Gizmo

Catat! 6 Gadget yang Wajib Dibawa Saat Mudik Lebaran

Ida Farida
Share

Telset.id – Tak terasa, sebentar lagi Lebaran akan segera tiba. Seperti biasa, masyarakat muslim di Indonesia akan menjalankan “ritual tahunan” mudik ke kampung halaman untuk bisa merayakan Lebaran bersama keluarga. Biar perjalanan kamu nyaman, kami rekomendasikan untuk membawa gadget yang wajib dibawa saat mudik lebaran.

Bagi sebagian besar masyarakat, mudik Lebaran adalah perjuangan berat. Seperti tahun-tahun sebelumnya, para pemudik harus berjibaku dalam berbagai keruwetan.

Mulai dari berburu tiket, berjubel naik bus atau kereta, kelelahan karena harus menempuh perjalanan jauh hingga puluhan jam dengan menggunakan kendaraan pribadi.

Karena menjadi ritual wajib, maka suka atau tidak suka, persiapan matang harus dilakukan sebelum mudik. Karena bagi yang kampung halamannya berjarak ratusan kilometer, perjalanan akan terasa cukup lama dan mungkin membosankan.

Biar gak mati gaya selama di perjalanan, kamu harus mempersiapkan beberapa gadget buat mudik yang wajib dibawa. Nah, kami merekomendasikan beberapa gadget yang wajib kamu siapkan saat mudik lebaran. Apa saja? Yuk, simak ulasannya.

1. Smartphone

Smartphone kini menjadi perangkat yang sulit dipisahkan dari kehidupan manusia. Begitupun saat mudik, smartphone sangat penting untuk kamu persiapkan.

Tak hanya menjadi perangkat komunikasi, HP modern kini juga bisa multi-fungsi, alias bisa digunakan untuk banyak hal. Seperti untuk browsing Internet, penunjuk peta jalan atau maps, hingga untuk bermain game.

Karena mudik akan menempuh perjalanan jauh, tentunya kamu juga harus menyiapkan smartphone yang memiliki kemampuan mumpuni, baik dari sisi fitur yang lengkap, dan juga daya tahan baterai yang tangguh.

2. Powerbank

Kini banyak HP dengan baterai 6000 mAh yang mampu bertahan hingga belasan jam, bahkan untuk beragam aktivitas berat. Namun jika jarak rumah kamu ke kampung halaman adalah ratusan kilometer, maka sudah pasti kamu butuh power bank yang praktis digunakan saat dalam perjalanan.

Ada banyak powerbank terbaik dan murah yang bisa Anda beli. Selain kapasitasnya yang semakin besar, kini kemampuan powerbank pun sudah semakin mumpuni, dengan beragam fitur canggih.

Seperti misalnya fitur fast charging yang memungkinkan pengguna mengisi daya dengan cepat tetapi juga aman karena baterai dan smartphone terlindungi dari over charge, atau arus pendek listrik. Desainnya pun semakin kompak alias kecil, sehingga memudahkan kamu untuk membawanya saat mudik.

3. Earphone TWS

Tidak ada yang lebih menyenangkan dari mendengarkan musik sambil duduk santai di dalam kereta atau mobil yang berjalan menyusuri jalan saat mudik. Apalagi jika musik itu hanya untuk diri sendiri.

Nah, earphone TWS menjadi pilihan wajib yang harus kamu siapkan saat mudik. Buat kalian yang punya kantong cekak alias budget minim, kini sudah banyak kok earphone TWS murah berkualitas yang bisa kamu dapatkan. Tapi buat kamu yang berkantong tebal, bisa beli earphone TWS sekelas AidPods yang lebih canggih dan berkualitas suaranya.

Berbekal earphone TWS, kamu akan bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman, karena perangkat ini akan menjadi teman yang menyenangkan sambil mendengarkan musik favoritmu.

4. Modem WiFi

Selama di perjalanan mudik, kamu tentu ingin terus bisa terhubung dengan internet. Baik itu untuk sekedar chatting untuk mengabarkan situasi perjalanan pada orang tua di rumah, streaming musik, main game, hingga nonton streaming film.

Kebayang, betapa ini akan menguras baterai smartphone pada akhirnya. Belum lagi jika saudara atau teman ikutan tethering. Nah, sementara tethering melalui smartphone hanya bisa dilakukan untuk beberapa orang saja.

Oleh sebab itu, kami sarankan Anda untuk membawa modem WiFi saat mudik, karena bisa mengatasi masalah ketersediaan jaringan internet. Jangankan cuma 5 orang, 10 orang pun sangat dimungkinkan jika kamu menggunakan modem WiFi.

Modem besutan Huawei ini punya kecepatan download hingga 150 Mbps, dan kemampuan upload hingga 50 Mbps, sehingga memungkinkan pengguna tetap merasa nyaman saat mengakses internet. Jika belum punya, kamu bisa membeli salah satu modem WiFi 4G terbaik yang kami rekomendasikan ini.

5. Car Charger

Stop kontak adalah salah satu barang langka lainnya yang adakalanya sangat sulit ditemukan saat berada dalam perjalanan mudik. Mau tak mau, mengisi smartphone di mobil pun menjadi opsi, buat kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi.

Tapi kebayang jika satu HP butuh beberapa jam untuk bisa mengisinya penuh, padahal mungkin kamu bepergian dengan beberapa orang, seperti ayah, ibu, kakek, nenek, om, tante dan para sepupu.

Waktu yang lama untuk nge-charge tentu tidak ideal. Kecuali ada car charger yang bisa mengakomodasi beberapa smartphone sekaligus. Beberapa kelebihan Car Charger karena dibekali 2 Port USB Type A yang lebih dari mampu untuk mendukung pengisian maksimal karena mampu mengisi baterai lebih cepat dibandingkan charger biasa.

6. Travel Neck Pillow

Tidur di dalam mobil atau kereta saat mudik adalah hal yang tak terhindarkan, apalagi jika kampung halaman yang dituju berjarak ratusan kilometer. Alhasil, resiko leher pegal lantaran salah posisi tidur pun menjadi kian terbuka.

Foto: GridOto

Untuk menghindarinya, kita mungkin membutuhkan Travel Neck Pillow. Bukan saja cocok digunakan saat bersantai, bantal leher ini juga bisa menjadi teman perjalanan yang bisa diandalkan buat kamu yang mudik dengan kendaraan pribadi ataupun kereta.

Dilengkapi dengan kancing pada bagian depan, ini juga akan memudahkan saat kamu bersantai, karena posisi bantal tidak akan berpindah tempat. Sementara bahan Poliester yang sangat lembut akan menciptakan kenyamanan tersendiri saat kamu menggunakan Travel Neck Pillow sebagai penyangga leher kamu.

Nah, itu tadi 6 gadget yang kamu butuhkan saat akan melakukan “petualangan” mudik ke kampung halaman. Semoga tulisan ini bermanfaat, dan perjalanan mudik kalian semakin nyaman sampai di tujuan. [HBS]

Leave a Comment