Gizmo

Google Siapkan HP Lipat Lainnya, Disebut “Jumbojack”

Helmi Reinaldi
Share

Jakarta – Google sepertinya serius untuk terjun ke industri smartphone lipat. Bocorannya kembali beredar, menyebutkan bahwa HP lipat Google Fold yang kedua tengah digarap dan memiliki kode nama “Jumbojack”.

Sebagaimana dilansir dari GizChina, Selasa (21/9/2021), sumber resmi yang tidak disebutkan namanya mengungkapkan bahwa Google memang sedang dalam tahap pengembangan smartphone lipat Fold yang kedua dengan nama Jumbojack.

Meski belum jelas sepenuhnya, namun ada beberapa detail mengenai HP layar fleksibel Google. Disebutkan, smartphone lipat Google ini mengusung layar ganda yang menggabungkan layar eksternal berukuran kecil dengan layar internal yang lebih besar. Kurang lebih mirip dengan HP lipat Samsung.

{Baca Juga: Jadwal Update Android 12 Versi Stable}

Layar internal memiliki panel yang lebih besar dan akan dinonaktifkan ketika smartphone dilipat. Ukuran layar HP lipat yang sedang dikembangkan ini masih belum diketahui hingga saat ini.

Belum ada indikasi kapan peluncuran HP lipat Google Fold ini akan berlangsung. Mungkin juga Google tidak memiliki rencana untuk meluncurkan Jumbojack secara komersial, alias hanya prototipe saja.

{Baca Juga: Cara Download Mod Google Camera Go di Android}

Apabila dijadikan sebagai smartphone prototipe, maka Google akan bisa mengembangkan sistem Android yang sesuai untuk smartphone lipat dan akan meningkatkan multitasking.

Menurut leakers ternama, Evan Blass atau dikenal dengan @EvLeaks mengisyaratkan bahwa Google kemungkinan merilis smartphone lipatnya sebelum akhir tahun 2021.

Google Siapkan Dua HP Lipat Fold

Sebelumnya Google juga dikabarkan tengah menggarap smartphone lipat lainnya dengan kode nama “Passport”.

Kabar HP lipat Google tersebut pertama kali diumumkan oleh Senior Director Display Supply Chain Consultants, David Naranjo. Di Twitter, David memprediksi beberapa merek HP yang akan rilis di tahun 2021.

{Baca Juga: Google Siapkan HP Lipat}

Dari beberapa merek HP, terselip nama Google Pixel Fold yang diprediksi akan rilis pada Q4 tahun 2021. David juga memprediksi jika perangkat akan menggunakan layar LTPO OLED.

“Dengan diumumkannya iPhone 13 Pro dan iPhone 13 Pro Max yang memiliki kecepatan refresh variabel hingga 120Hz menandai 20 model terbaru dan dikabarkan yang menggunakan panel LTPO OLED dari SDC,” cuit @DSCCDave.

{Baca Juga: Chromebook Tak Lagi Bisa Gunakan Microsoft Office}

Tampilan Pixel Fold pun juga ikutan bocor. Kabarnya Pixel Fold akan memasang kamera di bawah layar.

Sayangnya belum ada informasi dari Google Pixel terkait peluncuran HP lipat terbaru mereka. Saat ini baru ada informasi bahwa seri Pixel 6 akan diluncurkan pada tanggal 19 Oktober 2021 mendatang. (HR/MF)

Leave a Comment