Tinggalkan SIM Fisik, iPhone 14 Series Pakai Teknologi eSIM

Telset.id, Jakarta – Apple telah merilis iPhone 14 Series ke publik hari ini. Namun, perlu diingat kalau seluruh seri iPhone 14 yang baru diluncurkan ini hanya mendukung Embedded SIM atau eSIM untuk konektivitas ke layanan seluler.

Dikutip Telset dari Phone Arena pada Kamis (8/9/2022), Apple memang terus berupaya mengurangi item pendukung di boks iPhone. Setelah menghilangkan kabel charger dan headset di seri-seri sebelumnya, kali ini di iPhone 14 Apple menghilangkan SIM ejector.

Penghilangan SIM ejector bukan tanpa sebab. Pasalnya HP terbaru Apple ini sudah tidak lagi mendukung teknologi kartu SIM. Raksasa asal Cupertino itu mengganti kartu SIM atau SIM fisik dengan teknologi eSIM.

Artinya iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max hanya mendukung eSIM untuk konektivitas. Adapun alasan lagi-lagi supaya produk Apple lebih ramah lingkungan.

Selain itu eSIM menawarkan berbagai keunggulan dibandingkan kartu SIM biasa. Misalnya eSIM akan mempersulit gerak pencuri, karena akan kesulitan untuk menghapus nomor telepon dari perangkat, karena eSIM tertanam di perangkat.

BACA JUGA: 

Berbeda, dengan kartu SIM yang merupakan kartu fisik sehingga bisa dicabut dengan mudah. Selain itu, bepergian akan sangat mudah karena pengguna akan dengan mudah dapat mengaktifkan eSIM yang sesuai dari negara yang mereka kunjungi.

Terakhir, eSIM memungkinkan pengguna untuk memiliki beberapa nomor telepon dan paket data sekaligus. Namun terlepas dari itu semua, langkah Apple ini cukup berani, mengingat teknologi eSIM belum banyak diadopsi oleh perusahaan seluler.

BACA JUGA: 

Meski teknologi eSIM sudah lama, masih banyak operator seluler di dunia termasuk di Indonesia masih memakai SIM fisik untuk kepemilikan nomor telepon. Bahkan di Indonesia sendiri, baru Smartfren saja yang menyediakan layanan eSIM untuk pelanggan.

Jadi diprediksi, kalau kehadiran iPhone 14 ini justru akan mendorong banyak perusahaan telekomunikasi untuk menerapkan teknologi eSIM kepada pelanggan.

https://www.phonearena.com/news/Apple-puts-an-end-to-the-SIM-card-tray-with-its-iPhone-14-lineup_id142393

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0