Gizmo

Headset AR/VR Apple akan Gunakan Sistem Operasi xrOS

Fernando Yehezkiel
Share

Telset.id, Jakarta – Apple telah mengerjakan headset AR/VR selama bertahun-tahun dan kini ada kabar mengenai sistem operasi yang akan digunakan pada perangkat. Menurut laporan, perangkat terebut akan menggunakan xrOS.

Raksasa teknologi asal Cupertino ini dikatakan telah membuat sebuah sistem operasi khusus untuk perangkat AR/VR dengan nama xrOS.

Menurut laporan dari Bloomberg, Apple telah memutuskan untuk menggunakan sistem operasi yang mendukung perangkat AR/VR dengan xrOS, daripada RealityOS atau rOS yang sebelumnya dikabarkan.

Informasi baru tentang sistem operasi yang akan digunakan pada perangkat AR/VR buatan Apple ini muncul saat mereka sedang merencanakan peluncuran headset sekitar tahun 2023.

BACA JUGA:

Dengan penggunaan sistem operasi xrOS ini pada perangkat, kemungkinan besar headset ini akan memiliki toko aplikasi khususnya sendiri, yang mirip dengan sistem di Apple TV dan Apple Watch.

Jika informasi tersebut betul-betul terealisasi dan terwujud, maka headset AR/VR dari Apple ini akan menjadi perangkat realitas campuran yang mirip dengan Microsoft HoloLens, yang mendukung augmented reality dan virtual reality.

Istilah XR sendiri merupakan singkatan dari Extended Reality, dimana XR akan mencakup keduanya antara augmented reality dengan virtual reality.

Selain itu, Apple juga telah mendesain ulang beberapa aplikasi buatannya seperti Maps dan Messenger untuk dapat memberikan pengalaman yang lebih baik pada headset AR/VR miliknya.

Meskipun mereka juga mengembangkan software development kit, yang memungkinkan pengembang dari pihak ketiga bisa membuat aplikasi untuk headset.

BACA JUGA:

Meskipun tidak ada informasi yang pasti tentang perangkat yang kemungkinan akan diluncurkan Apple 2023 ini, namun ada  beberapa laporan yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut dapat diluncurkan pada paruh pertama tahun 2023.

Setelah itu, perangkat akan tersedia untuk dibeli secara langsung pada paruh kedua di tahun 2023. Diharapkan sebelum peluncurannya akan ada lebih banyak informasi yang lebih detail mengenai headset ini. [FY/IF]

Leave a Comment