Bukan Kamera, Ini 3 Fitur Smartphone yang Paling Diincar Konsumen

Fitur smartphone
Foto: Aditya Helmi/Telset.id

Telset.id, Jakarta – Akhir-akhir ini, sejumlah brand smartphone yang merilis smartphone baru di Indonesia, selalu mengandalkan sisi kamera sebagai daya tarik utama. Akan tetapi menurut Google Indonesia, kamera tidak termasuk 3 fitur smartphone yang paling dicari konsumen Indonesia.

Berdasarkan survei bertajuk Google Smartphone Insights 2019 yang menyertakan 1.730 responden secara online, Google mengungkapkan tiga fitur utama dari smartphone yang jadi pertimbangan utama konsumen Indonesia saat membeli smartphone baru.

Fitur pertama adalah “Speed”, yang mencakup performa smartphone dan kecepatan jaringan. Menurut Senior Industry Analyst Google Indonesia,Yudistira Nugroho, ada 87% responden yang mempertimbangkan hal ini ketika memutuskan untuk membeli smartphone baru.

{Baca juga: Ternyata, Orang Indonesia Butuh 2 Minggu Buat Beli Smartphone Baru}

“Jadi saat memutuskan membeli smartphone baru, salah satu yang utama adalah kecepatannya. Maksudnya adalah prosesor yang dipakai di smartphone dan jaringan,” jelasnya.

Senior Industry Analyst Google Indonesia,Yudistira Nugroho. (Foto: Muhammad Faisal/Telset.id)

Kemudian “Battery”, yang dipilih oleh 83% responden Google. Yudistira mengatakan, smartphone adalah hal penting yang selalu digunakan hampir seharian, sehingga kapasitas baterai, dan daya tahannya menjadi hal yang penting.

“Penggunaan smartphone di Indonesia sehari rata-rata 5 jam. Jadi penting,” ujarnya.

Terakhir adalah “Storage” atau memori penyimpanan yang dipilih 81% responden Google. Konsumen Indonesia dinilai mementingkan besaran memori internal smartphone saat ingin membeli smartphone baru.

{Baca juga: 10 Smartphone Canggih yang Muncul di Film Avengers}

Lantas, bagaimana dengan kamera? Ternyata berdasarkan survei Google, kamera berada di posisi 12 dengan 71% responden yang memilihnya. Meski begitu, Yudistira menilai itu bukan berarti kamera jadi tidak penting dan tidak diperhatikan.

“Karena jumlah responden yang memilihnya juga banyak, jadi bukan berarti tidak penting,” ujar Yudistira.

Ia juga menambahkan, bahwa desain berada di urutan 25. Penyebabnya, desain smartphone saat ini terbilang mirip satu sama lain. (FHP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here