iOS 14.4 akan Peringatkan Pengguna yang Pakai Komponen “Non Ori”

Telset.id, Jakarta  – Di iOS 14.4, Apple akan memperingatkan pengguna jika modul kamera di iPhone memakai komponen tidak asli. Namun, peringatan itu tidak lantas akan mencegah pengguna untuk menggunakan perangkat atau kamera iPhone.

Selama ini, satu alasan kenapa perbaikan di outlet resmi berbiaya sangat mahal adalah pemakaian suku cadang asli. Artinya, saat Anda memperbaiki perangkat seperti iPhone, komponen yang digunakan akan sama dengan di iPhone baru.

{Baca juga: Apple Percanggih Fitur LiDAR di Seluruh Model iPhone 13 2021}

Berbeda dengan perbaikan di outlet pihak ketiga, yang mungkin mengganti suku cadang dengan alternatif yang lebih murah. Memang tidak ada yang salah dengan hal itu. Namun demikian, Apple ingin para pengguna iPhone tetap waspada.

Di iOS 14.4, Apple akan memperingatkan pengguna jika modul kamera di iPhone memakai komponen tidak asli. Namun, peringatan tersebut tidak lantas akan mencegah pengguna untuk menggunakan perangkat atau kamera iPhone

Menurut Ubergizmo, dikutip Telset, Selasa (19/1/2021), peringatan hanya berfungsi sebagai pengingat bahwa pengguna mungkin belum tentu mendapatkan pengalaman serupa memakai iPhone seperti menggunakan komponen asli.

Bukan kali pertama ini Apple memperkenalkan pesan peringatan semacam itu. Apple sebelumnya telah melakukan hal yang sama untuk layar dan baterai. Apple akan memberi tahu pengguna ketika iPhone mendeteksi komponen yang tidak asli.

{Baca juga: Sampai iPhone 15, Apple Tidak Bakal Upgrade Lensa Kamera}

Beberapa orang mungkin berpendapat bahwa Apple mencoba mematikan jasa servis pihak ketiga dengan memaksa pengguna untuk memperbaiki di outlet resmi. Namun, sekali lagi, peringatan Apple sekadar bersifat saran, bukan paksaan.

Sebelumnya, analis terkenal, Ming-Chi Kuo, mengungkapkan detail menarik terkait rencana Apple untuk iPhone masa depan dan modul kameranya. Rupanya, Apple tidak akan upgrade lensa kamera hingga iPhone 15.

Kuo mencatat bahwa Apple sama sekali tidak punya rencana untuk meningkatkan performa lensa kamera iPhone hingga peluncuran seri iPhone 15.

Dengan kata lain, tidak akan ada upgrade kamera iPhone hingga 2023 mendatang. Pada 2020, Apple menyertakan lensa 7P dengan kamera lebar di jajaran iPhone 12, yang merupakan peningkatan dari lensa 6P di seri iPhone 11 2019.

{Baca juga: Kamera iPhone 13 Jago Banget Ambil Foto Malam Hari}

Kuo juga menyebut, pemasok Largan dan Genius Electronics saat ini bersaing untuk mendapatkan bagian lebih banyak dari rantai pasokan lensa Apple. Dua perusahaan itu kemungkinan bersaing dengan menurunkan harga pesanan lensa Apple.

Kuo menambahkan, survei terbaru menunjukkan bahwa Largan akan meningkatkan penggunaan kapasitas rata-rata 1H21 dari 50 persen-55 persen menjadi lebih dari 70 persen dan selanjutnya menawar ASP lensa iPhone kelas menengah ke atas.[SN/HBS]

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -