Google Resmi Rilis Android 9 Pie

Telset.id, Jakarta – Setelah dinanti-nanti para penyuka Android, Google akhirnya secara resmi mengumumkan versi final sistem operasi Android terbaru dengan nama Android 9 Pie. Sistem operasi itu sekarang tersedia untuk semua ponsel Pixel.

Asal tahu saja, sistem operasi Android 9 Pie diperkenalkan oleh Google pada ajang tahunan para pengembang dan diuji dalam versi beta.

Menurut informasi The Verge yang dikutip Telset.id, Selasa (7/8/2018), fitur utama Android Pie tak ada perubahan dibanding saat diperkenalkan ke publik, awal tahun lalu.

Di Android 9 Pie, sistem navigasi ponsel menggunakan gestur baru serta peningkatan kecerdasan buatan atau AI untuk antarmuka. Namun begitu, Android 9 Pie mendapat beberapa perbaikan perangkat lunak, termasuk status bar.

Baca juga: Siap Meluncur, Android P Bakal Punya 157 Emoji Baru

Rilis resmi Android 9 Pie juga tak menyertakan semua fitur yang diumumkan Google pada gelaran Google I/O. Beberapa fitur yang belum disebutkan, antara lain, Digital Wellbeing yang menyertakan dasbor penggunaan ponsel dan aplikasi.

Fitur lain yang hilang di Android 9 Pie untuk ponsel Pixel adalah Slice, yang memungkinkan aplikasi memunculkan beberapa fungsi dalam pencarian. Ketika mengetik Lyft di pencarian utama, pengguna akan mendapat tombol untuk menelepon tanpa harus membuka aplikasi.

Google menyatakan, fitur Slice bakal tersedia di musim gugur. Google sengaja lebih awal menempatkan Android 9 Pie di ponsel Pixel mengingat Sony, Xiaomi, Nokia, Oppo, Vivo, OnePlus, dan Essential telah ikut dalam Android P versi beta.

Baca juga: Android P Sediakan Fitur Khusus Pengguna Sibuk, Apa Itu?

“Perangkat yang ikut serta dalam program Android P akan menerima pembaruan Android 9 Pie tepat waktu. Mereka adalah Sony Mobile, Xiaomi, HMD Global, Oppo, Vivo, OnePlus, dan Essential, serta semua perangkat Android One,” ujar Google. [SN/HBS]

Sumber: The Verge

5 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

ARTIKEL TERKAIT

REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI
HARGA DAN SPESIFIKASI