Bullit dan MediaTek Siapkan HP dengan Teknologi Satelit, Rilis Awal 2023

Telset.id, Jakarta – Pabrikan ponsel asal Inggris, Bullit bekerja sama dengan MediaTek akan meluncurkan HP pertama di dunia yang menggunakan teknologi pesan satelit dua arah pada awal tahun 2023.

Teknologi perpesanan dengan koneksi satelit semakin menarik minat para produsen ponsel. Saat ini sudah tiga merek yang mengadopsinya, yaitu Apple, Huawei dan Samsung.

Selain ketiga raksasa tersebut, Bullitt Group, produsen smartphone yang berbasis di Inggris telah mengumumkan akan meluncurkan smartphone pertama di dunia dengan teknologi pesan satelit dua arah pada kuartal pertama tahun 2023.

BACA JUGA:

Bullitt telah bermitra dengan produsen chip terkemuka asal China, Mediatek untuk mengembangkan smartphone dengan teknologi pesan satelit dua arah tersebut.

Untuk mengaktifkan komunikasi langsung-ke-satelit di smartphone 5G yang sedang dikembangkan ini, Bullitt telah bekerja dengan perusahaan semikonduktor asal China itu selama 18 bulan terakhir.

Perusahaan mengklaim akan menjadi yang pertama menggunakan chipset 3GPP NTN (Non-Terrestrial Network) MediaTek, yang telah didemonstrasikan awal tahun ini. Secara paralel, perangkat lunak dan komponen juga telah dikembangkan untuk mendukung layanan pesan satelit OTT.

Dijelaskan bahwa diperlukan waktu sekitar sepuluh detik bagi ponsel buatan Bullitt untuk terhubung untuk mengirim pesan melalui satelit. Saat penerimaan seluler dan Wi-Fi hilang, perangkat akan secara otomatis beralih ke konektivitas satelit.

Sayangnya, Bullitt masih belum mau memberikan informasi detail spesifikasi ponsel buatannya ini, tapi mereka mengatakan ponsel yang sedang mereka garap ini akan menawarkan pengalaman pengiriman pesan yang cepat.

“Kami telah mengetahui sejak lama bahwa jawabannya ada di satelit tetapi integrasi yang ‘tidak terlihat’ dan mulus ke dalam smartphone menciptakan tantangan teknis yang sangat besar,” kata Richard Wharton, salah satu pendiri di Bullitt Group.

BACA JUGA:

Wharton mengungkapkan bahwa MediaTek dan Bullitt sudah hampir dua tahun bekerjasama untuk menghadirkan perangkat masa depan di era baru dalam telekomunikasi.

“Cara tercepat dan termudah bagi mitra operator kami untuk menawarkan kenyamanan kepada pelanggan mereka,” ujarnya.

Smartphone pertama dengan layanan satelit dua arah besutan Bullitt ini rencananya akan diluncurkan pada Maret 2023 mendatang. Nantinya, perusahaan akan menawarkan pengiriman pesan darurat gratis selama setahun. Namun untuk harganya belum diketahui. [FY/HBS]

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0