Duo Sony Xperia XZ2 Terima Update Android 9 Pie

Telset.id, Jakarta – Pembaruan Android 9 Pie terus bergulir. Kali ini giliran dua perangkat Sony yang akan mendapatkan pembaruan tersebut. Kabarnya duo Sony Xperia XZ2 dan Xperia XZ2 Compact yang menerima pembaruan Android 9 Pie.

Dua seri Sony ini telah diperkenalkan pada  event Mobile World Congress 2018 di Februari tahun ini.  Kedua smartphone ini mengusung spesifikasi yang cukup gahar.

Untuk jeroannya, Xperia XZ2, dan Xperia XZ2 Compact memakai chipset Snapdragon 845 produksi Qualcomm.

Xperia XZ2 tampil dengan layar Full HD LCD berukuran 5,7 inci. Ia memiliki RAM 4 GB dan memori internal 64 GB dengan slot eksternal hingga 400 GB.

Sony menyatakan, Xperia XZ2 memakai modem X20 besutan Qualcomm yang memiliki antena RF lebih banyak. Walhasil, kecepatan unduh Xperia XZ2 mencapai 1,2 Gbps.

Baca juga: Jegal Samsung, Sony Perkenalkan Dua Xperia XZ2

Sony Xperia XZ2 mempunyai kamera berresolusi 19 megapiksel di belakang dan 5 megapiksel di depan. Kamera tersebut mampu menangkap video slow-motion dengan kualitas Full HD 720p dan 960fps serta mengambil video 4K HDR.

Dilansir Telset.id dari The Verge pada Sabtu(13/10) Sistem operasi yang digunakan duo Sony tersebut adalah Android 8.0 Oreo dan akan berganti dengan Android Pie.Kabarnya dua Sony tersebut adalah ponsel pertama yang diperbarui oleh Sony.

Seri Sony Xperia XZ2 sendiri baru mulai dijual pada bulan April lalu dan tampaknya pembaruan sistem operasi ini bisa menarik minat konsumen untuk membeli ponsel tersebut.

Baca juga: Hore! Pocophone F1 Dipastikan Dapat Update Android Pie

Tren Android Pie sendiri sudah semakin menjamur. Pada Agustus lalu  Pocophone F1 dijanjikan akan mendapatkan update Android Pie tak lama lagi. Menurut Head of Pocophone Global, Alvin Tse, pihaknya bakal merilis pembaruan ke Android Pie untuk Pocophone F1 di akhir tahun 2018.

“Android Pie direncanakan akan hadir pada kuartal ke empat di tahun ini,” katanya, saat ditemui Tim Telset.id di Jakarta, Jumat (24/08/2018).

Selain itu, Alvin menyatakan bahwa Pocophone F1 dijamin akan terus mendapatkan pembaruan sistem operasi yang cepat. Pembaruan tersebut, diungkapkan Alvin meliputi peningkatan keamanan dan juga optimasi sistem.

“Ada faster update termasuk pembaruan keamanan dan ke sistem Android terbaru,” ujar Alvin.

Google secara resmi mengumumkan versi final sistem operasi Android terbaru dengan nama Android 9 Pie pada awal Agustus lalu. Sistem operasi itu awalnya tersedia untuk semua ponsel Pixel.

Baca Juga : Google Resmi Rilis Android 9 Pie

Asal tahu saja, sistem operasi Android 9 Pie diperkenalkan oleh Google pada ajang tahunan para pengembang dan diuji dalam versi beta.

Menurut informasi The Verge yang dikutip Telset.id, Selasa (7/8/2018), fitur utama Android Pie tak ada perubahan dibanding saat diperkenalkan ke publik, awal tahun lalu.

Di Android 9 Pie, sistem navigasi ponsel menggunakan gestur baru serta peningkatan kecerdasan buatan atau AI untuk antarmuka. Namun begitu, Android 9 Pie mendapat beberapa perbaikan perangkat lunak, termasuk status bar. [NM/HBS]

Sumber: The Verge

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here