telset

10 Fitur Terbaik di Vivo X60 Pro, Ada Virtual RAM dan Kamera Gimbal

Telset.id – Menyandang predikat sebagai smartphone flagship di Indonesia, Vivo X60 Pro menawarkan fitur terbaik yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Penasaran apa saja fiturnya?

Vivo X60 Pro diluncurkan resmi ke Indonesia dengan banderol harga Rp 9,9 jutaan. Cukup mahal memang, namun smartphone ini bukan cuma mengandalkan sektor kamera saja sebagai daya tarik utamanya.

Ragam fitur canggih nan terbaik disematkan Vivo pada HP terbarunya ini. Nah, berikut adalah beberapa fitur Vivo X60 Pro yang bisa dimanfaatkan oleh Anda sebagai pengguna. Yuk simak selengkapnya!

Fitur Terbaik Vivo X60 Pro

Sebelum masuk ke sajian utama, kami akan membahas seputar spesifikasi utama dari Vivo X60 Pro. Smartphone flagship ini tampil dengan desain menawan, premium, dan build quality jempolan.

Vivo merancangnya dengan frame berbahan dasar aluminium dan bodi yang terbuat dari bahan AG Glass yang berkualitas. Berbalut warna Midnight Black dan Shimmer Blue yang indah, smartphone ini memiliki nuansa premium yang kental.

HP terbaru Vivo ini mengusung layar berjenis AMOLED dengan lengkungan di sisi kiri dan kanannya. Ukurannya 6,5 inci dengan resolusi Full HD+ dengan dukungan refresh rate 120Hz dan HDR10+.

{Baca juga: 10 HP Vivo Terbaru April 2021, Ponsel Buat Lebaran}

Vivo X60 Pro menjadi salah satu smartphone pertama dengan prosesor Snapdragon 870G. Prosesor dengan fabrikasi 7nm itu dipadukan dengan RAM 12 GB, memori internal 256 GB, serta baterai 4.200 mAh dengan fast charging 33W.

Ke bagian kamera, ada kamera utama 48MP dengan teknologi gimbal generasi terbaru, kamera tele 13MP, dan kamera ultra wide 13MP. Sementara kamera depan atau selfie, 32MP.

Di bawah ini tabel spesifikasi lengkap dari Vivo X60 Pro:

SPESIFIKASI VIVO X60 PRO
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, Funtouch 11.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G (7nm)
CPU Octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
GPU Adreno 650
RAM 12 GB
Memori 256 GB
Dimensi 158.6 x 73.2 x 7.6 mm (6.24 x 2.88 x 0.30 in), 179 g
Layar AMOLED, 6.5 inches, Full HD+, 120Hz, HDR10+
Kamera Utama 48 MP (wide) + 13 MP (telephoto) + 13 MP (ultra wide)
Kamera Depan 32 MP (wide)
Beterai 4200 mAh, Fast charging 33W
Warna Midnight Black, Shimmer Blue
Harga Rp 9,9 jutaan

 

Berikut ini fitur-fitur canggih dari Vivo X60 Pro yang harus Anda ketahui. Check this out!

1. Layar AMOLED 120Hz

Fitur Vivo X60 Pro
Foto: Slashgear

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, Vivo X60 Pro sudah dilengkapi dengan layar AMOLED berukuran 6,5 inci dengan resolusi Full HD+.

Layar tersebut mendukung refresh rate 120Hz dan touch response rate 240Hz. Pengguna dapat memilih refresh rate layar antara 60Hz, 120Hz, dan Smart Switch.

Smart Switch sendiri memungkinkan sistem untuk mengatur secara otomatis refresh rate dari layar. Mirip seperti Adaptive Refresh Rate di Samsung Galaxy S21 Ultra, kecepatan layar bakal disesuaikan dengan aplikasi atau game yang dijalankan pengguna.

Layar Vivo X60 Pro pun sudah memiliki sertifikasi HDR10+, yang memberikan pengalaman visual terbaik saat pengguna menonton film beresolusi tinggi.

2. Sensor Sidik Jari di Layar

Fitur Vivo X60 Pro
Foto: Android Headlines

Layar AMOLED Vivo X60 Pro sudah dibekali dengan fitur sensor sidik jari di dalamnya. Bukan sekadar sensor keamanan berbasis biometrik saja, respon dari sidik jari ini juga cepat.

Dilansir dari Android Headlines, sensor sidik jari layar pada Vivo X60 Pro menjadi salah satu dengan respon yang tercepat saat ini.

{Baca juga: 10 HP Gaming Rp 5 Jutaan Terbaik, Siap Libas Semua Game!}

3. Dynamic Effects

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Smartprix

Layar Vivo X60 Pro juga telah didukung dengan fitur personalisasi layar bernama Dynamic Effects.

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan efek cahaya di lengkungan layar, animasi sidik jari, AOD atau Always on Display, dan kustomisasi layar lainnya.

4. Bodi Tipis dan Ringan

Fitur Vivo X60 Pro
Foto: Smartprix

Vivo X60 Pro menjadi salah satu smartphone flagship dengan bodi yang ramping dan ringan saat ini. Smartphone ini punya ketebalan 7,59 mm dan berat hanya 179 gram saja.

Berkat dimensinya yang tipis dan ringan, membuatnya mudah dimasukkan ke saku celana dan mudah dibawa kemana-mana.

Apalagi, panel bodi belakang yang terbuat dari bahan AG Glass punya bentuk melengkung di sisi kiri dan kanannya. Desain ini membuat ponsel juga nyaman digenggam dengan satu tangan saja.

{Baca juga: 10 HP Gaming Terbaik 2021, Spek Dewa untuk Main Game AAA}

5. Dapur Pacu Berkinerja Tinggi

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Nasi Lemak Tech

Dibandingkan seri terdahulu, Vivo X60 Pro mendapatkan peningkatan signifikan di sektor dapur pacu. Smartphone ini ditenagai Snapdragon 870 yang jauh lebih powerful daripada Snapdragon 765G pada Vivo X50 Pro.

Prosesor ini dipadukan dengan RAM LPDDR4X 12 GB, memori penyimpanan UFS 3.1 256 GB, dan baterai 4.200 mAh dengan fast charging 33W.

6. Virtual RAM

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Smartprix

Sistem operasi FunTouch 11.1 berbasis Android 11 juga memiliki fitur untuk meningkatkan kinerja Vivo X60 Pro. Salah satunya adalah Virtual RAM yang mampu menambahkan RAM 3 GB tambahan untuk meningkatkan kinerja ponsel jika diperlukan.

Virtual RAM memanfaatkan 3G ruang tidak terpakai di memori penyimpanan untuk menambah RAM ponsel yang sebenarnya. Berkat fitur ini, pengguna dapat menyimpan banyak aplikasi yang dapat berjalan di latar belakang sampai 25 aplikasi.

{Baca juga: 12 HP Samsung dengan Kamera Terbaik, Rekomendasi Terbaru 2021}

7. Konfigurasi Kamera Lengkap

Fitur Vivo X60 Pro
Foto: Slashgear

Vivo X60 Pro memiliki tiga kamera belakang dan satu kamera depan. Konfigurasi kameranya tergolong lengkap, ada kamera utama dengan sensor 48MP Sony IMX598, kamera ultra wide 13MP dengan jangkauan 120 derajat, kamera tele 13MP, dan kamera selfie 32MP.

Di sini memang ada beberapa plus dan minus. Kamera ultra wide X60 Pro lebih baik, tapi tidak ada lagi kamera telephoto dengan skema periskop.

Kamera utama smartphone ini juga turut diracik oleh perusahaan optik Zeiss. Perusahaan tersebut memberikan tinjauan terhadap pengujian perangkat keras optik dan memverifikasi standar kualitas proses citra kamera.

8. Kamera Gimbal

Fitur Vivo X60 Pro

Kamera utama 48MP Vivo X60 Pro sudah didukung oleh fitur Gimbal Stabilization 2.0. Teknologi ini ditingkatkan kemampuannya dibandingkan generasi terdahulu.

Vivo menambahkan fitur stabilisasi video 5 sumbu sampai Pixel Shift Ultra HD Imaging untuk menghasilkan satu gambar dengan detail terbaik.

Gimbal Stabilization 2.0 sendiri sangat bermanfaat untuk menjaga kestabilan gambar saat merekam video atau fotografi dengan cahaya rendah.

{Baca juga: 10 HP Gaming 2 Jutaan Terbaik Maret 2021, Mabar PUBG & ML Lancar!}

9. Rekam Video Beresolusi Tinggi

Fitur Vivo X60 Pro

Kamera Vivo X60 Pro mampu menangkap gambar hingga resolusi 4K @60 FPS. Namun, jika mengaktifkan fitur Gimbal Stabilization 2.0. perekaman video menjadi 30 FPS di semua kualitas.

Pengguna dapat menggunakan fitur Ultra Stable, tapi video yang direkam kamera Vivo X60 Pro hanya maksimal Full HD @60 FPS saja. Itupun videonya merupakan hasil cropping dari 4K @60 FPS.

Sedangkan untuk video selfie, pengguna dapat merekam video dengan kualitas maksimal Full HD. Kualitas tersebut dinilai cukup untuk para pengguna yang gemar membuat video vlog.

10. Fitur Kamera Berlimpah

Fitur Vivo X60 Pro

Selain kemampuan kameranya yang bagus, fitur kamera dari smartphone ini juga cukup beragam. Kamera Vivo X60 Pro dilengkapi dengan fitur fast autofocus, Live Photo, Astro, Pro Sports, hingga Long Exposure.

Dikutip dari India Today, pengguna dapat memotret atau merekam gambar dengan kualitas yang baik di berbagai kondisi pengambilan gambar.

Itu tadi 10 fitur terbaik di Vivo X60 Pro yang baru saja meluncur resmi di Indonesia. Well, fitur mana yang Anda suka? (MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0