Gizmo

5 Hal Hebat yang Bisa Diharapkan Dari Samsung Galaxy Z Fold4 dan Flip4

Ida Farida
Share

Telset.id, Jakarta – Event Galaxy Unpacked yang digelar di New York, Amerika Serikat menandai kembali hadirnya penerus dua ponsel lipat Samsung, yakni Galaxy Z Flip4 dan Galaxy Z Fold4. Hadir dengan status penerus, tentu ada banyak hal yang bisa diharapkan dari keduanya, utamanya dalam hal spesifikasi. Apa saja?

Samsung resmi memperkenalkan dua flagship teranyarnya hari ini, Galaxy Z Flip4 dan Z Fold4. Dirilis bersama dua smart watch serta ear bud terbaru perusahaan, kedua ponsel dijadwalkan segera masuk pasar Indonesia, dengan sudah mulai bisa dipesan dari 10 Agustus hingga 1 September.

Sebagai penerus, baik Galaxy Z Flip4 dan Z Fold4 membawa sejumlah perubahan besar dari segi spesifikasi. Mulai dari bezel yang lebih tipis, kamera yang lebih mumpuni, dan banyak lagi.

Menjadi salah satu inovasi terbaik Samsung dalam hal layar lipat, Galaxy Z Flip dan Z Fold sendiri pertama kali diperkenalkan pada tahun 2019. Sejak itu, pelan tapi pasti ponsel ini mulai menjadi perhatian, bahkan mendapat pengikut. Salah satunya tak lain karena faktor bentuk yang tak biasa.

BACA JUGA:

So, dari layar yang lebih besar hingga kamera yang lebih baik – seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, berikut ini 5 perubahan besar yang dibawa kedua ponsel lipat Samsung pada generasi keempatnya, sebagaimana dilansir dari Channelnewsasia.

1. Layar Lebih Besar

Dengan layar tepi-ke-tepi 7,6 inci saat dibuka, Z Fold4 tak hanya menjadi keluarga Z Fold dengan layar terbesar, tetapi juga yang paling memiliki aspek rasio terluas. Sementara, beratnya hanya 263g, lebih ringan dibanding para pendahulunya.

Serupa dengan itu, Galaxy Z Flip4 juga tak hanya datang dengan ukuran lebih kecil dan lebih ramah kantong, ini juga memiliki desain yang lebih halus, dengan engsel yang lebih ramping dan tepi yang diluruskan. Seperti Z Fold4, Z Flip seri terbaru juga lebih ringan dari versi sebelumnya, meski hanya sedikit.

2. Kamera Lebih Baik

Perbaikan pada kamera dilakukan Samsung baik untuk Galaxy Z Flip maupun Z Fold4, dengan sensor piksel yang lebih cerah dan resolusi yang lebih tinggi. Galaxy Z Flip4 memiliki sensor piksel 65 persen lebih terang, yang secara teknis berarti foto dan video lebih tajam, dan “nightography” yang ditingkatkan, untuk menangkap gambar lebih baik dalam kondisi kurang cahaya.

Fungsi Quickshot-nya juga telah diperbarui sehingga selfie kini dapat dilakukan dalam mode potret bahkan ketika ponsel dilipat.

Sementara itu, Galaxy Z Fold4 menawarkan kamera beresolusi jauh lebih tinggi, dengan kamera belakang lebar 50MP, yang merupakan lompatan besar dari lensa 12MP versi sebelumnya. Lensa tele belakang memiliki 3x optical zoom dan 30x space zoom, memungkinkan pengguna menangkap subjek jauh. Sensornya juga 23 persen lebih terang, membuat bidikan malam lebih menonjol.

3. Peningkatan dalam hal Penggunaan

Galaxy Z Flip4 menawarkan lebih banyak opsi penyesuaian saat dilipat, memberi pengguna layar sampul yang lebih baik dalam hal kegunaan. Ini termasuk hal-hal seperti memeriksa notifikasi, membalas teks, mengakses pengaturan cepat, kontrol widget, dan peluncuran dompet.

Samsung juga menggambarkan Galaxy Z Fold4 sebagai jagonya multitasking – taskbar baru, mirip dengan tata letak PC, menawarkan akses mudah ke aplikasi favorit atau yang baru saja digunakan.

4. Lebih Tangguh dalam Banyak Hal

Di awal-awal kemunculannya, persoalan ketahanan adalah hal utama yang menjadi pertanyaan bagi ponsel lipat. Terkait sekuat apa dia mampu bertahan harus dilipat dan dibuka berulang kali. Hal ini seharusnya menjadi perhatian lebih bagi Samsung. Dan benar saja, perusahaan menyebut versi baru telah diuji dan disertifikasi untuk dilipat hingga 200.000 kali.

Dan seperti versi sebelumnya, ponsel baru ini masih tahan air, dengan peringkat IPX8. Keduanya dapat terendam di kedalaman 1,5 m di air tawar hingga 30 menit.

BACA JUGA:

Kedua ponsel juga dilengkapi baterai yang lebih besar, yang berarti waktu penggunaan lebih lama tanpa khawatir harus terus-menerus mengisi daya. Galaxy Z Flip4 memiliki baterai 3.700 mAh sedangkan Galaxy Z Fold4 dilengkapi baterai 4.400 mAh.

5. Ada Banyak Pilihan Warna

Galaxy Z Flip4 hadir dalam empat warna berbeda, yakni Graphite, pink gold, blue, dan Bora purple khasnya. Sedangkan Galaxy Z Fold4 hadir dalam tiga warna, yaitu Graygreen, phantom black, dan beige. Warna keempat eksklusif, merah anggur, hanya tersedia untuk pembelian di situs web Samsung.

Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Fold4 dan Z Flip4 sudah bisa dipesan mulai 10 Agustus (pukul 20.00 WIB) hingga 1 September 2022, melalui situs web Samsung dan sejumlah marketplace rekanan.

Galaxy Z Fold4 dibanderol dengan harga mulai Rp24.999.000 untuk varian 12 GB/256 GB; Rp26.999.000 untuk varian 12 GB/512 GB dan Rp30.999.000 untuk varian 12 GB/1 TB.

Sementara itu, harga Samsung Galaxy Z Flip4 adalah Rp13.999.000 untuk varian 8 GB/128 GB; Rp14.999.000 untuk varian 8 GB/128 GB; dan Rp16.999.000 untuk varian 8 GB/512 GB. Harga Samsung Galaxy Z Flip4 BeSpoke (8 GB/256 GB) adalah Rp15.499.000.

Leave a Comment