Gaming Test Vivo V15, Layakkah jadi Smartphone Gaming?

Telset.id, Jakarta – Vivo V15Vivo V15 merupakan smartphone menengah terbaru yang jadi andalan Vivo di Indonesia. Smartphone ini memiliki spesifikasi yang terbilang handal, karena telah ditopang oleh prosesor MediaTek Helio P70 octa-core 2.1 GHz, RAM 6 GB, ROM 64 GB , dan baterai berkapasitas 4,000 mAh.

Vivo V15 juga mengusung layar berukuran besar, tepatnya berukuran 6,53 inci dengan resolusi Full HD+ (1080 x 2340 piksel) dan telah dilapisi oleh Corning Gorilla Glass 5.

Layar Ultimate All Screen ini punya aspek rasio terhadap body yang besar, yakni 90,95% berkat pengadopsian desain Pop-up Camera yang diletakkan di atas body smartphone. Desain itu, membuat Vivo V15 bebas dari notch atau poni, dan “tompel” atau lubang kamera yang sekarang jadi tren untuk smartphone Android.

{Baca juga: Dibalik Konfigurasi Triple Kamera Vivo V15}

Vivo V15 Gaming Review

Yang jadi pertanyaan sekarang, apakah dengan spesifikasinya tersebut, Vivo V15 juga dapat mendukung aktivitas pengguna yang hobi gaming? Well, untuk menjawab hal tersebut, tim Telset.id akan mencoba “mengajak”  Vivo V15 bermain game, mulai dari yang ringan hingga kategori berat.

Dalam tes ini, kami akan membahas fitur gaming pada Vivo V15, suhu smartphone menggunakan aplikasi, hingga seberapa cepat baterai habis saat bermain salah satu game favorit dan sedang booming yakni PUBG.

Sebagai informasi, Vivo V15 memiliki fitur khusus gaming yang disematkan pada sistem operasi FunTouch 9 berbasis Android Pie. Fitur tersebut bernama Game Cube yang dapat memaksimalkan penggunaan RAM untuk game, dan fps pada game akan sedikit diturunkan agar pengguna tidak akan merasakan nge-lag ketika bermain game.

Di dalam fitur ini pun terdapat mode bernama Esports Mode yang mampu menghindarkan pengguna dari notifikasi dan gangguan lainnya ketika sedang bermain game. Untuk mengaktifkannya, cukup masuk ke Settings, kemudian tekan tombol Game Cube.

{Baca juga: Punya Tampilan Keren, Ini 3 Keunggulan Kamera Vivo V15}

Untuk menambahkan game pada fitur ini, tekan tombol Add dan pilih game yang ingin dimaksimalkan oleh Game Cube. Sekarang, tekan salah satu game, kemudian aktifkan sejumlah opsi yang bisa mendukung aktivitas gaming, seperti Game Assistant, Background Calls yang memungkinkan kita untuk mengangkat panggilan telepon sambil bermain game, Block Notifications, Esports Mode untuk meningkatkan performa smartphone, dan lainnya.

Jika sudah mengatur Game Cube, barulah bermain game favorit yang telah kami pilih sebelumnya. PUBG misalnya, smartphone ini secara default mampu menjalankan dengan grafis Medium atau grafis maksimal HD dengan frame rate High.

Saat bermain game ini selama hampir 2,5 jam, suhu smartphone (berdasarkan informasi real-time dari aplikasi AnTuTu Benchmark) berada konstan di suhu 37°C untuk baterai, dan 67°C untuk suhu CPU. Secara penggunaan, suhu tersebut masih bisa dibilang normal.

{Baca juga: 3 Kelebihan Pop-up Camera Vivo V15, Nomor 3 Berasa Ada di Masa Depan }

Sedangkan untuk ketahanan baterainya, baterai Vivo V15 berkurang sekitar 21% dari kondisi penuh (100%) menjadi 79%. Konsumsi baterai tersebut terbilang cukup awet, jika melihat game yang kami mainkan dengan grafis lumayan tinggi yang pastinya membutuhkan power yang tinggi pula.

Well, jika ditarik satu kesimpulan, kami mengakui kemampuan Vivo V15 yang mumpuni. Tidak hanya untuk urusan potret memotret saja, tapi juga performa smartphone secara keseluruhan, khususnya untuk urusan gaming.

Memang dalam Vivo V15 gaming review ini kami hanya mencoba satu game saja, tapi game PUBG itu telah mewakili beberapa game dengan grafis yang sama tingginya, yang tentu saja dapat dimainkan dengan baik di Vivo V15. Jadi, apakah Vivo V15 bisa mendukung aktivitas gaming para “penggila game”? Tentu saja bisa, meski pada faktanya Vivo tidak secara spesifik menyandangkan sebutan smartphone gaming pada Vivo V15.

Vivo V15 sendiri sudah dapat dipesan per 5 Maret 2019 melalui pre-order di e-commerce dan Vivo Store. Selama masa pre-order (5 – 11 Maret 2019), Vivo Official Store mengadakan promo spesial di beberapa e-commerce besar Indonesia, yaitu Akulaku, JD.ID, Lazada, Shopee, Blibli, dan Tokopedia yaitu 100% Cashback untuk pelanggan beruntung yang telah menyelesaikan pembelian Vivo V15 serta Gift Box spesial senilai Rp 1.000.000. (FHP)

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0