Huawei Garap Kirin 820, Chipset Kelas Menengah dengan Dukungan 5G

Telset.id, Jakarta – Huawei dikabarkan tengah menyiapkan chipset kelas menengah terbarunya, yaitu Kirin 820. Adapun chipset Kirin 820 ini akan menjadi chipset kelas menengah pertama dari Huawei yang mendukung jaringan 5G.

Baru-baru ini Digital Chat Station membocorkan sedikit spesifikasi dari chipset Kirin 820, dimana ia akan dibekali dengan prosesor Cortex A76 dengan fabrikasi litografi 7nm.

Cortex A76 sendiri akan menjadi Big Core, sama seperti pada Kirin 810 dan Kirin 990 4G. Namun belum disebutkan Little Core yang akan diusungnya. Secara performa, tentu prosesor ini akan menjanjikan kinerja yang lebih tinggi.

{Baca Juga: Lebih Bertenaga, Apple Siapkan Bionic A14 untuk iPhone Terbaru}

Meski begtu, peningkatan yang paling signifikan nampaknya akan ada pada sisi GPU, dimana kita akan menemukan Mali-G77 disini. Ini merupakan generasi terbaru dari GPU Mali. Bahkan jika dibandingkan dengan Kirin 990, yang masih menggunakan Mali-G76. Demikian pula dengan chipset MediaTek Helio G90T, menggunakan GPU Mali-G76.

Mali-G77 sebelumnya telah digunakan pada chipset terbaru Samsung, Exynos 990, yang menjadi otak dari Samsung Galaxy S20 series. Tapi kali ini, Huawei menggunakannya pada chipset kelas menengah mereka yaitu Kirin 820.

Dari segi kemampuan, Mali-G77 diklaim akan memiliki performa grafis yang lebih tinggi sekitar 120% hingga 140% dibandingkan dengan Mali-G76.

Selain itu, tingkat efisiensinya juga lebih tinggi, yaitu sekitar 30%. Diklaim, tingkat efisiensi dayanya juga akan lebih baik dari chipset kelas premium saat ini.

{Baca Juga: MediaTek Rilis Prosesor Gaming Menengah, Helio G70 dan G80}

Adapun smartphone yang nantinya akan menggunakan chipset Kirin 820 ini adalah Honor 30s. Sementara smartpone lainnya besutan Huawei sepertinya masih belum diumumkan.

Bisa jadi generasi selanjutnya dari seri Huawei Nova, sebagaimana kita ketahui seri tersebut selalu menggunakan chipset kelas menengah Kirin. Bukan tidak mungkin pula, dengan chipset barunya yang punya kemampuan grafis tinggi ini, Huawei akan meluncurkan smartphone gaming kelas menengah. [IR/IF]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here