Apple Percanggih Fitur LiDAR di Seluruh Model iPhone 13 2021

iPhone 13 2021 LiDAR

Telset.id, Jakarta – Setidaknya ada empat model iPhone 13 terbaru yang dirilis pada 2021. Menurut laporan, seluruh seri ini akan dilengkapi fitur baru berupa sensor LiDAR berteknologi canggih.

Dilaporkan Digitimes, sensor LiDAR akan dihadirkan Apple pada seluruh model iPhone 13 terbaru yang dirilis pada 2021, termasuk model non-pro.

Masih dalam laporan yang sama, para pengguna akan dapat melihat LiDAR di perangkat Apple hingga 2023.

Pasalnya, perusahaan asal Cupertino ini telah menandatangani kontrak tiga tahun dengan Sony untuk memasok suku cadang pembuatan sensor LiDAR.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Selain melengkapi empat model iPhone 13 terbaru 2021 dengan sensor LiDAR, Apple juga kabarnya akan merilis iPad Pro premium terbaru dengan teknologi canggih tersebut.

Tablet iPad Pro premium ini akan meluncur pada 25 Maret mendatang. Sensor LiDAR tersebut nantinya akan disertakan dengan modul kamera belakang.

Fungsi LiDAR di iPhone 13 2021

iPhone 13 Touch ID Layar

Menurut laporan phoneArena, seperti dikutip Telset, Rabu (6/1/2021), teknologi tersebut menggunakan laser untuk menerangi target. Berbagai perhitungan pun dibuat untuk menentukan jarak antara perangkat dan target.

Yang diukur oleh sensor LiDAR adalah waktu yang dibutuhkan sinar laser untuk memantul dari target dan kembali ke perangkat.

Metode itu dikenal sebagai Time of Flight atau ToF. Pengukuran menjadi lebih tepat dengan peta kedalaman.

Karena semua tersedia melalui LiDAR, kemampuan AR otomatis akan ditingkatkan. Dalam mode Portrait, gambar akan punya bokeh buram. Bagian foto di latar belakang sengaja dibuat tidak fokus supaya gambar menjadi lebih tajam di latar depan.

{Baca juga: Siap-siap! iPhone 13 Bakal Dirilis September Tahun Depan}

Selain dipasangkan pada iPhone 13 2021 terbaru, sensor LiDAR juga akan menjadi alat yang hebat untuk kacamata pintar Apple Glass yang telah lama dirumorkan.

Produk mutakhir Apple itu akan sangat bergantung kepada AR dan dapat diluncurkan dalam rentang waktu 2021-2023.

Selain memperkenalkan sensor LiDAR di iPad Pro baru pada awal tahun ini, Apple juga rupanya memasang sensor di modul kamera yang terdapat di iPhone 12 Pro. Artinya, sensor LiDAR dapat ditemukan di iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max. (SN/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here