Samsung Masih ‘Galau’ Galaxy S23 Tetap Pakai Chipset Exynos

Telset.id, Jakarta – Samsung dikabarkan masih galau terkait chipset yang akan digunakan untuk seri Galaxy S23 mendatang. Terkadi konflik internal di Samsung, apakah chipset Exynos masih akan digunakan pada seri Galaxy S23 atau tidak.

Menurut leaker Ice Universe, konfilik internal terjadi karena divisi Samsung MX (Mobile eXperience) kecewa dengan kinerja chipset internal di smartphone Galaxy S22.

Namun di sisi lain, eksekutif tingkat atas Samsung masih menginginkan smartphone flagships tahun depan masih menggunakan chipset Exynos 2300, yang diproduksi oleh Samsung Semiconductors.

Menariknya, informasi ini muncul dua bulan setelah Qualcomm mengkonfirmasi bahwa semua ponsel akan ditenagai oleh platform Snapdragon 8 Gen 2. Apakah ini ada kaitannya dengan Samsung, masih belum terkonfirmasi.

BACA JUGA:

Sebagai informasi, saat ini sekitar 70% ponsel Galaxy S22 menggunakan chipset Exynos 2200. Chipset buatan Samsung sendiri itu ditujukan untuk perangkat yang dipasarkan di Eropa, CIS (Commonwealth of Independent States), Afrika, dan Timur Tengah.

Sementara 30% lainnya ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 1, dan dijual di Amerika, Korea Selatan, China, Jepang, dan India. Sedangkan negara-negara di kawasan Asia Tenggara mendapatkan campuran keduanya.

Baik chip Exynos 2200 dan Snapdragon 8 Gen 1 sama-sama dibangun pada proses 4nm. Bedanya, Exynos memiliki GPU yang sedikit lebih kuat, sedangkan CPU chip Qualcomm sedikit lebih cepat.

Terlepas soal masalah chipset, informasi menyebutkan bahwa Galaxy S23 akan menggunakan kamera dengan resolusi 10 MP, sama seperti kamera tipe telefoto yang disematkan di Galaxy S22 dan S22+.

Pada waktu bersamaan, Samsung akan pula merilis Galaxy S23 Ultra dengan spesifikasi kamera lebih gahar. Sensornya kemungkinan sebesar 200MP.

BACA JUGA:

Hasil jepretan kamera HP terbaru Samsung itu kalau dicetak bisa sebesar 1,5 kali lapangan basket. Artinya, hasil jepretannya benar-benar berkualitas.

Kamera S23 Ultra menggunakan sensor 200MP ISOCELL HP1 dengan piksel 0,64-mikron. Ukuran piksel lebih kecil membuat lebih sedikit cahaya ditangkap. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0