Bukan Samsung, Ini Smartphone Pertama dengan Snapdragon 855

Lenovo Z5 Pro GT

Telset.id, Jakarta – Bukan Samsung Galaxy S10 dan S10+ ataupun OnePlus 7, smartphone pertama yang ditenagai oleh prosesor 7nm dari Qualcomm, Snapdragon 855 adalah Lenovo Z5 Pro GT. Sebab, smartphone high-end Lenovo ini bakal dirilis secara resmi tak lama lagi.

Lenovo Z5 Pro GT juga bukan cuma menjadi smartphone pertama yang dirilis menggunakan Snapdragon 855, tapi juga smartphone pertama yang disematkan RAM 12GB di dalamnya.

Dilansir Telset.id dari phoneArena, Selasa (15/01/2019), smartphone tersebut bakal diluncurkan di China pada 29 Januari pagi, waktu setempat.

{Baca juga: Menebak Smartphone Pertama Snapdragon 855, Masih dari Samsung?}

Ada empat model yang diperkenalkan, yang dibedakan berdasarkan konfigurasi RAM dan ROM yang disematkannya.

Untuk model tertingginya, Lenovo Z5 Pro GT ditanamkan RAM 12GB dan ROM 512GB yang dibanderol dengan harga “hanya” USD 649 atau Rp 9,1 jutaan. Lenovo Z5 Pro GT sendiri mengusung layar berjenis OLED berukuran 6,4 inci dengan resolusi Full HD+.

Smartphone ini ditopang oleh baterai yang tidak terlalu besar, tepatnya 3,350 mAh yang kemungkinan besar didukung oleh teknologi fast charging.

{Baca juga: Selain 5G, Ini 4 Kemampuan Baru Snapdragon 855}

Terdapat empat kamera pada smartphone itu. Dua kamera belakang dengan resolusi 24MP dan 16MP, serta dua kamera depan dengan resolusi 16MP dan 8MP.

Meski demikian, belum dipastikan apakah Lenovo juga menyertakan modem X50 5G di pada Z5 Pro GT. Sebab perlu diketahui, Snapdragon 855 memang sudah mendukung teknologi 5G, namun dibutuhkan juga modem X50 yang disematkan secara terpisah dari SoC.

{Baca juga: Siapkah Indonesia Menyambut Teknologi 5G? Ini Kata Qualcomm}

Secara default, Snapdragon 855 sudah memiliki modem X24 LTE yang mendukung kecepatan sampai 2 Gbps dan teknologi Wi-Fi 6 dengan kecepatan maksimal sampai 10 Gbps dengan delay yang kecil.

Apabila smartphone ini memiliki modem X50 juga, bisa jadi smartphone tersebut bakal mendukung kemampuan jaringan multi-mode yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan konektivitas ganda antara 4G dan 5G. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here