telset

Ini 5 Merk HP Terlaris di Indonesia, Xiaomi Masih Teratas

Telset.id, Jakarta – Counterpoint Research merilis laporan terbarunya, yang mencatat 5 merk hp terlaris di Indonesia. Hasilnya, para pemain China masih menguasai pasar, dengan Xiaomi berada di posisi puncak, disusul Oppo dan Vivo.

Pengiriman HP di Indonesia mencatat kenaikan sebesar 28% Year-over-Year (YoY), atau 22% Quarter-on-Quarter (QoQ), pada kuartal kedua (Q2) 2021.

Bulan lalu Monthly Indonesia Channel Share Tracker dari Counterpoint Research, merilis data pengiriman HP di Indonesia pada Q2 2021. Hasilnya pengiriman ponsel pintar mengalami pertumbuhan sebesar 22% dibanding Q1 tahun 2021 lalu. 

Dibandingkan dengan Q2 tahun 2020 tren pengiriman HP di Tanah Air juga meningkat, sebesar 28%. Menurut analis riset Counterpoint, Paula Ruth pertumbuhan ini didorong oleh momen Hari Raya Idul Fitri.

Pada momen Idul Fitri, banyak masyarakat yang berbelanja HP baru sehingga pengiriman meningkat. 

Baca juga: Xiaomi Nomor Satu di Indonesia

“Pertumbuhan yang kuat dalam pengiriman HP di Q2 didorong oleh pemulihan awal belanja konsumen, berkat permintaan yang terpendam dan perayaan Idul Fitri, dikombinasikan dengan adopsi HP yang lebih cepat,” tutur Paula Ruth. 

Faktor lainnya adalah inovasi penjualan yang dilakukan produsen. Selama pandemi, banyak merek HP yang melakukan penjualan secara online, dengan tetap menjalankan protokol kesehatan. 

“Kami juga mengamati brand HP di Indonesia semakin aktif di kanal online untuk mendukung protokol kesehatan terkait pandemi. Menurut data Counterpoint, saluran online menyumbang sekitar 19% dari pasar HP pada Q2 2021,” tambahnya. 

Xiaomi Peringkat Teratas 

Dibandingkan merk HP lain, Xiaomi sukses menempati posisi teratas sebagai merk HP terlaris di Indonesia. Dilansir Telset dari laman Counterpoint, Senin (4/10/2021), Xiaomi meraih pangsa pasar atau persentase pengiriman 26%, dari total pengiriman.  

Keberhasilan ini diperoleh berkat banyaknya konsumen yang membeli HP seri Redmi 9C, Redmi 9A dan Poco M3. HP tersebut digemari karena unggul dari segi  baterai, memori penyimpanan, dan kamera.

Baca juga: Xiaomi Paling Laku di Eropa

“Preferensi konsumen di Indonesia telah bergeser lebih ke HP terjangkau dan pembelian online karena pandemi. Preferensi ini selaras dengan poin kuat Xiaomi,” ucap analis senior Counterpoint, Glen Cardoza. 

Vivo menempati posisi kedua dengan pangsa pasar 21%. Walaupun tidak terlalu aktif mengeluarkan ponsel baru, Vivo berhasil menempati posisi kedua berkat model  Y12s, Y1s dan Y20s. 

Pengiriman HP Indonesia Xiaomi

Posisi ketiga ditempati oleh Oppo dengan pangsa pasar 20%. Ponsel yang identik dengan warna hijau ini cukup sukses di pasar Indonesia berkat model Oppo A54, A15, dan Reno 5 5G. 

Di bawah mereka ditempati oleh Samsung dengan pangsa pasar 13% dan dan Realme sebesar 11%. Riset dari Counterpoint juga menyinggung soal pengiriman HP 5G di Indonesia.

Berdasarkan data dari Indonesia Channel Share Tracker, pangsa HP 5G cenderung naik dari 4% di Q1 2021 menjadi 7% di Q2 2021. Patut ditunggu bagaimana tren pasar di akhir tahun nanti. Apakah Xiaomi tetap menjadi juara pertama atau dikalahkan oleh merk lain. [NM/HBS]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0