Gizmo

6 Fitur Samsung Galaxy Z Fold3 Ini Bikin Kerja Lebih Produktif

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id – Kalau berbicara soal HP untuk menunjang produktivitas / productivity, tak cuma berurusan dengan multi-tasking ataupun membuka dua aplikasi bersamaan saja. Samsung Galaxy Z Fold3 menawarkan fitur produktivitas lengkap yang didukung oleh spesifikasi prosesor yang kencang, RAM besar, baterai jumbo, dan layar super luas dengan kualitas terbaik.

Kemampuan perangkat untuk membuat pengguna bisa bekerja secara mobile memang penting untuk dipertimbangkan. Samsung Galaxy Z Fold3 pun menjadi satu HP terbaik untuk mendukung produktivitas penggunanya.

HP lipat terbaru Samsung ini telah dirancang berkali-kali lipat lebih baik daripada seri sebelumnya. Samsung telah membuat Galaxy Z Fold3 dengan estetika desain yang premium dan eksklusif, daya tahan terbaik, spesifikasi kelas atas yang kencang, serta fitur untuk menunjang produktivitas.

Galaxy Z Fold3 mengusung dua layar yang bisa dimanfaatkan untuk membantu kegiatan positif pengguna. Di bagian luar, terdapat layar Dynamic AMOLED 2X dengan ukuran 6,2 inci.

Layar ini dapat menampilkan konten dengan resolusi tinggi 2.260 x 832 piksel. Transisi tiap menu maupun aplikasi juga bakal lebih smooth berkat dukungan refresh rate 120Hz.

Di bagian dalam, terdapat layar fleksibel super luas berjenis Foldable Dynamic AMOLED 2X berukuran 7,6 inci dengan resolusi yang lebih tinggi 1.768 x 2.208 piksel.

{Baca juga: HP Samsung Terbaru 2021}

Berbagai konten ditayangkan secara luar biasa berkat dukungan refresh rate 120Hz, HDR10+, dan intensitas cahaya layar 1.200 nits. Belum lagi, layar bagian dalam ini juga tampil fullscreen dengan bezel super tipis.

Berterima kasihlah kepada teknologi UDC atau under display camera yang telah dikembangkan Samsung sejak lama. Walau komponen kamera berada di dalam layar, konten yang ditunjukkan tetap beresolusi tinggi dan tidak mengganggu pencitraan gambar saat kamera selfie berfungsi.

Jangan khawatir soal daya tahan Samsung Galaxy Z Fold3, karena layar bagian dalam dan luarnya sudah dilapisi dengan Gorilla Glass Victus.

Anda sebagai pengguna bisa bekerja secara mobile di manapun dan kapanpun dengan tenang, karena Gorilla Glass Victus jauh lebih kuat dibandingkan Gorilla Glass 6 yang biasa terdapat pada HP flagship terbaru lainnya.

Baca Juga: Kamera Samsung Galaxy Z Fold 3

Samsung Galaxy Z Fold3 Untuk Produktivitas

Seperti yang sudah kami katakan di awal, HP untuk produktivitas bukan cuma multi-tasking atau kebolehannya membuka dua aplikasi secara bersamaan saja.

Samsung pun mengetahui hal tersebut, sehingga pabrikan asal Korea Selatan ini menghadirkan segudang fitur pada sistem operasi One UI 3.1.1 berbasis Android 11 terbaru di Samsung Galaxy Z Fold3.

Fitur-fitur ini ditopang oleh spesifikasi prosesor, RAM, memori, dan baterai Samsung Galaxy Z Fold3 yang masuk kategori top-tier. HP terbaru Samsung ini sudah dibekali dengan prosesor kelas atas Snapdragon 888 dari Qualcomm.

Prosesor Snapdragon 888 di Samsung Galaxy Z Fold3 memiliki clock-speed hingga 2,84 GHz yang dipadukan juga dengan kartu grafis Adreno 660.

Tak cuma prosesor yang super kencang, Samsung Galaxy Z Fold3 pun dibekali oleh RAM 12 GB berjenis LPDDR5 yang ngebut dan memori penyimpanan 256 GB berjenis UFS 3.1 dengan write dan read speed yang cepat.

{Baca juga: Spesifikasi Lengkap Samsung Galaxy Z Fold3 5G}

Agar ponsel bisa bertahan lama saat dipakai bekerja, Samsung menyematkan baterai berkapasitas cukup jumbo pada Galaxy Z Fold3. HP Lipat terbaru Samsung ini ditopang baterai 4.400 mAh, dan Samsung Galaxy Z Fold3 juga didukung oleh pengisian cepat dengan output 25W.

Berdasarkan review Samsung Galaxy Z Fold3 yang telah kami lakukan sebelumnya, smartphone ini bisa bertahan lebih dari 7 jam untuk pemakaian non-stop. Sungguh daya tahan yang lumayan impresif dari sebuah perangkat berspesifikasi tinggi dan punya dua layar berkualitas jempolan.

1. Drag & Split

Ambil contoh fitur Drag & Split. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk membuka dua tab browser secara berdampingan.

Tak perlu lagi membuka tab baru dan bolak-balik terus menerus antar jendela browser. Cukup seret tautan yang ingin dilihat ke tepian layar, dan otomatis dua jendela browser akan bisa diperiksa secara bersamaan.

Fitur Drag & Split juga tak cuma berfungsi pada aplikasi Samsung Internet saja lho. Aplikasi lainnya, seperti Samsung Notes, My Files, Messages, Microsoft Office, OneNote, OneDrive, dan lainnya juga didukung oleh fitur ini.

2. Multi-Active Window

Soal multi-tasking, Samsung Galaxy Z Fold3 tak hanya sanggup membuka dua aplikasi secara bersamaan secara split-screen dalam mode horizontal atau vertikal saja, tapi tiga aplikasi secara berbarengan!

Melalui fitur Multi-Active Window, pengguna dimungkinkan untuk membuka sampai tiga aplikasi bersamaan. Untuk memanfaatkan fitur ini, aktifkan fitur Edge Panels di bagian layar dan Labs yang dapat ditemukan pada bagian Advanced Features agar semua aplikasi bisa dijalankan dalam mode Multi-Active Window.

Seterusnya, buka saja Edge Panels dan drag sampai tiga aplikasi ke area layar. Tiga aplikasi pun akan tampil bersamaan secara simultan.

Anda dibebaskan mengatur tata letak aplikasi yang ditampilkan, termasuk juga menyesuaikan tinggi dan lebar tiap jendela aplikasi.

Caranya, dengan klik tombol di bagian tengah, pengguna dapat mengubah orientasi tampilan split screen, menukar posisi aplikasi, sampai menyimpan konfigurasi aplikasi yang dibuka dalam mode multi-tasking.

Di tiap aplikasi yang ditampilkan pada mode ini, terdapat pula pengaturan untuk mengubah tampilannya menjadi mode floating atau pop-upfullscreen, hingga menutup aplikasi tersebut.

3. Flex Mode

Anda mengira fitur Multi-Active Window sudah terlampau canggih? Ada fitur Flex Mode yang jadi tools produktivitas terbaik yang ada di Samsung Galaxy Z Fold3.

Dengan fitur ini, Samsung Z Fold3 bisa berubah bak laptop mini nan canggih yang bisa mendukung kerja mobile di manapun dan kapanpun.

Flex Mode dapat mengubah layar bagian bawah menjadi area keyboard virtual sementara layar bagian atasnya menjadi area bekerja. Dari pengalaman kami melakukan review Samsung Galaxy Z Fold3, fitur Flex Mode membuat perangkat ini sangat enak dipakai untuk kerja di mana saja.

Tak hanya berfungsi maksimal untuk mengetik dokumen saja, Flex Mode pun bisa digunakan untuk berbagai hal, seperti memotret, melihat video, sampai menonton film.

Untuk kamera, Flex Mode otomatis mengubah area di bagian bawah sebagai panel untuk mengambil dan melihat hasil gambar. Di bagian galeri untuk menonton video, Flex Mode menjadikan area bagian bawah semacam trackpad yang sama halnya ketika kami menonton film di aplikasi Video Player.

4. Samsung DeX

Berbicara soal multi-tasking di perangkat Samsung, sudah pasti ada fitur Samsung DeX. Samsung Galaxy Z Fold3 juga disematkan fitur Samsung DeX, yang membuatnya bisa dihubungken ke monitor, TV, sampai PC/laptop dengan menggunakan kabel atau secara wireless.

Sesuai namanya Desktop Experience, fungsi Samsung DeX memberikan pengalaman menggunakan perangkat desktop kepada pengguna. Fitur ini juga membantu para penggunanya untuk menjalani pekerjaan sehari-hari.

Dengan fitur ini, multi-tasking antarperangkat menjadi lebih mudah. Saat menggunakannya, Anda dapat melihat berbagai hal lebih detail seperti video dan dokumen di layar yang lebih besar sambil tetap menggunakan Galaxy Z Fold3 sebagaimana mestinya.

Membawa pengalaman layaknya PC/laptop, Anda dapat menonton film di monitor sambil memeriksa pesan teks, atau terima panggilan saat meninjau dokumen tanpa memecahkan fokus. Dengan fitur ini, Anda memiliki dua layar untuk melakukan aktivitas dua kali lebih banyak.

5. S Pen

Samsung Galaxy Z Fold3 menjadi ponsel lipat pertama yang mendukung S Pen. Ada dua jenis S Pen yang dipersiapkan oleh Samsung, yakni S Pen Fold Edition dan S Pen Pro.

S Pen Fold Edition dapat digunakan secara eksklusif di Samsung Galaxy Z Fold3. Sedangkan model Pro, mirip seperti S Pen pada umumnya tapi sudah dilengkapi fitur keamanan yang membuatnya tak akan “melukai” layar utama ponsel.

{Baca juga:Samsung Galaxy Z Fold 3 Gaming Review}

Pengguna dapat memanfaatkan pulpen pintar ini untuk menavigasi ponsel, menggambar, sampai membuat catatan tangan dengan mudah, sehingga lebih meningkatkan produktivitas mereka.

S Pen dapat dikombinasikan dengan fitur Flex Mode. Keduanya memungkinkan Anda sebagai pengguna untuk membuat catatan di panel layar bawah sembari menonton video presentasi pekerjaan atau video perkuliahan.

Jika Anda terpaksa harus mengetik karakter yang sulit di keyboard, seperti bahasa China dan Jepang, tinggal tulis saja menggunakan S pen. Otomatis, tulisan tersebut akan diubah menjadi teks yang diketik. Canggih kan?

6. Fitur Lainnya

Tak cuma tiga fitur tadi saja, ada beberapa fitur berguna lainnya di Samsung Galaxy Z Fold3 untuk menunjang produktivitas sehari-hari. Sebut saja, Continuous Apps yang memungkinkan aplikasi ditampilkan secara berkelanjutan antara layar di luar dan layar utama.

Lalu, App Split View yang bakal menampilkan isi pesan dari aplikasi yang mendukung ke bagian kanan layar. Fitur ini juga bisa berfungsi dengan baik di aplikasi pihak ketiga, seperti e-commerce, chatting, dan lainnya, dengan mengaktifkan fitur Labs.

Harga dan Ketersediaan Galaxy Z Fold3

Samsung Z Fold3 telah dijual resmi di Indonesia. Anda bisa mendapatkannya melalui jaringan online ataupun offline di toko retail Samsung terdekat di kota masing-masing.

Smartphone lipat ini tersedia dalam dua varian dengan memori internal yang menjadi pembeda. Harga Samsung Galaxy Z Fold3 dengan spesifikasi RAM 12 GB dan internal 128 GB dijual di Indonesia dengan harga Rp 24.999.000.

Baca juga: Mewahnya Samsung Galaxy Z Fold3 & Galaxy Z Flip3

Sementara untuk harga HP lipat Samsung Galaxy Z Fold3 versi RAM 12 GB dan memori penyimpanan 512 GB resmi dibanderol dengan harga Rp 26.999.000.

HP terbaru Samsung ini tersedia dengan tiga pilihan warna, yaitu Phantom Black, Phantom Green, dan Phantom Silver. (MF/HBS)

Simak Video “Kembalinya Tren Ponsel Lipat”, Ekslusif di Podcast Telset TV:

Leave a Comment