Gizmo

Performa Google Pixel 5 Lebih Lemot dari Dugaan

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – Tahun ini, Google bikin kejutan dengan hanya menggunakan prosesor menengah Snapdragon 765G sebagai dapur pacu dari Google Pixel 5. Padahal seri Pixel terdahulu ditenagai chipset Snapdragon 800 Series yang terkenal powerful.

Tidak berhenti di situ, rupanya Pixel 5 juga punya performa yang lebih lemot dari dugaan. Dilansir Telset dari GSMArena, Selasa (3/11/2020), smartphone ini tidak punya kinerja sebagaimana mestinya.

Berdasarkan review yang dilakukan, performa Google Pixel 5 mirip seperti ponsel dengan prosesor Snapdragon 710.

Hal tersebut diketahui dari pengujian multi-core menggunakan aplikasi Geekbench 5. Dari review, kinerja (dalam skor) Google Pixel 5 tidak lebih baik dari Poco X3 NFC dan Realme 7 Pro yang dibanderol dengan harga lebih murah.

Meski demikian, skor yang dihasilkan dari pengujian single-core masih cukup baik. Pixel 5 meraih poin di atas Realme 7 Pro, Poco X3 NFC, dan juga Google Pixel 4a.

Sedangkan untuk review GPU menggunakan GFX Manhattan ES 3.1 (offscreen 1080p), Google Pixel 5 lagi-lagi punya performa lebih rendah daripada ponsel pintar kelas menengah lainnya.

{Baca juga: Benchmark CPU Snapdragon 875 Lebih Kencang dari Kirin 9000}

Diduga, Google melakukan downclock pada CPU dan GPU untuk menjaga efisiensi baterai Pixel 5 jauh lebih baik lagi. Google sepertinya lebih memprioritaskan masa pakai baterai daripada kinerja yang lebih kencang.

Padahal, Snapdragon 765G sendiri juga menghasilkan efisiensi daya yang lebih baik, karena prosesor ini memiliki modem 5G yang terintegrasi daripada modem eksternal yang digunakan Snapdragon 865.

Berikut ini grafis perbandingan performa Google Pixel 5 dengan ponsel kelas menengah lainnya:

Spesifikasi Google Pixel 5

Pixel 5 telah ditenagai oleh prosesor 5G Snapdragon 765G. Ya, Google tidak akan lagi menyematkan SoC kelas atas untuk model Pixel premium.

Pasalnya, performa bukan menjadi tujuan utama dari Google. Raksasa pencarian ini malah mengedepankan fitur kamera berkat chip khusus yang mereka kembangkan sendiri.

Apabila seri sebelumnya memiliki lensa telephoto, Google memutuskan untuk membuangnya di seri ini. Smartphone ini memiliki kamera ultrawide 16MP dengan aperture f/2.2 dan dengan ukuran pixel 1.0um.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Google Terbaru}

Kamera itu dipadukan dengan lensa utama 12,2 MP dengan ukuran pixel 1.4um yang juga didukung oleh AI atau artificial intelligence buatan Google.

Google rupanya tidak ikut-ikutan dalam “gede-gedean sensor” yang diaplikasikan oleh banyak vendor saat ini. Raksasa pencarian itu tetap bertaruh di sektor computational photography.

Lensa utama di Pixel 5 pun sudah mendukung OIS atau optical image stabilization. Akan tetapi, kamera ini hanya mampu mendukung perekaman video hingga 4K @60fps saja, bukan 8K.

Spesifikasi Google Pixel 5 selanjutnya, smartphone ini mengusung layar 6 inci dengan resolusi Full HD+. Layarnya punya lubang kamera di sudut kiri atas, dan telah mendukung refresh rate 90Hz.

{Baca juga: Spesifikasi serta Harga Google Pixel 5 dan Pixel 4a 5G}

Prosesor Snapdragon 765G di sini telah dikombinasikan dengan modem X52 5G. Selain itu, terdapat RAM 8GB, storage 128GB, serta baterai 4,080 mAh dengan dukungan fast charging 18W.

Fitur lainnya, Pixel 5 telah mendapatkan sertifikasi IP68, wireless charging dan juga reverse wireless charging, dan mendukung WiFi 5. (MF)

Leave a Comment