Menebak Smartphone Pertama Snapdragon 855, Masih dari Samsung?

Telset.id, Jakarta – Setelah Qualcomm resmi memperkenalkan prosesor Snapdragon 855 di acara Snapdragon Technology Summit, muncul pertanyaan, apa smartphone pertama Snapdragon 855? Dilansir Telset.id dari Tech Radar, Rabu (05/12/2018), ada sejumlah merk smartphone yang diprediksi bakal jadi yang pertama menggunakannya.

Salah satu di antaranya adalah duo Samsung Galaxy S10 dan S10+. Sebab, sesuai tradisi sebelumnya, seri Samsung Galaxy terbaru biasanya kerap jadi smartphone pertama dengan SoC Snapdragon terbaru, seperti duo Galaxy S9 yang menggunakan Snapdragon 845 saat itu.

Smartphone tersebut diperkirakan bakal diperkenalkan di ajang Mobile World Congress (MWC) 2019 pada bulan Februari, di Barcelona, Spanyol.

Sekadar informasi, Samsung Galaxy S10 akan memiliki tiga varian berbeda. Selain akan ditenagai oleh Snapdragon 855, smartphone itu juga bakal dibekali prosesor 7nm buatan Samsung, yakni Exynos 9820.

Selain duo Samsung Galaxy S10, smartphone flagship Sony Xperia XZ4 juga dikabarkan akan ditenagai oleh prosesor Snapdragon 855. Menurut laporan Slashgear, smartphone ini bakal mengusung layar berukuran 6,55 inci beresolusi Full HD+ dengan aspek rasio 6,55 inci.

Disamping telah ditenagai Snapdragon 855, Sony Xperia XZ4 juga mempunyai RAM 6 GB, ROM 64 GB/256 GB, dan baterai berkapasitas 3,900 mAh. Smartphone lainnya yang diprediksi menjadi smartphone pertama dengan Snapdragon 855 adalah LG G8, OnePlus 7, Moto Z4, ZTE Axon 10, sampai seri terbaru dari smartphone HTC.

Seperti Samsung Galaxy S10 dan S10+ yang bakal diperkenalkan di ajang besar seperti MWC 2019, bisa jadi salah satu di antaranya juga bakal diperkenalkan di ajang yang sama atau perhelatan lainnya seperti Consumer Electronic Show (CES) 2019 yang diselenggarakan lebih awal.

Snapdragon 855 memiliki sejumlah kemampuan baru di dalamnya, salah satunya adalah adanya teknologi 5G. Dalam situs resminya, Qualcomm mengklaim bahwa Snapdragon 855 memungkinkan smartphone untuk memiliki kecepatan download sampai 5 gigabits per detik.

Kemampuan itu, tidak terlepas dari adanya modem X50 yang dipasangkan dengan 4 modul antena QTM052 mmWave untuk meningkatkan jangkauan sinyalnya. Nantinya, smartphone dengan Snapdragon 855 bakal mendukung kemampuan jaringan multi-mode yang memungkinkan pengguna untuk mendapatkan konektivitas ganda antara 4G dan 5G.

Selain 5G, ada kemampuan lainnya, seperti kinerja dan daya taha baterai yang lebih efisien berkat proses fabrikasi 7nm. Kemudian, hadirnya chip Computer Vision ISP (Image Signal Processor), 3D Sonic Sensor, dan Snapdragon Elite Gaming. (FHP)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Related Articles

HARGA DAN SPESIFIKASI
REKOMENDASI
ARTIKEL TEKINI