Galaxy S22 Mudah Diretas, Hacker Hanya Butuh 55 Detik untuk Bobol

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy S22 mudah diretas. Para hacker menemukan kerentanan parah di ponsel andalan Samsung itu. Para hacker hanya butuh waktu 55 detik atau kurang dari 1 menit untuk membobol Galaxy S22.

Samsung Galaxy S22 menjadi bulan-bulanan di ajang kompetisi peretasan Pwn2Own di Toronto, Kanada. Smartphone itu disebut memiliki kerentanan yang mencengangkan.

Pwn2Own adalah ajang kontes peretasan tahunan yang diadakan oleh Zero Day Initiative (ZDI) yang dihadir oleh para peneliti keamanan dan peretas dari seluruh dunia.

Di ajang Pwn2Own, para peneliti keamanan dan peretas memamerkan kemampuan mereka sambil mengidentifikasi kerentanan zero-day pada perangkat yang diuji.

BACA JUGA:

Di acara Pwn2Own Toronto 2022, banyak perangkat dari berbagai merek yang diuji keamanannya, seperti perangkat NAS (Network Attached Storage) dari HP, NETGEAR, Synology, Sonos, TP-Link, Canon, Lexmark, dan Western Digital

Namun dari sekian banyak perangkat yang diuji tersebut, Galaxy S22 yang paling banyak menyita perhatian para peretas. Smartphone high-end buatan Samsung itu dikatakan memiliki kerentanan yang paling mencengangkan.

Galaxy S22 Mudah Diretas

Galaxy S22 mudah diretas

Pada hari pertama Pwn2Own Toronto, tim STAR Labs dan tim Chim mendemonstrasikan aksi mereka dengan menunjukan dua lubang kerentanan yang signifikan di Galaxy S22 dan berhasil membobolnya dengan mudah.

Pada hari kedua acara, giliran grup bernama Pentest Limited berhasil meretas ponsel pintar tersebut sekali lagi. Bahkan di hari ketiga, para peretas hanya membutuhkan waktu 55 detik untuk membobol S22, dan ini jadi keempat kalinya smartphone kebanggan Samsung itu diretas dengan mudah sejak kompetisi dimulai.

Melihat hal itu, para pakar keamanan mengatakan Galaxy S22 memiliki cacat zero-day yang dapat digunakan oleh para peretas untuk membobol perangkat hanya dalam waktu kurang dari satu menit.

“Validasi input yang tidak tepat,” demikian menurut pakar keamanan di Pentest Limited, menjelaskan masalah kerentanan yang menyebabkan Galaxy S22 sangat mudah diretas.

Dengan keberhasil meretas S22, para pakar keamanan dan peretas mendapatkan lima poin atas penemuan mereka, yang juga memberi mereka penghargaan senilai $25.000.

Dan perlu diketahui, smartphone yang berhasil diretas dalam empat kali pengujian dalam kontes tersebut menggunakan sistem operasi Android terbaru yang semuanya sudah mendapatkan update versi terbaru, sesuai dengan peraturan kontes.

BACA JUGA:

Well, semua peretas yang ikut di acara ini memang memiliki keterampilan peretasan yang canggih. Namun yang harus menjadi perhatian kita, peretasan dalam waktu kurang dari satu menit menunjukkan bahwa ponsel pintar Samsung tersebut tidak benar-benar aman.

Oleh karena itu, kami hanya ingin menyarakan kepada Anda yang menggunakan Galaxy S22 untuk selalu memperbarui keamanan pada perangkat Anda. Mungkin juga hal serupa juga bisa terjadi untuk seri ponsel yang lain. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0