telset

Gak Usah Khawatir Sama Memori, Kini Ada MicroSD 1TB

Telset.id, Jakarta – MicroSD terbaru buatan Micron dan SanDisk bisa menjadi solusi bagi pengguna yang sering menyimpan banyak foto atau video di smartphone mereka. Sebab, microSD Micron dan microSD SanDisk tersebut masing-masing memiliki kapasitas penyimpanan hingga 1 terabyte (TB).

Micron dan Western Digital SanDisk baru saja merilis microSD 1TB di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 di Barcelona, Spanyol.

Menurut Ubergizmo, seperti dilansir Telset.id pada Selasa (26/02/2019), keduanya memiliki spesifikasi yang sama dalam hal kecepatan transfer data, karena mengusung teknologi UHS-I microSDXC.

SanDisk mengklaim jika microSD mereka memiliki read speed hingga 160MB/s, sedangkan Micron hanya mencapai 100MB/s. Sedangkan untuk write speed, Micron mengklaim microSD-nya mencapai kecepatan hingga 95MB/s, sedangkan untuk SanDisk hanya 90MB/s.

{Baca juga: Kecepatan Baca Sandisk 400GB Tembus 160MB per Detik}

Soal harga, SanDisk akan melepas microSD 1TB tersebut seharga USD 449 atau Rp 6,3 juta dan akan dijual secara resmi ke pasaran pada April mendatang. Mereka juga akan menjual microSD 512GB di harga USD 199 atau Rp 2,7 jutaan.

Berbeda dengan SanDisk, Macron masih enggan menyebut kapan MicroSD mereka akan dijual. Mereka hanya memberikan sinyal bahwa microSD 1TB tersebut akan keluar pada paruh kedua tahun ini.

Sebelumnya, Samsung baru saja meluncurkan varian Galaxy S10 + dengan penyimpanan internal 1TB hanya beberapa bulan setelah meluncurkan Galaxy Note 9. Hal ini membuktikan, smartphone dengan memori internal yang besar akan menjadi tren karena kebutuhan pengguna yang semakin banyak dalam menyimpan foto atau video.

{Baca juga: Samsung Mulai Produksi Penyimpanan Internal 1 TB}

Selain itu, Samsung juga mengumumkan bahwa mereka mulai memproduksi penyimpanan internal atau Universal Flash Storage (eUFS) sebesar 1TB untuk smartphone generasi mendatang.

Dilansir Telset.id dari CNET pada Rabu (30/01/2019), inovasi ini diklaim oleh Samsung sebagai yang pertama di industri smartphone. Selain itu, dengan penyimpanan 1TB pengguna dapat menyimpan 260 video berdurasi 10 menit dengan resolusi 4K.

Hal ini sangat jauh dibandingkan penyimpanan internal sebesar 64GB yang hanya dapat menyimpan 13 video berdurasi 10 menit dengan resolusi 4K. Samsung juga menjanjikan transfer data yang lebih cepat hingga 10 kali lipat kecepatan kartu microSD yang sudah ada selama ini. (NM/FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0