telset

Gelang Pintar Fitbit Bisa Prediksi Reaksi Pasien Kemoterapi

Telset.id,Jakarta – Gelang pelacak kebugaran atau wearable fitness yang populer seperti Fitbit ternyata dapat membantu dokter untuk memprediksi pasien yang berhasil dikemoterapi. Selain itu, para ahli kesehatan juga percaya bahwa gelang pelacak kebugaran dapat memberi masukan sebelum dokter di rumah sakit mengambil tindakan medis.

Para peneliti mengatakan, di masa depan para dokter dapat menggunakan teknologi untuk berbagai hal. Misalnya memrediksi pasien mana yang mengalami efek samping atau mengalami gangguan dalam uji klinis.

Studi ini dipresentasikan pada konferensi American Society of Clinical Oncologists di Chicago.

“Apa yang telah kami pelajari adalah bahwa kita bisa mendapatkan metrik objektif dari kinerja pasien dengan menggunakan alat teknologi modern ini,” kata Jorge Nieva, seorang peneliti dari University of Southern California.

Dia mengatakan, teknologi memungkinkan pasien untuk terhubung dengan internet, misalnya peralatan di rumah atau perangkat yang memiliki koneksi online.

“Kita semua memiliki sistem penyiram rumah dan thermostats, semuanya terhubung ke internet. Jadi tidak ada alasan bagi pasien kami untuk tidak boleh terhubung ke internet dan memiliki potensi untuk melakukan pemantauan dan intervensi cerdas, berdasarkan pada fungsi dan kinerja mereka,”kata Nieva.

Baca juga: Fitbit dan Google Kerjasama Garap Wearable Kesehatan

Para penliti, khususnya peneliti kanker tertarik dengan cara pelacak kebugaran yang mampu mengukur kualitas hidup pasien secara objektif. Dilansir dari Bloomberg, hingga Desember 2015, hampir 300 uji klinis memanfaatkan pelacak kebugaran untuk mengumpulkan data kesehatan pribadi pasien. [BA/HBS]
Sumber : The Guardian

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Related Articles

- Advertisement -

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

- Advertisement -

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0