Gizmo

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra Bakal Tampil Beda, Layarnya Berponi

Muhammad Faisal Hadi Putra
Share

Telset.id, Jakarta – Desain layar berponi saat ini merambah perangkat yang lebih besar dari smartphone. Usai MacBook Pro 2021, perangkat lain dengan desain layar berponi atau notch kemungkinan besar akan diusung oleh tablet terbaru Samsung Galaxy Tab S8 Ultra.

Kehadiran tablet terbaru Samsung Galaxy Tab S8 Series memang masih misteri sampai sekarang. Sudah setahun lebih sejak Galaxy Tab S7 meluncur resmi pada Agustus tahun lalu, Samsung tak kunjung merilis suksesornya.

Tampaknya, krisis chip global menjadi penyebab utama dari tertundanya peluncuran tablet premium Samsung di tahun ini. Setidaknya ada tiga model yang diperkenalkan, yaitu Samsung Galaxy Tab S8, Tab S8 Plus, dan Tab S8 Ultra.

Meski masih jauh dari jadwal peluncuran, beberapa bocoran terkait tablet ini sudah muncul ke permukaan. Terbaru, desain Samsung Galaxy Tab S8 Ultra yang disebar oleh leakster terkenal OnLeaks dan situs 91Mobiles.

Baca juga: Perbedaan S Pen di Galaxy Tab S7 FE dan S21 Ultra

Galaxy Tab S8 Ultra yang diposisikan sebagai kompetitor iPad Pro ini akan tampil dengan desain yang benar-benar baru. Layarnya bezel-less dengan adanya notch atau poni di sisi kiri layar (posisi portrait) atau sisi atas layar (posisi landscape).

Notch tersebut menjadi tempat bagi kamera depan dari Galaxy Tab S8 Ultra. Belum diketahui, apakah kamera ini akan mendukung sistem keamanan berbasis pengenalan wajah atau tidak.

Tablet terbaru ini memiliki dimensi yang lebih tinggi tapi lebih ramping daripada Samsung Galaxy Tab S7 Plus. Ukuran dimensinya 325,8 x 207,9 x 5,4mm, dan dilengkapi dengan empat speaker di sekeliling bodi serta port USB-C.

Sama halnya dengan seri sebelumnya, tablet ini pun dilengkapi dengan dua kamera belakang. Tepat di bawah modul kamera, tersemat area magnetik yang menjadi tempat untuk menyimpan dan mengisi daya S Pen secara wireless.

Bocoran Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8 Ultra

Tak seperti desain yang mungkin saja mendekati kenyataan, hingga kini masih belum jelas tentang spesifikasi yang diusung oleh Samsung Galaxy Tab S8 Ultra.

Namun beberapa rumor menyebut bahwa tablet ini akan ditenagai prosesor antara Samsung Exynos 2200 berbasis GPU AMD atau chipset Snapdragon 898 yang baru.

Baca juga: Gaharnya Spesifikasi Samsung Galaxy Tab S8

Ada pula laporan yang bilang bahwa Samsung mungkin akan menggunakan Snapdragon 888 alih-alih SoC yang terbaru. Prosesor kencang ini dipasangkan dengan RAM sampai 12 GB, memori penyimpanan hingga 512 GB, serta baterai dengan kapasitas 11.500 mAh.

Samsung Galaxy Tab S8 Ultra akan mengusung layar dengan ukuran 14,6 inci. Resolusinya tentu saja tinggi dan mungkin dilengkapi dengan fitur refresh rate yang gesit dan adaptif.

Sementara model standar, layarnya berukuran 11 inci. Sedangkan varian Plus, dibekali dengan layar seluas 12,4 inci. Dikabarkan, seluruh varian tablet terbaru ini akan melenggang resmi pada Januari tahun depan. (MF)

Leave a Comment