Gizmo

Jangan Dipakai! Fitur Apple Watch Ini Bikin iPhone 13 Bermasalah

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – Beberapa bulan yang lalu, Apple menghadirkan fitur “Unlock with Apple Watch” pada update sistem iOS 14.5. Fitur ini awalnya bertujuan agar para pengguna yang memakai masker tidak perlu melepaskan masker mereka untuk dapat menggunakan Face ID. Sayangnya, fitur Apple Watch ini membawa bug yang memengaruhi iPhone 13 Series.

Fitur keamanan Face ID berbasis pengenalan wajah di iPhone membawa kerumitan bagi mereka yang mengenakan masker. Hal tersebut memaksa para pengguna untuk memasukkan kata sandi setiap kali membuka kunci ponsel.

Untuk membuat segalanya lebih mudah, Apple akhirnya menghadirkan fitur Unlock with Apple Watch. Fitur ini memungkinkan pengguna iPhone untuk membuka kunci layar secara otomatis ketika mereka menggunakan Apple Watch.

Baca juga: Fast Charging iPhone 13 Masih Gitu-gitu Aja

Fitur tersebut tidak hanya mencegah dilepaskannya masker wajah beberapa kali, tapi juga menguntungkan Apple karena penjualan Apple Watch yang meningkat.

Fitur Apple Watch Sebabkan Bug di iPhone 13

Fitur itu sangat berguna, sampai pada akhirnya iPhone 13 Series diluncurkan oleh Apple. Dilansir Telset dari MacRumors, Senin (27/9/2021), beberapa pemilik iPhone 13 melaporkan adanya bug atau masalah ketika mereka menggunakan fitur Unlock with Apple Watch.

Saat berusaha membuka kunci layar iPhone 13, pengguna kerap menerima notifikasi yang mengatakan bahwa ponsel tidak dapat terhubung dengan Apple Watch.

Sistem pun menambahkan informasi lainnya yang mengharuskan Apple Watch tidak terkunci dan sudah dipakai dipergelangan tangan. Pengguna pun harus memastikan kalau iPhone mereka tidak terkunci.

Baca juga: Apple Watch 7 Resmi Debut

Mendapatkan banyak laporan tentang bug ini, Apple pun memposting halaman dukungan baru terkait bug iPhone 13. Perusahaan asal Cupertino ini berjanji akan memperbaikinya dalam update iOS terbaru yang akan datang.

Baca Juga: Survei: Apple FanBoy Tidak Tertarik Beli iPhone 13

“Hingga pembaruan tersedia, Anda dapat mematikan fitur Unlock with Apple Watch dan gunakan passcode untuk membuka iPhone 13. Untuk mematikan fiturnya, masuk ke Settings > Face ID & Passcode,” jelas Apple.

Dilaporkan oleh phoneArena, tampaknya masalah ini hanya memengaruhi seri iPhone 13 terbaru saja. Beberapa masalah lainnya juga dikabarkan berdampak pada iPad generasi terbaru. (MF)

 

Leave a Comment