TrenForce: Huawei akan Terlempar dari Produsen HP Paling Laris 2021

Telset.id, Jakarta – Huawei diprediksi akan mengalami tahun sulit sepanjang tahun ini. Pasalnya, Huawei bakal terlempar dari daftar enam teratas produsen HP paling laris di tahun 2021.

Gara-gara pandemi virus Corona, produksi smartphone secara global memang turun menjadi hanya 1,25 miliar unit selama 2020. Namun, angka itu diperkirakan akan meningkat menjadi 1,36 miliar pada 2021.

Ironisnya, menurut laporan Gizmochina, seperti dikutip Telset, Rabu (6/1/2021), sepanjang 2021 mendatang Huawei justru diperkirakan bakal terlempar dari daftar enam teratas produsen HP paling laris di tahun 2021.

TrenForce mencatat, 2020 telah memecahkan rekor penurunan 11 persen produksi smartphone dari tahun ke tahun. Tahun sebelumnya, peringkat enam produsen smartphone paling laris dihuni oleh Samsung, Apple, Huawei, Xiaomi, dan Oppo.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Huawei Terbaru}

Meski 2021 kemungkinan terjadi peningkatan secara keseluruhan produksi smartphone global, raksasa teknologi China tersebut diperkirakan akan mengalami penurunan besar-besaran dalam hal pangsa pasarnya.

Lebih lanjut, pada 2021, submerek Honor akan beroperasi secara independen atau lepas dari Huawei. Alasan Huawei memutuskan menjual smartphone terjangkau adalah untuk memastikan kelangsungan hidup.

Huawei HP Paling Laris TrenForce

Maklum, Huawei menghadapi berbagai sanksi dari pemerintah Amerika Serikat. Huawei tidak bisa menggunakan layanan maupun teknologi buatan Negeri Paman Sam sejak masuk daftar hitam atau daftar entitas.

{Baca juga: Huawei Mau Luncurkan Laptop Terbaru Bertenaga Kirin 990 5G}

TrendForce sangat yakin Huawei akan menghadapi lebih banyak kesulitan untuk mendapatkan kembali pangsa pasar smartphone yang hilang.

Berbeda dengan Huawei, vendor lain macam Samsung, Apple, Xiaomi, Oppo, dan Vivo akan tetap eksis di dalam perebutan mahkota HP paling laris 2021.

Huawei Pede HarmonyOS Eksis di 2021

Sebelumnya, Huawei menggelar konferensi Developer Day guna membahas tentang mitra aplikasi seluler HarmonyOS 2.0 terbaru. Pada kesempatan itu, pabrikan ponsel asal Tiongkok ini mengumumkan jumlah mitra pengembang.

Huawei mengklaim, jumlah mitra pengembang untuk platform HarmonyOS akan terus bertambah. Perusahaan pun akan mempererat hubungan dengan perusahaan yang akan meluncurkan produk bersenjatakan sistem operasi tersebut.

{Baca juga: Huawei: HarmonyOS Bakal Eksis di 100 Juta Perangkat Pada 2021}

Wakil Presiden Departemen Perangkat Lunak Bisnis Konsumen Huawei, Yang Haisong, menyatakan bahwa sejak rilis pengembang aplikasi seluler HarmonyOS 2.0 versi Beta dua minggu lalu, jumlah mitra meningkat.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan lebih banyak pengembang untuk situasi yang saling menguntungkan. HarmonyOS akan eksis di 100 juta perangkat dari lebih dari 40 merek pada 2021,” terang Haisong. (SN/MF)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -