Diganggu Xiaomi dkk, Apple AirPods Tetap Rajai Pasar TWS

TWS Apple AirPods

Telset.id, Jakarta – Penjualan Apple AirPods meningkat tahun 2020 ini. Meski demikian, dominasi mereka di pasar TWS mulai diganggu oleh kompetitor, seperti Xiaomi, Samsung , Huawei, dan masih banyak lagi.

Menurut data yang dihimpun oleh Counterpoint Research, pada 2019, penjualan Apple AirPods menyumbang hampir setengah dari total penjualan pasar headset nirkabel. Diharapkan dapat terus tumbuh pada tahun ini.

Namun kini mulai bermunculan TWS yang lebih terjangkau dari para kompetitor asal China. Tentunya ini mengancam posisi Apple yang sebelumnya berdiri kokoh di tempat teratas.

{Baca Juga: Apple AirPods Dapat Update Firmware, Hadirkan Pengalaman ala Bioskop}

Saat ini, pangsa pasar Apple hampir tidak melebihi sepertiganya, yakni “hanya” 35%. Kemudian Xiaomi membuntuti di tempat kedua dengan 10% dan Samsung dengan 6% di tempat ketiga, sebagaimana dikutip dari GizChina, Jumat (26/8/2020).

Selain makin banyak TWS berharga terjangkau, semakin banyak juga merek profesional yang ikut terjun ke pasar TWS. Seperti Lypertek Tevi yang menawarkan perangkat dengan kenyamanan dan kualitas suara yang disebut lebih baik dari Apple AirPods.

{Baca Juga: Apple Siap Produksi AirPods Pro Lite, Harganya Lebih Murah?}

Ada juga TWS dari ANC yang disebut memiliki kinerja noise cancellation yang lebih baik daripada AirPods Pro. Pun demikian dengan Samsung yang meluncurkan Galaxy Buds Live dan memiliki kelebihan berupa desain serta fitur yang cukup segar.

Samsung mengklaim bahwa perangkatnya tersebut telah terjual sekitar 300.000 pasang setelah diperkenalkan. Namun beberapa diantaranya dijual sebagai bundle dari Galaxy Note 20.

Kekurangan dari AirPods besutan Apple adalah, perangkat ini tidak bisa dinikmati oleh pengguna Android. Karenanya, faktor harga dan fungsionalitas disebut menjadi pertimbangan utama bagi pembeli.

{Baca juga: Spesifikasi dan Harga Hp Apple Terbaru}

Analis dari Counterpoint menyebutkan bahwa pada paruh kedua tahun ini di pasar TWS global, persaingan antara Samsung dan Apple akan semakin ketat. Terutama disebabkan oleh banyaknya ulasan positif yang diterima Galaxy Buds Live.

“Kami yakin bahwa Samsung dapat menarik lebih banyak pengguna, terutama pengguna ponsel Android, jika menyediakan pilihan perangkat TWS yang lebih luas dari kelas menengah hingga atas dengan setidaknya dua atau tiga varian,” pungkasnya. (HR/MF)

SOURCEGizChina
Previous articleGame Hitman Gratis di Epic Games, Buruan Download!
Next articleThe NextDev Hub Virtual Talks Dorong Ekosistem Digital Indonesia

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here