eFUS 3.1 Buatan Samsung 2X Lebih Kencang dari Memori PC

Samsung eUFS 3.1

Telset.id, Jakarta – Usai mengembangkan prosesor dan RAM dengan kecepatan serta performa tinggi, Samsung dilaporkan tengah menggarap memori penyimpanan untuk smartphone terbaru, yakni eUFS 3.1.

Menurut VP Memory Sales & Marketing di Samsung, Cheol Choi, media penyimpanan mobile baru ini akan menghilangkan kekhawatiran tentang bottleneck yang dihadapi pengguna dengan media penyimpanan konvensional.

Diklaim, eUFS 3.1 punya kecepatan write data jauh lebih kencang daripada eUFS 3.0 dengan kecepatan 480 Mbps. Storage untuk smartphone terbaru itu memiliki kecepatan hingga 1,2 GBps atau 1.200 MBps.

{Baca Juga: Tren HP Terbaru di 2020: RAM LPDDR5 Berkapasitas Besar}

Samsung mengklaim, memori eUFS 3.1 hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit untuk transfer data berukuran 100GB. Jauh lebih cepat daripada eUFS 3.0 yang hanya mampu melakukannya dalam waktu 4 menit.

Samsung memori eUFS 3.1

Bila dibandingkan dengan storage berjenis SATA untuk PC, eUFS 3.1 buatan Samsung dua kali lebih cepat. SATA hanya memiliki kecepatan write 540 MBps.

Dengan kecepatan tulis yang sangat tinggi, tentu akan sangat mendukung smartphone di masa mendatang untuk memiliki kemampuan perekaman video 8K dengan sangat lancar. Samsung sendiri sudah menghadirkan kemampuan perekaman video 8K di smartphone flagship terbarunya yaitu Samsung Galaxy S20 Series.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Samsung Terbaru}

Samsung sendiri hanya akan memproduksi eFUS 3.1 dengan kapasitas 512GB. Pastinya, jenis storage tersebut akan disiapkan untuk smartphone flagship Samsung terbaru yang akan meluncur di masa mendatang.

Sayangnya belum dapat dipastikan kapan teknologi memori eUFS 3.1 dari Samsung akan mulai diimplementasikan. Kemungkinan, bakal di gunakan untuk seri Galaxy Note terbaru Samsung yang akan meluncur di akhir tahun 2020, atau bisa juga baru akan digunakan pada perangkat smartphone di tahun 2021 mendatang. (IR/MF)

SOURCESamsung
Previous articleVivo Bagikan Beragam Keuntungan di Pre-order V19, Apa Saja?
Next articleGoogle, Facebook, Microsoft dkk Sepakat Perangi Hoaks Corona

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here