Gizmo

Debut Prosesor Samsung Exynos 2200 Ditunda di Menit Terakhir

Helmi Reinaldi
Share

Telset.id, Jakarta – Kehadiran prosesor terbaru Samsung Exynos 2200 yang didukung AMD tak kunjung menjadi kenyataan. Dilaporkan, peluncurannya ditunda oleh Samsung di menit-menit terakhir dengan alasan yang tak jelas.

Informasi ini diungkapkan oleh pembocor ternama, Ice Universe. Ia melaporkan, peluncuran prosesor Samsung Exynos 2200 telah ditunda.

Informasi tersebut sesuai, apabila melihat cuitan di Twitter yang telah dihapus oleh Samsung yang menunjukkan bahwa peluncuran akan digelar pada tanggal 11 Januari 2022.

Baca Juga: Galaxy S21 FE Dijual Tanpa Charger

Tahun lalu, Exynos 2100 diumumkan pada tanggal 12 Januari. Kemudian seri Samsung Galaxy S21 tiba dua hari kemudian. Jadi sebenarnya masih ada waktu yang cukup untuk mengungkap chip 2200 sebelum Samsung Galaxy S22 diumumkan ke publik.

Bocoran lain menyebutkan bahwa Samsung Galaxy S22 akan mulai menerima pre order pada tanggal 9 Februari 2022, yang mana bisa jadi tanggal smartphone tersebut diperkenalkan.

Meski begitu, peluncuran prosesor Samsung Exynos 2200 dengan dukungan AMD yang ditunda di menit-menit terakhir menunjukkan bahwa mungkin ada masalah di balik layar. Bisa jadi karena masalah pasokan atau lainnya yang masih dirahasiakan.

Bocoran Spesifikasi Samsung Exynos 2200

Menurut rumor, chipset ini akan dibuat pada teknologi proses 4 nm. Salah satu yang menarik dari prosesor Samsung Exynos 2200 adalah penggunaan GPU Radeon Mobile berbasis RDNA yang dikembangkan bersama dengan AMD.

GPU tersebut disinyalir mampu menjalankan gaming HDR, ray-tracing, dan Variable Rate Shading. Sebelumnya fitur-fitur ini saat ini hanya tersedia di konsol dan PC saat ini.

Baca Juga: Samsung Segera Tinggalkan Android

Chipset tersebut menampilkan 1 x core CPU ARM Cortex-X2, 3 x core CPU ARM Cortex-A710, dan 4 x core CPU ARM Cortex-A510.

Prosesor ini juga dikabarkan akan datang dengan modem 5G terintegrasi penuh, Wi-Fi 6E. Selain itu, chipset ini jjuga memiliki GPS frekuensi ganda, Bluetooth 5.2, NFC, dan dukungan Ultra-Wideband.

Seperti chipset kelas atas lainnya, Exynos 2200 dapat menampilkan NPU terintegrasi, ISP dengan dukungan sensor kamera 200 MP, dan dukungan perekaman video 4K 120 fps dan 80K di 30 fps.

Baca juga: Wujud Samsung Galaxy S22 Ultra Terungkap

Chipset flagship itu kabarnya akan digunakan di Samsung Galaxy S22. Akan ada tiga flagship, Galaxy S22, S22+, dan S22 Ultra. Semuanya akan mendapatkan versi yang didukung Exynos, tergantung wilayahnya. (NM/MF)

Leave a Comment