Waduh! Apple Watch SE Overheat Sebabkan Luka Bakar

Apple Watch SE Overheat

Telset.id, Jakarta – Sejumlah pengguna Apple Watch SE di Korea Selatan melaporkan masalah overheat atau panas berlebihan pada perangkat mereka.

Para pengguna menyebutkan bahwa jam tangan pintar Apple tersebut sangat panas, dan bahkan ada pengguna yang mengalami luka bakar pada pergelangan tangannya.

Apple Watch SE diperkenalkan sebagai perangkat Apple Watch berharga terjangkau. Tak lama setelah bisa dibeli oleh konsumen, muncul keluhan bahwa Apple Watch SE mengalami overheat.

Laporan ini diketahui dari sebuah postingan di Reddit. Postingan tersebut mengeluhkan masalah Apple Watch SE menjadi terlalu panas, dan menyebabkan kerugian pada pengguna.

Seperti dikutip dari Apple Insider, Selasa (20/10/2020), postingan tersebut memuat sekitar 6 kasus yang terjadi dalam kurun waktu 10 Oktober hingga 19 Oktober 2020, di mana semua masalah terjadi di Korea Selatan.

{Baca Juga: Apple Watch SE, Jam Pintar Versi Murahnya Apple}

Kebanyakan keluhan menyebutkan bahwa masalah mulai terjadi setelah beberapa hari pengguna mengenakan jam tangan pintar terjangkau dari Apple itu. Kerusakan yang terjadi juga identik sama, lokasi yang rusak berada di sekitar layar.

Sementara keluhan lainnya terjadi ketika Apple Watch mereka ditinggal untuk mengisi daya. Ada juga yang mengeluh merasakan hangat di pergelangan tangan saat mengenakan Apple Watch.

Bahkan yang terparah, dilaporkan ada pengguna yang menderita luka bakar di pergelangan tangan akibat Apple Watch SE mengalami overheat.

Postingan tersebut berspekulasi bahwa lokasi masalah berada di tempat konektor layar berada, antara Taptic Engine dan Digital Crown.

Dari enam kasus yang ada, para pemilik mendapat pengembalian uang atau penukaran produk baru dari Apple.

{Baca Juga: Apple Watch Series 6 vs SE vs Apple Watch Series 3, Bagus Mana?}

Meski laporan ini memperlihatkan ada masalah di Apple Watch SE, namun tidak ada laporan serupa dari konsumen di negara lainnya. Ada kemungkinan bahwa ini masalah batch produksi yang salah di Korea Selatan, dan bukan masalah produk secara keseluruhan.

Spesifikasi Apple Watch SE

Berbicara mengenai spesifikasi, smartwatch ini didukung prosesor Apple S5, yang membuat performanya diklaim dua kali lebih cepat dari Apple Watch Series 3. Ada juga chip nirkabel W3 untuk konektivitas tanpa batas dengan semua perangkat Apple.

Apple Watch SE menggunakan Retina display dengan ukuran dan resolusi layar yang sama dengan Apple Watch Series 6, tapi bukan Always-On Retina Display, dengan tingkat kecerahan maksimal hingga 1000 nits, atau 30 persen lebih besar dari Seri 3.

{Baca Juga: Spesifikasi dan Harga HP Apple Terbaru}

Daya tahan baterainya diklaim bisa hingga 18 jam. Jam canggih ini akan tersedia dalam case 40mm dan 44mm, dengan lapisan aluminium dan tiga pilihan warna, yakni Gold, Silver, dan Space Grey.

Sama seperti Seri 6, Apple Watch SE juga memiliki 2 opsi, yakni model Apple Watch SE GPS  yang dijual seharga $ 279 atau sekitar Rp 3 jutaan, sedangkan model GPS + Seluler dipatok mulai harga $ 329 atau sekitar Rp 3,5 juta. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here