Galaxy S24 Bisa Jadi Smartphone Pertama dengan Fitur Wi-Fi 7

Telset.id, Jakarta – Wi-Fi 7 adalah konektivitas generasi berikutnya yang saat ini masih dalam tahap pengembangan. Kabarnya, Samsung Galaxy S24 akan menjadi salah satu perangkat yang pertama memiliki konektivitas Wi-Fi 7 versi final pada 2024 mendatang.

Sebagian besar ponsel terbaru di pasaran saat ini diluncurkan dengan konektivitas Wi-Fi 6 atau yang lebih baru Wi-Fi 6E versi standar, sebagai transisi sebelum debut Wi-Fi 7.

Sebuah laporan terbaru dari DigiTimes yang didukung oleh laboratorium inspeksi IC menunjukkan bahwa batch pertama ponsel dengan konektivitas Wi-Fi 7 diharapkan akan debut di pasaran pada paruh kedua tahun 2024.

BACA JUGA:

Seperti biasa, Samsung akan menjadi salah satu pelopor standar Wi-Fi baru dengan Galaxy S24 yang diharapkan menjadi salah satu ponsel pertama di pasar yang mendukung Wi-Fi 7.

Berbicara tentang fitur, Wi-Fi 7 akan dapat digunakan saluran 300MHz dengan dukungan teknologi 4K quadrature amplitude modulation (QAM), dan akan membawa peningkatan fisik (PHY), serta kontrol akses menengah (MAC) dengan tetap bekerja pada frekuensi 2,4GHz, 5GHz, dan 6GHz.

Wi-Fi generasi ke-7 ini akan memberikan kecepatan hingga 2,4x lebih cepat dibandingkan Wi-Fi 6 dengan jumlah antena yang sama. Mengutip keterangan dari Wi-Fi Alliance, Wi-Fi 7 diklaim mampu memberikan kecepatan setidaknya 30Gbps, bahkan mungkin bisa mencapai 40Gbps.

Ini adalah peningkatan kecepatan yang luar biasa karena dibandingkan dengan kecepatan Wi-Fi 6 memiliki kecepatan hingga 9,6Gbps, dan Wi-Fi 5 maksimal pada 3,5Gbps. Berkat teknologi penghilang latensi baru, Wi-Fi 7 juga akan menyediakan koneksi yang stabil.

Sebelum Wi-Fi 7 memulai debutnya untuk smartphone, terlebih dahulu akan diadopsi untuk router dan laptop. Kemungkinan saat pertama kali diluncurkan, teknologi ini akan sangat mahal, dan mungkin perlu waktu hingga 2025 untuk menjadi teknologi biasa.

Sebelumnya pada bulan Januari lalu, MediaTek mendemonstrasikan Wi-Fi 7, dan Intel menyatakan bahwa mereka akan mengadopsi Wi-Fi 7 di laptop pada tahun 2024.

Wi-Fi 7 Galaxy S24

BACA JUGA:

Sementara raksasa chip smartphone, Qualcomm, juga dikabarkan sedang mengerjakan opsi chip Wi-Fi 7, untuk bisa segera diadopsi pada chip Snapdragon generasi mendatang.

Qualcomm sendiri sudah mengumumkan chip FastConnect 7800 selama event MWC 2022 lalu, yang dilengkapi dengan fitur-fitur seperti Bluetooth terbaru, dengan jaringan latensi rendah, dan, tentu saja teknologi Wi-Fi 7. [SN/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0