Samsung Galaxy S23 Juga akan Punya Koneksi Satelit

Telset.id, Jakarta – Menyusul smartphone buatan Apple dan Huawei, Samsung dilaporkan berencana untuk menambahkan fitur komunikasi satelit ke seri Galaxy S23.

Untuk menghadirkan konektivitas satelit di Galaxy S23 ini, raksasa teknologi asal Korea Selatan ini bermitra dengan Iridium, perusahaan komunikasi satelit global asal Amerika.

Sebagai informasi Iridium memiliki layanan komunikasi satelit global untuk mengirimkan data seperti pesan teks atau gambar berukuran rendah melalui satelit.

BACA JUGA:

Media Korea Selatan, Etnews mengklaim bahwa Samsung sedang mempersiapkan untuk memperkenalkan fitur komunikasi satelit di Galaxy S23 dengan tujuan untuk mengirimkan data seperti pesan teks dan gambar berkapasitas rendah pada ratusan kbps.

Selama dua tahun terakhir, Samsung dikabarkan telah bekerja keras untuk mengatasi tantangan teknologi komunikasi satelit. Untuk itu, Samsung akan bekerja sama dengan Iridium, yang merupakan perusahaan komunikasi satelit mapan yang berbasis di AS.

Iridium saat ini menyediakan layanan komunikasi suara dan data melalui satelit di luar angkasa dengan menggunakan 66 satelit komunikasi orbit rendah Bumi.

Untuk mengaktifkan suara dan komunikasi data berkecepatan tinggi melalui satelit, diperlukan antena (RF) yang besar. Tetapi jika benar begitu, mungkin ini adalah hal terakhir yang ingin dilihat siapa pun di smartphone modern dengan antena besar.

Jadi, memang tantangan terbesar terkait penggunaan komunikasi satelit adalah membuat antena yang tidak mencolok. Tapi untungnya, Etnews mengatakan Samsung sudah selesai dengan bagian ini. Itu artinya, kita mungkin tidak akan melihat Galaxy S23 dengan antena besar yang mencolok.

Selain itu, teknologi untuk mengintegrasikan komunikasi seluler dan satelit untuk memproses data digital juga dilaporkan sebagian besar telah rampung. Hanya saja Samsung memang belum mengonfirmasi detail apa pun tentang fitur barunya ini.

Seperti diketahui, Huawei dan Apple sudah memperkenalkan fitur komunikasi satelit pada smartphone flagship terbaru mereka. Pengguna iPhone 14 di AS dan Kanada dapat menggunakan fitur baru ini untuk berkomunikasi untuk layanan darurat saat jaringan seluler tidak tersedia.

BACA JUGA:

Raksasa Cupertino itu mengatakan dalam kondisi ideal dengan tanpa halangan langsung ke langit, pesan yang dikirim melalui satelit hanya membutuhkan waktu 15 detik untuk dikirim. Sedangkan jika dikirim di bawah pohon atau ada halangan dengan dedaunan ringan atau sedang, pesan terkirim membutuhkan waktu lebih dari satu menit.

Kabar bagusnya, fitur konektivitas satelit iPhone 14 kemungkinan akan berlaku di negara selain Kanada dan Amerika Serikat pada November 2022 mendatang, termasuk di Indonesia. [SN/HBS]

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

Harga dan Spesifikasi

Latest Articles

Your compare list

Compare
REMOVE ALL
COMPARE
0