Hentikan Ketergantungan pada Samsung , Apple Akan Memproduksi Panel OLED Sendiri

Telset.id, Jakarta – Pada bulan April 2107, Apple telah memesan 70 juta panel layar OLED dari Samsung untuk perangkat smartphone-nya iPhone 8. Hal Ini menunjukkan betapa bergantungnya Apple pada Samsung untuk urusan panel OLED.

Namun, situasi ini mungkin berubah untuk selamanya dimulai dari 2018, seperti dikutip dari Gizmochina yang mengatakan laporan baru menunjukkan bahwa Apple akan memproduksi layar OLED.

Saat ini Apple sedang membangun pabrik manufaktur OLED sendiri di Taiwan. Untuk ini, perusahaan Cupertino dilaporkan telah membeli beberapa mesin deposisi uap kimia (CVD) yang terutama digunakan untuk pembuatan panel display OLED.

Apple dilaporkan telah membeli mesin CVD dari perusahaan Korea Selatan. Ini memungkinkan Apple untuk memproduksi panel display OLED 2.5G dari unit manufakturnya sendiri untuk iPhone di 2018. Akan tetapi sebelumnya dikatakan bahwa Apple akan terus memesan panel OLED dari Samsung yang diperuntukan untuk iPhone 9 di 2018.

Tahun ini, Apple diperkirakan akan merilis tiga iPhone. Dua di antaranya yang dijuluki sebagai iPhone 7 dan iPhone 7 Plus ini diharapkan bisa menampilkan panel LCD. Namun, Apple sangat dipatok untuk menggunakan panel display OLED pada ukuran 5,8 inci iPhone 8 yang diluncurkan dalam rangka memperingati ulang tahun ke- 10 iPhone.

Analis memperkirakan bahwa Apple akan berhasil menjual 55 juta unit iPhone 8 tahun ini. Ini mungkin bisa membantu menjadi perusahaan triliun dolar pertama. Untuk memenuhi permintaan iPhone 8 yang tinggi, Samsung berspekulasi untuk memasok sebanyak 95 juta panel OLED. Nampaknya setelah meluncurkan iPhone 8 dengan layar OLED, Apple mungkin akan segera meluncurkan perangkat lain seperti iPad dan Apple Watch dengan panel OLED.

Apple tidak mungkin memproduksi panel OLED sendiri. Ini bisa melisensikan peralatan yang dibeli untuk membuat panel OLED ke produsen pihak ketiga. Apple juga dikatakan sedang dalam diskusi dengan LG Display untuk membantunya membangun pabrik panel OLED yang baru.

Perusahaan seperti Xiaomi dan Google saat ini memanfaatkan panel OLED . Berbicara tentang LG, pihaknya juga dikabarkan akan debut smartphone pertamanya dengan layar OLED. LG sejauh ini menggunakan panel LCD pada smartphone-nya, namun LG V30 yang dijadwalkan untuk diumumkan pada 31 Agustus sangat dikabarkan akan menampilkan layar OLED . (MS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

RELATED ARTICLES

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0