadi ini dapat diakses melalui ponsel pintar melalui koneksi bluetooth serta akan terintegrasi dengan layanan aplikasi healthtech ProSehat.

Tidak hanya itu, Wish juga dibekali teknologi untuk mendeteksi kecenderungan reaktif Covid-19 penggunanya melalui tahapan empat parameter yakni suhu tubuh, detak jantung, kadar oksigen darah, dan analisa citra lidah atau TCM.

Tak ketinggalan, fungsi jaga jarak terhadap pengguna yang reaktif Covid-19 turut melengkapi fitur geofencing pada jam pintar yang memiliki daya hidup baterai hingga tujuh hari ini.

{Baca Juga: Honor Watch GS Pro, Smartwatch Standar Militer untuk Pengguna Aktif}

“Smartwatch Wish ini bisa dipakai oleh semua kalangan. Jika ada pengguna lain dengan suhu tubuh abnormal di radius 30 meter, fitur geofencing pada Wish menandai dengan titik merah, sehingga pengguna dapat lebih waspada dengan area tersebut dan disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan,” jelas Managing Partner UMG IdeaLab Kiwi Aliwarga.

UMG IdeaLab dan Widya Imersif juga telah beraudiensi dengan Kantor Staf Kepresidenan (KSP) untuk membahas penanganan pandemi COVID-19 melalui produk berbasis AI dan IoT, sekaligus mempresentasikan smartwatch WISH.

Saat ini Wish masih dalam pengembangan tahap akhir. Rencananya smartwatch ini bakal diluncurkan di Indonesia dalam waktu dekat. (HR/IF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here