Hands-On Xiaomi Redmi Pad: Tablet Ringan yang Bertenaga

Telset.id, Jakarta – Xiaomi Redmi Pad merupakan tablet entry level dengan perpaduan yang pas. Tablet ini memiliki bobot yang ringan, tetapi didukung oleh spesifikasi mumpuni yang membuatnya ini bisa menjadi teman beragam aktivitas sehari-hari.

Redmi Pad menjadi tablet Redmi pertama yang dikeluarkan Xiaomi. Meskipun sejak beberapa tahun terakhir Xiaomi sendiri cukup rajin merilis tablet di Tanah Air, seperti Xiaomi Pad 5 yang diluncurkan pada tahun 2021 lalu.

Kehadiran Redmi Pad menjadi angin segar bagi industri tablet di Indonesia, karena tablet ini menawarkan harga yang terjangkau di kisaran Rp 3 jutaan. Namun, harga terjangkau tak lantas membuat spesifikasi Xiaomi Redmi Pad murahan.

Tablet ini didukung spesifikasi yang mumpuni seperti layar yang lebar dengan refresh rate 90 Hz, kapasitas RAM 6 GB serta Quad Speaker Dolby Atmos. Lantas, bagaimana kira-kira tampilan dan performa dari Xiaomi Redmi Pad?

Di acara peluncuran produk pada Kamis (17/11/2022), tim Telset berkesempatan menjajalnya secara langsung, berikut ini hasil pengalaman hands-on kami terhadap Xiaomi Redmi Pad.

BACA JUGA:

Desain dan Layar Redmi Pad

Keunggulan Xiaomi Redmi Pad

Pertama-tama kita akan mengulas desain dan layar Xiaomi Redmi Pad. Tablet ini mengusung perpaduan warna Graphite Gray dan Moonlight Silver dengan desain unibody yang minimalis.

Kemudian body memakai material metal, dengan ketebalan 7,05 mm dan bobot 445 gram. Tidak banyak port atau tombol di Redmi Pad. Hanya ada tombol on/off di bagian atas dan volume di sisi kanan.

Terdapat pula port USB Type-C untuk charger dan headset, dan slot microSD bagi yang ingin upgrade memori hingga 1 TB. Adapun posisi speaker berada di bagian atas dan bawah tablet, dengan tulisan Dolby Atmos untuk mempertegas kualitas audio.

Perpaduan desain ini membuat Redmi Pad memiliki desain yang elegan dan minimalis, sekaligus nyaman untuk digenggam dalam waktu yang lama. Baik dengan menggunakan 2 tangan atau 1 tangan saja.

Selain itu body tablet juga cukup kokoh, sehingga selain nyaman untuk digenggam, ini juga cukup kokoh untuk tidak mudah rusak apabila mengalami benturan.

Sementara itu layarnya menggunakan panel IPS LCD berukuran 10,61 inci. Resolusi 1200 x 2000 piksel dan refresh rate hingga 90 Hz sekaligus dapat menghasilkan 1 miliar warna.

Pada sesi hands-on, kami mencoba menguji kualitas layar Xiaomi Redmi Pad lewat streaming YouTube. Kami memilih video dengan format 1440p dengan 60 FPS.

Hasilnya, layar tablet ini mampu memberikan tampilan video yang jernih dan detail. Ditambah lagi dengan fitur built-in blue light reduction, yang membuat layar Redmi Pad nyaman di mata meski digunakan dalam waktu lama.

Suaranya atau audio Redmi Pad juga memuaskan. Quad Speaker dari Dolby Atmos mampu mengasilkan suara yang berkualitas.

Ketika dipakai untuk mendengarkan lagu serta menyaksikan video klip di YouTube dengan volume maksimum, speaker Redmi Pad mampu memberikan suara bas dan vokal yang jernih.

Jadi, kemungkinan hasil yang sama juga pengguna dapatkan apabila melakukan video conference untuk urusan pekerjaan atau sekedar berbincang santai dengan keluarga.

BACA JUGA: 

Kamera dan Performa Redmi Pad

Keunggulan Xiaomi Redmi Pad

Redmi Pad memiliki kamera ultra wide 8 MP di bagian depan. Sudut pandangnya luas hingga 105 derajat dan disertai oleh teknologi FocusFrame. Kamera depannya memberikan tampilan wajah yang natural, saat pengguna melakukan video conference.

Lalu terdapat teknologi FocusFrame, yang membuat posisi pengguna selalu berada di tengah frame dan lensa akan tetap fokus ke wajah pengguna meski ada orang lain di belakang.

Di bagian belakang ada pula kamera 8 MP yang bisa dipakai untuk merekam video atau foto. Adapun fitur kamera yang dimiliki Redmi Pad tidak terlalu banyak, hanya ada Documents Mode, Photo Mode, Night Mode, Video dan Short Video.

Masih pada sesi hands-on, kami menggunakan kamera Xiaomi Redmi Pad untuk melakukan video conference. Kami sempat menggunakan kamera untuk mengabadikan beberapa momen dan hasilnya cukup memuaskan, karena warna fotonya jernih dan detail. Berikut ini hasil kamera Redmi Pad:

Kamera Redmi Pad
Hasil kamera depan Redmi Pad
Hasil kamera Xiaomi
Kamera belakang Redmi Pad
Hasil kamera 8 MP
Hasil kamera belakang 8 MP Redmi Pad

Kamera yang berkualitas ini ditopang oleh performa yang bertenaga. Dimana tablet ditopang chipset MediaTek Helio G99, yang biasanya dipakai oleh smartphone gaming.

Ditambah lagi dengan RAM 6 GB serta fitur ekspansi RAM 2 GB dan memori atau ROM 128 GB, yang dapat pula ditambah hingga 1 TB dengan eksternal MicroSD. Kapasitas RAM yang lega ini memungkinkan pengguna untuk menyimpan banyak file, aplikasi atau game di dalam tablet.

BACA JUGA: 

Kami sempat menggunakan tablet untuk bermain game PUBG Mobile dan streaming video di YouTube. Lagi, hasilnya cukup memuaskan. Tidak ada kendala seperti baterai lag, dalam prosesnya.

Kapasitas baterainya juga besar, yakni 8000 mAh, dengan dukungan fast charging 18W. Xiaomi mengklaim, baterai ini mampu bertahan hingga hingga puluhan jam, untuk streaming video selama 21 jam dan bermain game 12 jam. Dengan kata lain, tablet ini bisa menemani pengguna hampir seharian penuh, untuk beragam aktivitas.

Harga dan Ketersediaan Redmi Pad 

Xiaomi pad

Redmi Pad dijual dengan harga Rp3.499.000, dan akan tersedia pada 25 November 2022. Konsumen bisa membelinya secara online di Mi.com dan Xiaomi Official Store yang ada di Tokopedia, Shopee, Lazada, Blibli dan Akulaku.

BACA JUGA:

Tersedia pula pembelian langsung di toko, dengan membeli di Xiaomi Store, Xiaomi Shop dan Erafone.

SPESIFIKASI REDMI PAD

  • Rilis: November 2022 (Indonesia)
  • Network: WiFi Only
  • Layar: IPS LCD 10,61 inci resolusi 1200 x 2000 piksel dan refresh rate 90 Hz
  • OS: Android 12, MIUI 13.1
  • Chipset: MediaTek MT8781 Helio G99 (6nm)
  • CPU: Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55)
  • GPU: Mali-G57 MC2
  • RAM: 6 GB
  • Memori: 128 GB
  • Dimensi: 250.5 x 158.1 x 7,05 mm, 445 gram
  • Kamera Utama: 8 MP
  • Kamera Depan: 8 MP
  • Baterai: 8.000 mAh, Fast Charging 18W
  • NFC: No
  • Warna: Graphite Gray dan Moonlight Silver
  • Harga: Rp3.499.000.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0