Oppo Rilis Update ColorOS 13 untuk Reno8 Series, Ini Fitur Barunya

Telset.id, Jakarta – Oppo menggulir update ColorOS 13 untuk pengguna Oppo Reno8 Series. Selain memberikan peningkatan, ada beberapa fitur baru yang ditambahkan dalam pembaruan ColorOS 13.

Update ColorOS 13 dirilis sejak September 2022 untuk Reno8 Pro 5G, disusul Reno 8 5G pada Oktober 2022, dan pada Desember 2022 update untuk Reno8 Z 5G dan Reno8.

Dalam pembaruan ini ada banyak peningkatan yang diberikan, mulai dari aspek fitur dan desain UI. Dari berbagai peningkatan yang ditambakan, yang sangat menarik adalah fitur Dynamic Computing Engine yang ditanamkan ke dalam ColorOS 13.

Dynamic Computing Engine adalah penggunaan Computing Power Model dan Parallel Computing Engine yang digunakan untuk mengalokasikan sumber daya hardware secara efektif dan semakin akurat.

Oppo mengklaim bahwa Dynamic Computing Engine di ColorOS 13 akan membuat pengguna Reno8 Series merasa lebih smooth atau tidak ada terasa lagging dan tidak akan overused ketika sedang digunakan.

BACA JUGA: 

Nah, untuk lebih jelasnya, berikut ulasan lengkap fitur-fitur baru yang dibawa dalam update Color OS 13:

1. Desain Aquamorphic

Fitur baru ColorOS 13
Desain Aquamorphic di ColorOS 13

Dalam update ColorOS 13 kali ini membawa desain “Aquamorphic”, yang terinspirasi dari keindahan laut. Fitur ini menghadirkan antarmuka dan widget dengan sudut-sudut yang lebih membulat.

Oppo juga mengintegrasikan bahasa desain UI Google, Material You ke dalam ColorOS 13. Dengan begitu, palet warna dari Android diintegrasikan ke antarmuka internal Oppo. Salah satu perubahan besar desain terlihat pada Control Center saat mengusap layar ke bawah.

Jika di ColorOS 12 hanya ada ikon pengaturan WiFi, Bluetooth, Location, Dark Mode, Mobile Data, dan lainnya, kini, Oppo merombak tampilan Control Center itu pada ColorOS 13 dengan menampilkan tiga pengaturan utama di bagian atas, yakni kontrol pengaturan untuk WiFi, Bluetooth, dan pemutar musik.

2. Always-On Display (AOD)

Oppo memberi peningkatan pada fitur Smart Always-On Display (AOD) di ColorOS 13. Dalam update ini Oppo mengintegrasikan pemutar musik untuk aplikasi Spotify dan pemutar musik bawaan di fitur AOD pada perangkatnya.

Selain itu, kecepatan refresh rate untuk AOD dikurangi menjadi hanya 1 Hz saja, berkat teknologi layar LTPO 2.0. Dengan kecepatan refresh Always-On Display kini hanya 1 Hz, akan bisa membuat konsumsi daya jadi lebih hemat 30 persen untuk beberapa skenario.

Always-On Display
Fitur Always-On Display di ColorOS 13

2. Dynamic Computing Engine

Teknologi Dynamic Computing Engine yang diklaim mampu menjadwalkan sumber daya antara CPU, GPU, dan DDR atau RAM dengan akurasi yang tinggi, sehingga penggunaannya dapat semakin efisien.

Dengan adanya fitur Dynamic Computing Engine, konsumsi daya ketika memulai ataupun berpindah dari satu aplikasinya akan terasa cepat, dan aplikasi tidak mengalami force close karena kelebihan penggunaan RAM. Multitasking akan sangat aman dan akurat.

3. Multiscreen Connect

Fitur baru ColorOS 13
Fitur Multiscreen Connect di ColorOS 13

Multiscreen Connect memungkinan para pengguna dengan ColorOS 13 bisa menghubungkan layar ponsel ke dalam perangkat lainnya, seperti tablet, laptop, dan PC.

Fitur ini membuat pengguna lebih multitasking, karena aktifitas bisa dilakukan antar perangkat dengan lebih mudah, seperti misalnya copy paste tulisan atau data dari PC ke ponsel dan sebaliknya.

4. Bitmoji

Fitur Bitmoji memungkinkan para pengguna membuat emoji sesuai penampilan mereka. Yang menarik, emoji di Color OS 13 ini juga bisa digunakan ketika mode AOD di aktifkan.

Jadi, pada saat fitur AOD aktif, Anda akan melihat emoji sesuai kondisi saat itu. Misalnya pada saat hujan, emoji Anda akan menggunakan payung. Hal kecil tetapi terasa interaktif dan canggih ini tentu tidak boleh dilewatkan dan harus dicoba.

5. Auto Pixelate

Fitur baru ColorOS 13
Fitur Auto Pixelate ColorOS 13

Fitur Auto Pixelate atau Pikselasi Otomatis ini dapat mengenali dan akan secara otomatis mengaburkan foto profil dan nama dalam tangkapan layar (screenshot) obrolan di aplikasi WhatsApp atau Messanger.

Melihat kegunaannya, fitur ini dihadirkan untuk memberikan privasi pada pengguna. Selain itu, fitur Auto Pixelate ini juga akan menghemat waktu pengguna ketika ingin berbagi gambar percakapan, tanpa menyertakan informasi profil.

BACA JUGA: 

Nah, itu tadi fitur baru yang dibawa ColorOS 13 yang hadi dalam update terbaru untuk Oppo Reno8 Series. Untuk mencoba fitur-fitur tersebut, kalian bisa langsung mengupdate Color OS 13 di perangkat Reno8 Series kalian. [FY/HBS]

 

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0