Chip 3nm M2 Pro untuk MacBook Pro Mulai Produksi Akhir Tahun Ini

Telset.id, Jakarta – TSMC dilaporkan sudah mulai produksi chipset M2 Pro dengan teknologi 3nm terbaru untuk MacBook Pro pada akhir tahun ini. Apple akan menjadi yang pertama menggunakan chip 3nm M2 Pro.

Seperti diketahui, perusahaan manufaktur semikonduktor asal Taiwan ini menjadi salah satu pemasok chipset generasi terbaru yang akan disematkan pada MacBook Pro baru.

Masih menurut laporan tersebut, chip Apple A17 Bionic dan chip M3 dapat terus menggunakan chip 3nm buatan TSMC. Perpindahan dari proses 5nm ke proses 3nm diharapkan menghasilkan peningkatan kinerja dan efisiensi energi.

BACA JUGA:

Menurut laporan Taiwan’s Commercial Times, Apple akan memanfaatkan proses 3nm TSMC untuk chip 3nm M2 Pro, yang diharapkan datang dengan jajaran laptop MacBook Pro 14-inci dan 16-inci terbaru. Laptop MacBook Pro ini diharapkan dirilis akhir tahun ini atau awal 2023.

Laporan tersebut lebih lanjut menyebutkan bahwa Apple juga sedang menyiapkan Mac Mini kelas atas baru yang juga akan ditenagai chip M2 Pro baru.

Apple akan menggunakan proses 3nm buatan TSMC untuk chip A17 Bionic untuk model iPhone 15 Pro tahun depan. Teknologi ini juga dapat digunakan untuk chip M3 untuk generasi mendatang dari MacBook Air dan model MacBook Pro 13 inci.

Chip M2 Pro yang diproduksi menggunakan proses 3nm menawarkan kinerja lebih cepat dan daya yang lebih efisiensi dibandingkan dengan chip yang dibuat menggunakan proses 5nm. Chip 3nm ini juga akan memperpanjang masa pakai baterai untuk iPhone dan Mac.

BACA JUGA:

Apple kemungkinan akan menjadi yang pertama menggunakan chip 3nm TSMC pada akhir tahun ini. Sementara produsen chip lainnya, seperti Intel, Super Micro, Huida, Qualcomm, MediaTek, Broadcom, dan lainnya tampaknya akan meluncurkan chip 3nm pada tahun depan. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0