telset

Fitur Baru Smartwatch Fitbit Bisa Deteksi Dengkuran Pengguna

Telset.id, Jakarta – Fitbit mengumumkan akan menambahkan fitur baru pada jajaran smartwatch terbaru mereka. Fitur ini memberikan kemampuan baru untuk smartwatch agar dapat mendeteksi dengkuran pengguna.

Menurut Fitbit, fitur ini bisa sangat berguna bagi orang yang sering mendengkur saat tertidur pulas. Fitur ini juga dapat mengukur atau menjadi pertanda kondisi kesehatan tertentu.

Kehadiran fitur ini terbilang cukup menarik. Karena belum banyak wearable devices lain yang menawarkan fitur serupa. Berikut ini cara kerja fitur deteksi dengkuran yang dimiliki oleh smartwatch Fitbit.

Cara Kerja Fitur Deteksi Dengkuran di Smartwatch Fitbit

Smartwatch FitBit Dengkuran
Fitur Deteksi Mendengkur di Fitbit

Seperti dilansir dari 9to5Google, Senin (31/5/2021), fitur ini dinamai Snore & Noise Detect. Fitur ini dapat mendeteksi suara dengkuran pengguna atau orang di sebelahnya.

Sayangnya fitur pelacak dengkuran tidak bisa membedakan siapa yang mendengkur, apakah pengguna Fitbit atau orang lain di sebelahnya.

Fitur ini bekerja dengan cara menganalisis tingkat kebisingan dan mencoba mendeteksi suara yang spesifik dengan mendengkur. Ketika smartwatch Fitbit mendeteksi kebisingan yang lebih keras, sistem akan mencoba menentukan apakah suara tersebut merupakan suara dengkuran atau tidak.

{Baca juga: Fitbit dan Google Kerjasama Garap Wearable Kesehatan}

Direkomendasikan juga agar tidak memutar suara ambien lain di kamar tidur agar fitur deteksi ini tidak terganggu. Fitbit menyarankan pengguna untuk mengisi daya perangkat Fitbit hingga minimal 40 persen sebelum mereka pergi tidur.

Tidak disebutkan apa yang harus dilakukan oleh pengguna apabila mendapati diri mereka mendengkur. Namun ada kemungkinan data yang diperoleh bisa dijadikan rujukan untuk memeriksakan kesehatan jika mendengkur terlalu parah.

Fitbit juga akan memperkenalkan “hewan tidur” sebagai bagian dari fitur terpisah yang akan datang. Fitur ini tampaknya berada dalam tahap perkembangan yang jauh lebih awal daripada pendeteksi mendengkur.

{Baca juga: Gelang Pintar Fitbit Bisa Prediksi Reaksi Pasien Kemoterapi}

Sepertinya setiap gaya tidur yang berbeda akan berkorelasi dengan hewan tertentu, tidak sepenuhnya jelas apa yang pengguna lakukan dengan informasi tersebut, atau bagaimana gambar hewan akan ditampilkan di aplikasi.

Tapi menurut laporan, tidur yang dideteksi gelisah menggambarkan beruang, tidur singkat adalah burung kolibri, tidur nyenyak adalah kura-kura, dan sebagainya.

Hingga kini, fitur tersebut belum bisa dinikmati oleh semua pengguna. Belum diketahui kapan rencananya Fitbit akan mulai menggulirkan fitur deteksi mendengkur baru untuk smartwatch terbaru mereka. (HR/MF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0