Dijual Rp 9,9 Jutaan, Ini Kelebihan dan Kekurangan dari Vivo X60 Pro

Telset.id – Anda ingin membeli smartphone flagship terbaru? Vivo X60 Pro mungkin bisa menjadi salah satu pilihannya. Namun sebelum membelinya, Anda wajib mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari HP terbaru Vivo X60 Pro yang dijual dengan harga Rp 9,9 jutaan ini.

Vivo X60 Pro merupakan versi tertinggi dari dua seri flagship yang diperkenalkan Vivo ke hadapan publik Indonesia. Smartphone ini mengandalkan fitur kamera sebagai daya tarik utamanya.

Berbekal kerja sama strategis dengan perusahaan optik Zeiss, HP terbaru Vivo ini diklaim mampu menawarkan kemampuan fotografi yang mumpuni di segala kondisi.

Selain sektor kamera, Vivo X60 Pro tentu saja memiliki kelebihan lainnya. Meski menyandang status sebagai “smartphone flagship“, tapi ponsel pintar ini juga pastinya memiliki kekurangan yang harus Anda ketahui.

{Baca juga: 10 HP Vivo Terbaru April 2021, Ponsel Buat Lebaran}

Nah, dalam kesempatan kali ini, tim Telset akan membahas seputar kelebihan dan kekurangan yang wajib Anda ketahui sebelum membeli Vivo X60 Pro. Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda, sob!

Kelebihan Vivo X60 Pro

Vivo X60 Pro dibekali dengan berbagai kelebihan di hampir semua aspek smartphone. Mulai dari desain, layar, dapur pacu, baterai, sampai kamera (tentu saja). Di bawah ini adalah daftar kelebihan yang tersimpan pada Vivo X60 Pro:

1. Desain dan Build Quality Premium

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: GSMArena

Sebagai smartphone flagship, Vivo merancang X60 Pro dengan konsep desain yang sama dengan seri X50 Pro. Sudah pasti, smartphone ini tampil dengan desain premium dan build quality terbaik.

Perpaduan frame aluminium dengan bodi belakang berjenis AG Glass, membuat smartphone ini terlihat kokoh sekaligus elegan. Apalagi, panel kaca belakang dengan warna fantastis ini sedikit melengkung dan menyatu dengan frame bodi.

Hanya saja, desain modul kameranya terasa familiar dengan ponsel kelas menengah yang beredar di Indonesia sekarang.

Vivo X60 Pro juga menjadi salah satu ponsel flagship dengan bodi yang ramping dan ringan. Tebalnya hanya 7,59 mm dengan berat mencapai 179 gram saja.

{Baca juga: 10 HP Gaming Rp 5 Jutaan Terbaik, Siap Libas Semua Game!}

2. Layar AMOLED dengan 120Hz

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Smartprix

Bukan cuma bodi belakangnya saja yang melengkung, layar Vivo X60 Pro juga punya lengkungan di sisi kiri dan kanannya. Lengkungan ini membuat bezel yang mengitari layar terlihat sangat tipis.

Layarnya sendiri berjenis AMOLED berukuran 6,5 inci, dan punya lubang kamera di bagian tengah atasnya. Layar tersebut punya resolusi Full HD+, menawarkan refresh rate sampai 120Hz, mendukung sensor sidik jari yang cepat, dan sudah dilindungi oleh Corning Gorilla Glass 6.

Tak cukup, panel layar X60 Pro juga sangat nyaman untuk digunakan di lingkungan outdoor dengan cahaya matahari yang terik. Pasalnya, layar AMOLED tersebut mampu mencapai intensitas cahaya hingga 800 nits.

Layar Vivo X60 Pro pun sudah memiliki sertifikasi HDR10+, yang memberikan pengalaman visual terbaik saat pengguna menonton film beresolusi tinggi.

3. Prosesor Snapdragon 870

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Slashgear

Kelebihan lainnya dari Vivo X60 Pro adalah dapur pacunya yang bertenaga. Smartphone ini ditopang oleh Snapdragon 870.

Snapdragon 870 sendiri merupakan SoC yang sebenarnya memiliki performa yang yang lebih baik dari Snapdragon 865+

Memang tidak sekuat Snapdragon 888, namun prosesor ini mampu menangani berbagai tugas ataupun menjalankan aplikasi dan game AAA dengan grafis terberat di Android sekalipun.

{Baca juga: 10 HP Gaming Terbaik 2021, Spek Dewa untuk Main Game AAA}

4. RAM 12 GB dan Memori Internal 256 GB

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Smartprix

VPonsel pintar flagship tersebut sudah dibekali dengan RAM 12 GB berjenis LPDDR4X. Memang belum secepat dan secanggih ponsel flagship lainnya yang sudah menggunakan RAM LPDDR5 berkapasitas besar.

Tapi, ada sejumlah fitur yang mampu meningkatkan kinerja dari smartphone ini. Misalnya saja, fitur Virtual RAM yang mendistribusikan 3 GB memori penyimpanan sebagai RAM tambahan.

Fitur ini memungkinkan lebih banyak aplikasi terbuka di latar belakang, agar cepat terbuka kembali ketika diakses oleh pengguna.

Meski RAM-nya masih LPDDR4X, namun memori internal smartphone ini sudah berjenis UFS 3.1 yang cepat dengan kapasitas 256 GB.

5. Kamera Gimbal Mengesankan

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Slashgear

Kamera memang menjadi kelebihan utama dari Vivo X60 Pro. Smartphone ini mengandalkan kamera utama dengan sensor 48MP Sony IMX598.

Kamera ini telah disematkan teknologi kamera gimbal generasi terbaru. Kamera gimbal ini bukan cuma gimmick saja, karena bermanfaat untuk menjaga kestabilan gambar saat merekam video atau fotografi dengan cahaya rendah.

Selain itu, Vivo juga bermitra dengan perusahaan optik Zeiss yang turut merancang lensa dari seri X60. Berkat kerja sama itu, Vivo mengklaim bahwa kamera X60 Pro memiliki kemampuan mumpuni untuk membidik objek dengan hasil yang detail dan bagus.

Kamera utma ini dipadukan dengan kamera 13MP telephoto dengan 2x optical-zoom dan kamera ultra wide 13MP yang punya jangkauan sampai 120 derajat.

{Baca juga: 12 HP Samsung dengan Kamera Terbaik, Rekomendasi Terbaru 2021}

Kekurangan Vivo X60 Pro

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, HP terbaru Vivo ini juga memiliki kekurangan meski menyandang status sebagai ponsel flagship. Berikut ini beberapa kekurangan dari Vivo X60 Pro:

1. Tidak ada Sertifikasi IP

Vivo X60 Series 5G

Harpa berhati-hati membawa smartphone ini ke lingkungan yang basah, karena Vivo X60 Pro tidak mengantongi sertifikat IP rating.

Padahal, smartphone flagship di kelasnya sudah memiliki sertifikat IP67 ataupun IP68 yang membuat ponsel tersebut tahan debu dan air di kedalaman maksimal 1 meter (IP67) atau 1,5 meter (IP68) selama 30 menit.

2. Baterai Biasa Saja

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Smartprix

Smartphone ini memang ditopang oleh baterai yang cukup besar, tepatnya 4.200 mAh. Akan tetapi, baterai ini hanya mendukung fast charging 33W yang “terasa lebih pelan” dibandingkan smartphone flagship lain yang sudah mengusung teknologi fast charging 40W ke atas.

Selain itu, kekurangan lain dari Vivo X60 Pro adalah ketiadaan fitur wireless charging dan reverse charging (kabel maupun wireless).

{Baca juga: 10 HP Baterai Besar 6000 mAh Terbaik April 2021, Awet Dibawa Mudik}

3. Speaker Belum Stereo

Kelebihan Kekurangan Vivo X60 Pro
Foto: Nasi Lemak Tech

Untuk harga Rp 9,9 jutaan, tidak adanya speaker stereo pada Vivo X60 Pro pun menjadi sebuah kekurangan. Jika saja sudah memiliki speaker stereo, maka kombinasi antara visual, kinerja, dan audio, memaksimalkan pengalaman pengguna ketika bermain game, menonton film, dan kebutuhan hiburan lainnya.

SPESIFIKASI VIVO X60 PRO
Network 2G, 3G, 4G, 5G
OS Android 11, Funtouch 11.1
Chipset Qualcomm Snapdragon 870 5G (7nm)
CPU Octa-core (1×3.2 GHz Kryo 585 & 3×2.42 GHz Kryo 585 & 4×1.80 GHz Kryo 585)
GPU Adreno 650
RAM 12 GB
Memori 256 GB
Dimensi 158.6 x 73.2 x 7.6 mm (6.24 x 2.88 x 0.30 in), 179 g
Layar AMOLED, 6.5 inches, Full HD+, 120Hz, HDR10+
Kamera Utama 48 MP (wide) + 13 MP (telephoto) + 13 MP (ultra wide)
Kamera Depan 32 MP (wide)
Beterai 4200 mAh, Fast charging 33W
Warna Midnight Black, Shimmer Blue
Harga Rp 9,9 jutaan

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -

Latest Articles

- Advertisement -