Kabar Gembira! Game PS4 Bisa Dimainkan di PlayStation 5

Game PS4 PlayStation 5

Telset.id, Jakarta – Kabar gembira bagi Anda pemilik PlayStation 4 (PS4) dan tengah mempertimbangkan untuk beralih ke PlayStation 5 (PS5) saat nanti tersedia. Pasalnya, Sony mengumumkan bahwa PlayStation 5 nantinya akan bisa memainkan game dari PS4.

Dalam sebuah presentasi yang dilakukan oleh PlayStation Hardware Lead, Mark Cerny, Sony telah melakukan uji coba fitur backwards compatibility yang memungkinkan game PS4 dimainkan oleh PS5. Hasil uji coba itu diklaim menunjukkan hasil yang “luar biasa”.

“Kami melihat daftar 100 judul game PlayStation 4 yang disusun dengan peringkat berdasarkan waktu bermain, dan kami berharap semuanya dapat dimainkan saat PlayStation 5 diluncurkan,” ujar Cerny.

{Baca Juga: Spesifikasi PlayStation 5 Diumumkan, Lebih Gahar dan Kencang!}

Meski demikian, Cerny tidak menyebutkan game PS4 apa saja yang ia coba untuk dimainkan di PS5. Pun demikian, dengan cara kerja fitur backwards compatibility yang tidak ia jelaskan secara rinci.

Sebelumnya, Sony telah resmi  mengungkap detail dan spesifikasi PlayStation 5 (PS5). Konsol gaming anyar tersebut rencananya akan dirilis pada musim liburan tahun ini.

Dikutip Telset.id dari The Verge, Kamis (19/03/2020), PS5 akan ditenagai CPU AMD Zen 2 yang memiliki kecepatan 3,5 GHz dan custom GPU yang berbasis AMD RDNA 2 dengan kekuatan 10.28 Tera Flops di 2.23 GHz.

{Baca Juga: Sony Ingin Gamers Cepat-cepat Beli PlayStation 5}

Tertanam juga RAM 16 GB GDDR6 dan SSD NVMe berkapasitas 825 GB yang dijanjikan oleh Sony menawarkan kemampuan loading super cepat.

Peralihan penggunaan SSD dari HDD adalah salah satu pembaruan teknis yang dijanjikan oleh Sony. Dalam demo yang mereka lakukan sebelumnya, game Spider-Man menghabiskan waktu loading untuk dimainkan hanya kurang dari satu detik. Jauh lebih cepat dari PS4 yang butuh waktu sekitar 8 detik.

PlayStation Hardware Lead, Mark Cerny menjelaskan, PS4 membutuhkan waktu sekitar 20 detik untuk memuat satu gigbyte data. Sementara SSD yang dimiliki PS5 dapat melakukan hal yang sama hanya dalam waktu satu detik saja.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Terbaru}

Meski demikian, PS5 juga memiliki dukungan USB hard drive. Tetapi, opsi penyimpanan ini ditujukan untuk game PS4 yang mana juga akan bisa dimainkan di konsol PS5.

Selain itu, perusahaan asal Jepang tersebut juga menjanjikan bahwa konsol game tersebut akan memiliki dukungan grafik untuk game 8K dan 4K pada 120 Hz. Ada juga teknologi audio 3D, serta mode konsumsi daya rendah untuk membuat konsol jauh lebih hemat daya. Siap menanti PS5 para gamers? (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here