Dilengkapi Kursi Bergerak, Ini Dia Mobil Mini Besutan Honda

Telset.id, Jakarta – Honda Motor  meluncurkan mobil berukuran kecil, yang dikhususkan bagi keluarga muda di Jepang. Mobil ini adalah versi terbaru dari N-Box, yang dilengkapi pendeteksi kesalahan pedal, pengereman darurat secara otomatis, dan kursi bergerak.

N-Box menjadi kendaraan berpenumpang terlaris di Jepang. Sekitar 50 persen pengguna kendaraan model baru tersebut berusia 50 tahun ke atas. Keinginan mengincar pasar keluarga menghadapi tantangan karena demografi Jepang yang didominasi manula.

Meski demikian, menurut Business Times, Honda Motor berharap opsi fitur teknologi tinggi akan menarik pembeli yang lebih muda. Pun meski jumlah pengemudi Jepang berusia di bawah 30 tahun sudah turun hampir 40 persen sejak 2001.

Baca juga : Honda dan GM Kolaborasi Bikin Mobil Otonom

Dengan harga mulai dari 800 ribu yen dan pengenaan pajak yang rendah, roda empat berukuran mini itu telah mempunyai pelanggan setia di antara populasi lansia Jepang yang tumbuh pesat dan banyak warga berpenghasilan tetap.

Mobil Kei telah menguasai sepertiga dari seluruh penjualan mobil berpenumpang di Jepang, dan sekitar satu dari setiap 20 mobil yang terjual tahun ini telah menjadi bagian N-Box. Permintaan kendaraan murah dan aman seperti N-Box pun mengalami peningkatan tajam.

Keberhasilan mobil-mobil tersebut memberi peluang untuk memasarkannya ke pengguna yang lebih tua di luar negeri. Namun, mobil mungil berukuran mesin 660cc tersebut dinilai terlalu kecil untuk ukuran pasar luar negeri.

Baca juga : Honda Rilis Teknologi Pencegah Kecelakaan, Seperti Apa?

Honda mengatakan, N-Box dilengkapi fitur keselamatan sehingga pengemudi berusia tua tetap bisa mengoperasikannya. Mobil ini menggunakan sensor untuk melacak kondisi lingkungan di sekitar dan mendeteksi apakah sopir bisa menekan pedal secara tepat. [BA/IF]

Sumber : businesstimes

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here