Gizmo

Test Seberapa Kuat Engsel dan Body Samsung Galaxy Z Flip3

Bayu Sadewo
Share

Telset.id, Jakarta – Samsung Galaxy Z Flip3 diluncurkan pada Agustus tahun lalu, dan diklaim memiliki engsel yang lebih kokoh dan tahan lama. Seorang Youtuber melakukan test untuk menguji ketahan engsel Galaxy Z Flip3 yang diklaim dapat dilipat lebih dari 200.000 kali. Hasilnya?

Saat meluncurkan Galaxy Z Flip3 pada Agustus tahun lalu, Samsung mengklaim ponsel lipatnya itu lebih kuat dari generasi sebelumnya, terutama engselnya lebih tahan lama.

Samsung mengklaim bagian engselnya sudah diuji dengan ketat dengan skema buka tutup hingga 200.000 kali. Dengan asumsi pengguna membuka tutup smartphone sebanyak 100 kali sehari, engsel Galaxy Z Fold3 dan Z Flip3 bisa terus berfungsi dengan normal hingga 5 tahun ke depan.

Penasaran dengan klaim tersebut, seorang Youtuber Polandia Mrkeybrd melakukan beberapa test untuk membuktikan ketangguhan ponsel lipat Samsung tersebut. Dalam pengujuan ini, dia menekankan pada seberapa kuat daya tahan engsel saat dilipat, dan kekuatan bodinya saat dijatuhkan ke lantai.

BACA JUGA:

Dan seperti terlihat dalam video berdurasi 12 menit yang diunggah Youtuber Mrkeybrd di YouTube, Galaxy Z Flip3 benar-benar “disiksa” untuk menguji daya tahannya. Tes lipat engsel dimulai pada 8 Juni dan berakhir pada 13 Juni yang disiarkan secara live. Hasilnya?

Selama pengujian, Galaxy Z Flip3 berhasil dilipat sebanyak 418.503 kali, sebelum akhirnya engselnya rusak tetap terbuka atau tidak bisa tertutup. Meski begitu, tampilannya tampak tidak terpengaruh.

Dan yang terpenting, jumlah lipatan ini lebih dari dua kali lipat lebih kuat dibandingkan dengan klaim Samsung yang menyebutkan engsel Z Flip3 mampu dibuka tutup hingga 200.000 kali 200.000. Artinya, klaim Samsung soal daya tahan engselnya memang benar.

Test Body dan Layar Galaxy Z Flip3

Selain engsel, Youtuber Mrkeybrd juga melakukan test lainnya untuk menguji ketahanan body dan layarnya. Pengujian ini dilakukan dengan cara menjatuhkan ponsel beberapa kali di permukaan beton.

Saat awal-awal dijatuhkan ke lantai, body ponsel dan pemindai sidik jari terlihat masih baik-baik saja, ponsel bisa bekerja dengan mulus, bahkan setelah beberapa goresan akibat dijatuhkan beberapa kali.

Namun saat dijatuhkan kelima belas kali, perangkat mulai menunjukkan masalah dengan adanya keretakan pada bodinya dan tanda kerusakan juga terlihat di engselnya. Layar sentuhnya juga mulai mengalami gangguan, karena ada beberapa fitur atau aplikasi yang tidak bekerja dengan baik atau tidak berfungsi saat dicoba.

BACA JUGA:

Menurut YouTuber Mrkeybrd, secara keseluruhan, ponsel lipat Samsung yang dirilis tahun lalu itu berkinerja baik dalam uji ketahanan. Setidaknya, klaim Samsung tentang Galaxy Z Flip3 dibuat lebih kuat dibanding generasi sebelumnya memang terbukti benar.

Menurut kami, setidaknya untuk pemakaian wajar, smartphone lipat besutan Samsung ini bisa diandalkan dari sisi daya tahan engsel, body dan layarnya.

Selengkapnya, Anda bisa lihat uji ketahanan Galaxy Z Flip3 yang dilakukan YouTuber Mrkeybrd dalam video di bawah ini:

Leave a Comment