Paten Baru Apple Perlihatkan Teknologi Force Touch untuk MacBook

Telset.id, Jakarta – Apple selalu menghadirkan inovasi setiap meluncurkan produk terbarunya. Salah satu inovasi yang disiapkan oleh Apple untuk perangkat MacBook bocor ke dunia maya. Inovasi tersebut adalah menanamkan fitur Force Touch ke MacBook.

Bocoran mengenai inovasi baru dari perusahaan asal Cupertino ini bocor dari sebuah paten baru yang diterbitkan oleh US Patent & Trademark Office. Paten tersebut mengungkapkan bagian Touch Bar di MacBook yang menampilkan teknologi Force Touch.

Beberapa dari Anda mungkin kurang familiar dengan fitur tersebut. Berikut penjelasan mengenai paten baru Apple untuk MacBook baru.

Sensor Force Touch

Force Touch MacBook
Sensor Force Touch (Foto: 9to5mac)

Sensor Force Touch pertama kali digunakan oleh Apple Watch generasi pertama. Teknologi ini memungkinkan layar untuk mendeteksi adanya sentuhan dan melakukan berbagai tindakan berdasarkan intensitas sentuhan.

Teknologi ini kemudian diperkenalkan pada trackpad MacBook pada tahun 2015, sehingga dapat bekerja layaknya trackpad biasa meski tanpa tombol mekanis.

{Baca Juga: Pakai Apple M1, Baterai MacBook Pro Bisa Tahan Seharian}

iPhone 6s mendapat 3D Touch di tahun yang sama, yang pada dasarnya merupakan teknologi yang sama, tetapi sayangnya teknologi ini tidak digunakan di iPhone 12 series.

Seperti dilansir Telset.id dari 9to5Mac, paten terdaftar terbaru perusahaan tersebut menunjukkan Touch Bar baru yang bakal lebih sensitif terhadap tekanan dan sentuhan.

Paten yang diajukan pada Mei 2019 ini dengan jelas menunjukkan Touch Bar di MacBook dengan sirkuit baru yang membuat Force Touch berfungsi.

{Baca juga: Laptop MacBook Pro Meluncur dengan Prosesor Apple M1}

Tidak ada detail lebih lanjut tentang cara kerjanya, tetapi tidak sulit membayangkan Force Touch pada Touch Bar digunakan untuk menghindari sentuhan yang tidak disengaja. Sebelumnya ini merupakan keluhan banyak pengguna MacBook.

Saat ini satu-satunya Mac yang dibekali dengan fitur Touch Bar adalah MacBook Pro. Tidak ada tanda-tanda bahwa Apple bakal membawa teknologi ini ke model lainnya.

Raksasa teknologi tersebut memang belum lama memperkenalkan MacBook Pro generasi terbaru. Laptop Apple tersebut menggunakan prosesor baru Apple M1.

{Baca Juga: Dihantam Covid 19, Penjualan Produk Apple Justru Melejit}

Prosesor Apple M1 sendiri menawarkan banyak kelebihan, terutama pada performanya yang meningkat secara signifikan.

Ada dua pilihan memori internal pada Apple MacBook Pro terbaru, yakni 256GB dan 512GB. Kalau dirasa kurang, pengguna bebas menambahkannya hingga kapasitas 2 TB.

Pada bagian layar, laptop Apple ini menggunakan layar Retina Display berukuran 13,3 inci. Resolusinya 2560 x 1600 pixel dan memiliki fitur wide color P3 dan True Tone Technology. MacBook Pro resmi dijual dengan harga mulai dari USD 1299 atau sekitar Rp 18,3 juta. (HR/IF)

Source9to5 Mac

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -